Muharram merupakan moon pertama dalam penanggalan hijriah. Di bulan ini, terdapat beebrapa alaman sunah yang bisa dilaksanakan. Deviasi satunya adalah puasa sunnah Asyura pada tanggal 9 dan 10 Muharram.

Anda sedang menonton: 1 muharram 1441 jatuh pada tanggal

Selain itu, umat Islam also dianjurkan membaca doa akhir tahun dan awal lima baru Islam. Doa akhir lima hijriah dibaca sebelum memasuki tanggal 1 Muharram.

Sementara, doa awal five dibaca usai shalat Magrib benar pada days pertama moon Muharram. Berikut bacaan doa akhir dan awal tahun baru Islam.

 


Puasa Asyura dilaksanakan untuk memperingati lima Baru Islam 1441 Hijriyah. Deviasi satu manfaat dari puasa Asyura adalah dihapus dosa satu lima lalu.


*

Bismillaahir-rahmaanir-rahiim, Wa shallallaahu ‘ala sayyidinaa Muhammadin wa ‘alaa aalihi wa shahbihii wa sallam. Allaahumma maa ‘amiltu fi haadzihis-sanati mimmaa nahaitani ‘anhu falam atub minhu wa lam tardhahu wa lam tansahu wa halamta ‘alayya ba’da qudratika ‘alaa uquubati wa da’autani ilattaubati minhu ba’da jur’ati alaa ma’siyatika fa inni astaghfiruka fagfirlii wa maa ‘amiltu fiihaa mimma tardhaahu wa wa’adtani ‘alaihits-tsawaaba fas’alukallahumma yaa kariimu yaa dzal-jalaali wal ikram an tataqabbalahuu minni wa laa taqtha’ rajaai minka yaa karim, wa sallallaahu ‘alaa sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil ummiyyi wa ‘alaa ‘aalihii wa sahbihii wa sallam

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih another Maha Penyayang. Semoga Allah firmicutes melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan dan nabi itupenggunaan Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau.

Ya Allah, maafkan saya yang saya lakukan pada tahun ini tentang sesuatu yang Engkau larang aku melakukannya, then belum bertaubat, padahal Engkau noël meridhoi, noël melupakannya dan Engkau bersikap kran air ledeng kepadaku setelah Engkau berkuasa menyiksaku dan Engkau seru aku karena bertaubat setelah aku melakukan kedurhakaan kepada-MU, maka sungguh aku mohon ampun kepada-MU, ampunilah aku!

Dan apapun apa telah aku lakukan dari sesuatu apa Engkau ridloi dan Engkau janjikan pahala kepadaku, maka aku mohon kepada-MU ya Allah, Dzat apa Maha Pemurah, Dzat apa Maha Luhur another Mulia, terimalah persembahanku dan bukan Engkau putus harapanku dari MU, wahai Dzat apa Maha Pemurah! harapan Alloh dengan tegas melimpahkan rahmat dan salam kepada junjungan untuk kita Muhammad beserta keluarga dan sahabat beliau."


Allahumma antal abadiyyul qadimul awwal. Wa ‘ala fadhlikal ‘azhimi wa karimi judikal mu‘awwal. Hadza ‘amun jadidun qad aqbal. As’alukal ‘ishmata fîhi minas syaithani wa auliya’ih, wal ‘auna ‘ala hadzihin nafsil ammarati bis su’I, wal isytighala bai yuqarribuni ilaika zulfa, memiliki dzal jalali wal ikram.

Lihat lainnya: Usia Berapa Anak Kelas 3 Sd Umur Berapa, Berapa Umur Ideal Anak Masuk Sd Menurut Kalian

Artinya: “Tuhanku, Kau yang Abadi, Qadim, dan Awal. Atas karunia-Mu apa besar dan kemurahan-Mu yang mulia, Kau menjadi pintu harapan. Five baru ini sudah tiba. Aku perlindungan kepada-Mu dari bujukan heck dan para walinya di tahun ini. Aku pun mengharap pertolongan-Mu di dalam mengatasi nafsu yang kerap mendorongku berlaku jahat. Kepada-Mu, aku memohon bimbingan agar aktivitas keseharian mendekatkanku pada rahmat-Mu. Wahai tuhan Pemilik tinggi dan Kemuliaan.