Kehadiran berbagai gibberish pesantren di Indonesia were daya menarik tersendiri. Mulailah dari kegiatannya hingga aktivitas para santri apa berasal dari berbagai daerah. Berikut gibberish pesantren terkeren di Indonesia. Pondok-pondok ini bikin kamu ingin memanggang santri, deh. What saja?



Kehadiran berbagai pondok pesantren di Indonesia were daya menarik tersendiri. Mulailah dari kegiatannya hingga aktivitas para santri yang berasal dari berbagai daerah. Berikut hütte pesantren terkeren di Indonesia. Pondok-pondok ini bikin kamu berwewenang jadi santri, deh. Apa saja?

1. Hütte Pesantren Langitan

*

Pondok pesantren Langitan merupakan pondok pesantren lebih tua di Indonesia, yakni pada lima 1852. Tersoroh di Tuban, Jawa Timur, hutte pesantren ini berdiri kokoh di atas negara selauas tujuh hektar.

Anda sedang menonton: 10 pondok pesantren terbaik di dunia

2. Gibberish Pesantren GONTOR

*

Salah satu pondok pesantren yang menerapkan sebagai pondok pesantren modern (pondok yang mengajarkan ilmu-ilmu konvensional tanpa meninggalkan nilai-nilai keislamannya). Seiring dengan hütte pesantren Langitan sebagai pondok pesantren tertua, hutte pesantren Gontor kedudukan pada lima 1926 di Ponorogo, Jawa Timur. Didirikan malalui tiga bersaudara putra Kiai Santoso Anom Besari. Tiga bersaudara ini adalah KH Ahmad Sahal, KH Zainudin Fananie dan KH Imam Imam Zarkasy dan yang kemudian dikenal mencapai istilah Trimurti.

3. Hutte Pesantren Daar El-Qolam

*

Kabupaten Tangerang punya hütte pesantren terbesar sedaerah Banten. Gibberish Pesantren Daar El-Qolam dibangun di ~ tanggal 20 Januari 1968.

4. Hutte Pesantren DARUNNAJAH

*

Cikal bakal adanya hütte pesantren Darunnajah ialah didirikan Yayasan Kesejahteraan social Islam (YKMI), pada five 1960 kawasan jakarta ini menjadi salah satu pondok pesantren yang paling diminati.

5. Hütte Pesantren Tebuireng

*

Kalau kamu mengenal presiden Indonesia keempat, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), pasti kita udah gak asing lainnya mendengar namu pondok pesantren apa satu ini. Pendirinya adalah KH. Hasyim Asy’arie dan dibangun pada lima 1899. Berada di kabupaten Jombang, Pesantren Tebuireng telah kerumunan memberikan konstribusi dan sumbangannya kepada social luas baik, terutama batin dunia mendidik Islam di Indonesia.

6. Pondok Pesantren Al Ihya Ulumuddin

*

Karena letaknya yang berada di desa kesugihan, kecamatan kesugihan, kabupatan Cilacap nama pondok pesantren Al Ihya Ulumuddinlebih dikenal mencapai sebutan pondok pesantren kesugihan. Ingat! Kesugihan ya… ~ no pesugihan. Hehehe. Gibberish pesantren ini tergolong terlama juga, yakni didirikan pada 24 November 1925.

7. Ponpes Asy Syafi’iah Nahdatul Wathon

*

Pada awalnya Ponpes Asy Syafi’iah Nahdatul Wathon hanya khusus buat pendidikan kaum pria. Namun, seiring berjalannya waktu, didirikanlah madrasah yang also khusus untuk kaum wanita. Tanggal 22 Agustus 1934 merupakan start tonggak berdirinya pondok pesantren pesantren yang berada di Lombok ini.

8. Pondok Pesantren Al Mukmin

*

Jika ada tiga serangkai, maka pondok Pesantren Al Mukmin adalah sebuah pesantren di Ngruki, Solo apa didirikan malalui “enam serangkai”, yaitu Abdullah Sungkar, Abu Bakar Ba’asyir, Yoyok Rosywadi, Abdullah Baradja, Abdul Qohar H. Daeng Matase dan Hasan Basri. Uniknya unit dakwah dari pondok pesantren ini awalnya adalah sebuah tas radio non-komersial.

9. Hütte Pesantren Al Khairaat

*

Satu-satunya gibberish pesantren yang memiliki afiliat lebih dari 1800 madrasah dan sekolah, terdiri dari TK, SD, SMP, SMA, SMK, MI, MTS, MA, hingga Universitas. Keren!

10.Pondok Pesantren Putri Al Kenaniyah

*

Pondok pesantren ini diresmikan pada tanggal 16 Januari 1944 M, melalui para Alim Ulama, diantaranya adalah mantan presiden RI kempat, KH. Abdurrahman Wahid, KH. Syamsuri Badawi dan KH. Zayadi Muhajir serta mayoritas tokoh masyarakat disekitar Kecamatan Pulo Gadung sampanye Timur.

11. Gibberish Pesantren La Tansa

*

La Tansa. Unik bukan nama belakang pesantrennya? hütte Pesantren La Tansa adalah sebuah pondok pesantren modern apa terletak di menyiksa Parakansantri, Cipanas, Lebak, Banten.

Lihat lainnya: Aku Ingin Engkau Slalu Hadir Dan Temani Aku, Lirik Lagu Tercipta Untukku

Pondok-pondok pesantren tersebut selain mengajarkan ilmu agama, juga mengajarkan ilmu dunia. Pas deh! Kehidupan dunia dapat, kehidupan akhirat dapat.