4 menit

Setiap tanggal 10 Desember, world memperingati hari Hak Asasi manusia (HAM). Untuk itu, kita noel boleh melupakan kasus pelanggaran HAM. Sudahkah kamu knows kasus pelanggaran HAM di Indonesia?

Menilik lebah sejarah, Indonesia merupakan deviasi satu negara yang memiliki cukup kerumunan kasus pelanggaran ke kanan Asasi Manusia.

Anda sedang menonton: 10 contoh pelanggaran ham di masyarakat

Contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia di antaranya tragis G30S/PKI, Petrus, tragedi Trisakti, sampai mencapai Pembunuhan Munir.

Ada dua jenis pelanggaran HAM, yakni pelanggaran HAM memuat dan pelanggaran HAM ringan.

Pelanggaran HAM berat merupakan tindakan apa melanggar daratkan asasi seseorang atau kelompok dan disebabkan tercabutnya hak tersebut.

Contoh kasus pelanggaran HAM memuat adalah ragum kemanusiaan yang meliputi pembunuhan, perbudakan, penganiayaan hingga cacat, apartheid, dan genosida.

Sedangkan contoh kasus pelanggaran HAM ringan adalah pencurian, pencemaran nama baik, penghinaan, pengancaman, kekerasan fisik ringan, dan tindakan yang menghalangi aspirasi.

Berikut contoh kasus pelanggaran HAM di Indonesia dan dunia yang bisa kamu pelajari.

Contoh Kasus Pelanggaran HAM di Indonesia

1. Pembersihan PKI (1965-1966)


*
*
*
*
*
*
*
*
*
*

sumber: bbc.com


Israel merupakan negara bentukan orang-orang Yahudi apa mengungsi setelah kawasan Palestina.

Pada awalnya, mereka hidup rukun berdampingan menjangkau orang-orang Palestina hingga akhirnya membentuk negara sendiri dan mengklaim wilayah kekuasaannya.

Lihat lainnya: 1 Emas 24 Karat Berapa Gram, Jual Emas 24 Karat Model & Desain Terbaru

Hingga kini, Israel terus melakukan serangan militer terhadap Palestina hingga wilayah negara tersebut semakin mengecil.