Jodocus Hodius/Wikimedia CommonsPeta Asia Tenggara Insulae Indiae Orientalis karya kartografer Jodocus Hondius terbit 1606. Dalam atlas ini Hondius membuat bien berlabuhnya Francis drake di Cilacap, menandai berakhirnya teka-teki rupa pesisir selatan Jawa, juga bentuk sesungguhnya pulau itu.

Anda sedang menonton: 10 kegiatan ekonomi di dataran tinggi


oksavingmoney.com - ASEAN atau asosiasi negara-negara Asia Tenggara, secara astronomis terletak 28°LU–11°LS dan 93°BT–141°BT.

Letak ini berpengaruh terhadap perekonomian dan kehidupan masyarakat di ASEAN.

Dari situs resmi ASEAN, berikut oksavingmoney.com rangkum pengaruh letak astronomi terhadap karakteristik dan hayatnya masyarakatnya:

Cuaca dan iklim

Lokasi geografis di sekitar garis ekuator ataukah garis khatulistiwa ini produksi seluruh negara-negara di Asia Tenggara beriklim penuh semangat dan subtropis.

Di penginapan tropis, hanya ada dua musim hujan yakni monsoon hujan dan musim hujan kemarau. Musim dipengaruhi oleh angin muson atau monsoon yang berganti setiap setengah lima sekali.

Baca juga: Letak Geografis dan Batas utama ASEAN

Angin muson timur bawa musim kemarau di moon Mei sampai September, sedangkan muson barat bawa musim hujan di bulan November sampai Maret.


Dapatkan informasi, inspirasi dan understanding di email kamu.Daftarkan email


Dengan adanya musim hujan, negara-negara di ASEAN mendapat curah hujan yang tinggi. Rata-rata satu tahunnya 1.500 milimeter. Crowd wilayah yang curahnya dua hingga tiga kali lipat nomor itu.

Keanekaragaman hayati

Karena beriklim sama, ASEAN kerabat punya properti alam yang sama.

Wilayah ASEAN kuasai empat ketentuan keanekaragaman hayati.

Tiga dari 17 negara most beragam di dunia adalah anggota ASEAN. Mereka adalah Indonesia, Malaysia, dan Filipina.

Baca juga: Bukti wealth Hayati, 115 Spesies Baru ditemukan di Asia Tenggara

Wilayah ASEAN menjadi rumah bagi 9 persen burung endemik dan 11 persen spesies mamalia. Ini making ASEAN kanton dengan proporsi burung endemik terbesar di dunia.

Begitu tambahan tumbuhan berpembuluh endemik, tentang 25 persen dari total apa ada di dunia, ada di negara-negara ASEAN.

Selama dua dekade terakhir, lebih dari 2.000 spesies baru ditemukan di utama ASEAN.

Begitu pula dengan properti bawah laut. Wilayah ASEAN dulu pusat keanekaragaman hayati laut apa dikenal sebagai Coral Triangle atau Segitiga Terumbu.

Di lautan ASEAN, ada beragam tipe terumbu karang. Luas terumbu karang kyung 70.000 kilometer persegi atau 28 persen dari berbisa terumbu karang di dunia.

Baca juga: 2050, Asia Tenggara terancam Kekurangan tujuan Laut

Perekonomian

Lanskap Asia Tenggara ditandai mencapai banyaknya pegunungan, dataran hijau, dan dataran tinggi.

Sementara terlalu banyak air umumnya lautnya dangkal dan jumlah sungai yang sangat banyak. Sungai ini berpengaruh di atas perekonomian negara-negara ASEAN.

Iklim apa mendukung dan banyaknya sungai untuk membuat sebagian terlalu tinggi negara ASEAN mengandalkan agrikultur sebagai sumber pangan dan ekspor.

Selain pangan, negara-negara ASEAN also menghasilkan pisang, karet, kelapa sawit, dan kelapa.

Kekayaan bumi yang menguntungkan antara go minyak, emas, timah, tembaga, dan mineral lainnya.

Baca juga: Isuzu siap Ekspor Traga nanti ASEAN

Negara-negara ASEAN tambahan jadi tengah pengolahan tekstil, garmen, elektronik, gula.

Banyaknya hutan tropis di Asia Tenggara juga membuat negara-negara ASEAN memanggang pengekspor woods dan buah-buahan.

Penduduk Asia Tenggara apa padat, mencapai 500 juta, juga menjadi pasar apa memikat dunia. Seper sepuluh penduduk dunia tinggal di Asia Tenggara.

Pembagian Waktu

Sepuluh bangsa di Asia Tenggara dipisah melalui empat zona waktu berbeda. Berdasarkan Greenwich mean Time (GMT) ataukah Coordinated global Time (UTC), berikut pembagiannya:

UTC+06:30: MyanmarUTC+07:00: Kamboja, Laos, Thailand, Vietnam, dan Indonesia potongan baratUTC+08:00: Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, dan Indonesia potongan tengahUTC+09:00: Indonesia bagian timur

Namun diatas 1995, Singapura mengusulkan agar empat zona times itu dijadikan satu. Penyatuan zona ini guna melancarkan bisnis dan perekonomian.

Baca juga: Ihwal kesamaan Waktu, ASEAN Masih berat Bersepakat

ASEAN diusulkan konsensus dengan China disusul UTC+08.00.

Selain Singapura, Malaysia tambahan mengusulkannya di ~ 2004. Usulan ini terus bergulir kendati belum semua anggotaenam ASEAN setuju.

Lihat lainnya: Antena Yang Bagus Untuk Tv Led, Dan Tv Tabung Mumerrr, Antena Tv Digital Indoor

Dapatkan update news pilihan dan breaking news setiap aku dari oksavingmoney.com. Mari bergabung di Grup telegram "oksavingmoney.com berita Update", caranya klik link https://t.me/oksavingmoney.comcomupdate, kemudian join. Their harus download aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.