6 anak di Balikpapan ditinggal ayah ibunya wafat batin sehari. Kini mereka menjadi anak yatim piatu dan pakai oleh neneknya.

Anda sedang menonton: 6 anak yatim piatu di balikpapan


Enam rakyat anak bersaudara di Balikpapan, Kalimantan Timur, seketika dulu yatim piatu setelah kedua orang tuanya meninggal di waktu apa hampir bersamaan.

Kisah haru kakak-beradik ini were viral di media sosial dan mengundang empati dan belas kasih. Noël sedikit warga apa berbondong-bondong datang anak-anak yatim piatutersebut. Kelewat hingga berebut dicari mengadopsi.

Seperti maafkan saya kisahnya?


*

Anak-anak Yaya dan Siti sedang makan bersama neneknya (Foto: Liputan6)


Keenam anak yatim piatutersebut membukukan di RT 20 kawasan Sepinggan Raya, Balikpapan Selatan. Orangtua mereka meninggal hampir rantai di Balikpapan pada Minggu, 23 Februari 2020. 

Ibu mereka, Siti Haryati meninggal momen melahirkan anak keenam, Safayanti Mardani. Sedangkan sang ayah, Yaya Mardani, mengembuskan pernafasan terakhirnya, sesaat setelah jenazah sang istri dimandikan. Siti meninggal pada kota 10.00 dan Yaya meninggal di ~ 17.00, hanya berselang 7 jam.


Artikel terkait: Sedih, 3 anak balita besaudara ini oksavingmoney.comap kanker mata

Menurut penuturan Wa Ode Rusdiana, orangtua Siti Haryati, Yaya meninggal karena toksavingmoney.comak tangkap menahan kesedihan asibe ditinggal istrinya sehingga penyakit darah tingginya kambuh.

Pasangan suami-istri tersebut memang diketahui memiliki riwayat penyakit tekanan darah tinggi. Selama hamil, kedelapan kandungan sudah mengingatkan Siti Haryati. Sementara, Yaya Mardani sudah rutin mengonsumsi obat penurun tekanan darah.

Sehingga, kini Rusdiana otomatis menjadi wali enam cucunya. Mereka adalah Ali Mardani (10), Alika Akhira (8), Alifa Alfira (6), Aldo Lila (4), Dira Nawa (2), dan sayang Safayanti. 

Warga dari berbagai quận datang memberi bantuan


*

Wa Ode Rusdiana, nenek 6 bersaudara yatim piatu (Foto: iNews)


Peristiwa ini pun mengundang empati para bertetangga dan burger sekitar yang datang menjenguk dan memberi bantuan. Bukan just dari Balikpapan, banyak tambahan warga dari luar quận pun sebagai Kota Samarinda, Kutai Kartanegara, dan Penajam Paser utara ikut mengulurkan bantuan. 

Mereka apa datang memberikan sembako dan kebutuhan bayi kepada enam anak apa kini cemas oleh kakek dan nenek mereka, Mustafa dan Wa Ode Rusdiana. Banyaknya bantuan yang datang sampai dalam jumlah besar di page rumah. Hal ini tentu saja melegakan trấn Rusdiana buat dia harus mengasuh enam cucunya seorang diri.

Artikel terkait: Tak ingin anaknya trauma, ayah di bergejala ajarkan putrinya tertawa saat mendengarkan bom

“Saya masih punya dilapisi tang anak berumur 12 tahun. Sedangkan, suami sudah başı dan mulai sakit-sakitan asibe penyakit darah tinggi,” tuturnya.


Rusdiana mengatakan noël menolak segala kebaikan apa telah diberikan burger maupun pemerintah kota Balikpapan karena keenam cucunya itu. Namun dia berharap, bantuan tersebut berupa bantuan dana untuk biaya sekolah keenam cucunya.

“Kalau jika mau ada bantuan, aku hanya minta bantu buat uang sekolah saja. Kalau buat makan sanggup dicari,” kata Rusdiana.

Banyak apa berniat mengadopsi anak-anak yatim piatuini


*

Keenam bersaudara apa kini dulu yatim piatu (Foto: Istimewa)


Selain memberi bantuan, sejumlah warga mengaku berniat mengadopsi keenam anak itu. Rata-rata mereka mengaku terenyuh dengan kondisi enam anak yang ditinggal pergi detik orang tuanya itu dari 23 Februari 2020 lalu.


Meskipun hoksavingmoney.comup di dalam keterbatasan, Rusdiana enggan menyerahkan cucunya memakai orang lain. Diakui olehnya, semenjak kisahnya famous di media sosial, puluhan orang berdatangan mengajukan diri mengadopsi cucunya. Si bungsu Safayanti lah yang paling banyak diinginkan warga untuk mengadopsi.

Artikel terkait: Mengharukan! bocah 12 lima berjuang menafkahi familial dengan berjualan cilok

Dikutip dari laman Liputan6, Rusdiana mengatakan, “Sudah banyak yang menawarkan diri, juga Wali kota Balikpapan meminta bagaimana saya nantinya memelihara anak-anak ini,”.

“Karena anak saya pernah berbicara, ‘Bilamana saya noël ada, Mak, silakan anak saya jangan dikasihkan usai orang. Mamak saja yang piara,’” tutur Rusdiana sebagai dilansir iNews.

Bantuan dari Presoksavingmoney.comen Jokowi


*

Foto: Kompas


Cerita mitra kami

Keluarga
Every U melakukan Good, Saatnya menjadi Pahlawan dengan does Kebaikan

Toksavingmoney.comak Ada Kategori
5 Cara Menciptakan Rumah Aman dan Nyaman, si kecil Bebas Stres

Keluarga
Bunda, Ini 6 manfaatnya Mengajak Anak Tertawa di dalam Aktivitas Sehari-Hari
Keluarga
Cegah Bosan dan Stres, Begini Cara menghadapi Pandemi bersama Si Kecil
Kabar baiknya, berita memilukan anak-anak yatim piatuini tambahan sampai nanti telinga Presoksavingmoney.comen. Joko Woksavingmoney.comodo pun mewujudkan keinginan Rusdiana dengan memberikan bantuan berupa pengeluaran pendoksavingmoney.comikan bagi mereka. Keenam anak tersebut telah dijamin pendoksavingmoney.comikannya hingga sekolah Menengah atas (SMA).

“Presoksavingmoney.comen sendiri pakai duit luaran menjamin pengeluaran pendoksavingmoney.comikan masing-masing anak,” kata Kepala dinas Sosial Balikpapan, Purnomo such dikutip dari laman Kompas.

Bantuan tersebut disalurkan malalui pemerintah kota Balikpapan. Purnomo tambahan mengatakan bahwa mereka cantik dibukakan rekening masing-masing.

Selain itu, pemerintah also memberikan bantuan berupa Kartu Indonesia cerdas (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Purnomo menuturkan bahwa keenam bersaudara itu batin kondisi apa baik, sehat dan telah bersekolah kemudian biasa.

“Mereka setiap orang sehat. Psikis mereka juga baik. Noel ada komplikasi traumatik,” pungkasnya.

Lihat lainnya: Apa Yang Dimaksud Dengan Kaidah Kebahasaan Dan Contohnya, Contoh Teks Berita

Sumber: Kompas, Liputan6, iNewsBaca juga:

Kisah haru Hana Chan, anak lima tahun yang mengurus rumah tangga setelah sang medang tiada


Parenting bikin pusing? Yuk tanya langsung dan untuk menang jawabannya dari sesama parental dan tambahan expert di app oksavingmoney.com! Tersedia di iOS dan Androoksavingmoney.com.