Puting lecet merupakan masalah yang sering terjadi di atas ibu menyusui. Bagaimana itu? solusinya? Ini cara mengatasi puting lecet saat pakan payudara bayi.

Anda sedang menonton: Agar puting tidak lecet saat menyusui


*

Puting lecet saat menyusui merupakan masalah yang sering terjadi pada ibu menyusui. Terms tersebut ditandai mencapai kemunculan bintik putih atau lecet pada puting. 

Bintik weiss itu muncul saat pori-pori puting tersumbat ataukah puting melepuh sebenarnya gesekan.

Penyebab puting lecet bisa ~ bermacam-macam. Beberapa contoh yang paling sering terjadi antara lain pelekatan yang kurang sempurna, mengempeng (shallow sucking), dan berposisi menyusui apa salah. 

Selain itu, puting lecet also dapat disebabkan oleh untuk membuat ASI yang terlalu tinggi dan infeksi bakteri. 

Bahkan, bagi beberapa medang menyusui, penggunaan bra apa terlalu ketat juga berisiko menimbulkan gesekan di atas puting sehingga membuatnya luka.

Puting lecet atau sakit apa telah berlangsung lebih dari 3-4 hari tidak bisa didiamkan. Bahkan, membatasi waktu menyusui pada payudara mencapai puting lecet juga bukan solusi tepat. 

Sebaiknya, tindakan “mengistirahatkan” payudara mencapai puting lecet dulu solusi terakhir. Dalam mengatasi kapak ini, milik mereka perlu secepatnya mencari kenal penyebabnya.

Penting bagi tengah menyusui buat mendapat edukasi mengenai koknya cara mengobati puting cinbable lecet saat menyusui. Berikut ini beberapa tips yang dapat milik mereka lakukan untuk mengatasi melecehkan tersebut:


1 dari 6 halaman

*

Untuk diatasi puting lecet untuk penyumbatan, rendam puting dengan air hangat. Milik mereka bisa melakukannya saat berendam di bath bath tub atau mandi dengan shower. 

Bila noel memungkinkan mencapai cara tersebut, posisikan payudara diatas wadah berisi air lembab hingga bagian puting terendam. Lakukan sebanyak 3-4 kali sampai penyumbatan berkurang. 

Artikel Lainnya: Puting Payudara feminin Berubah Hitam, Apakah tanda tangan Penyakit?

2. Beri Pijatan keran pada Puting

Cara mengatasi puting lecet saat menyusui sayang lainnya adalah memijat puting secara lembut. 

Pijatan lembut di circa puting dapat membantu penyumbatan berkurang. Coba beri sedikit tekanan pada area belakang puting yang lecet.

Cara ini dapat dilakukan mengikat saat dari mereka berendam air hangat, bak mandi dengan shower, atau merendam puting mencapai air hangat. Kulit menjadi terasa lebih lembut selama proses ini. 

Namun, berhati-hatilah saat memijat dan jangan terlalu keras, untuk bisa memperparah rasanya sakit di atas puting yang lecet. 

3. Kompres Puting dengan Air Hangat

Cara ini sering disarankan oleh dokter karena menangani puting lecet. Dari mereka dapat diasuh sapu memanggang berbahan lembut, lalu rendam di di dalam air hangat selama mayoritas waktu.

Peras hingga bahan tidak terlalu basah. Kemudian, kompres puting apa terasa rasa sakit sekitar five belas menit dan keringkan payudara. Milik mereka dapat mencobanya silam mulai pakan payudara bayi.

Artikel Lainnya: Penyebab Puting sulit selain untuk Terangsang


*

Saat mandi, kurangi penggunaan sabun pada quenn puting. Menjangkau demikian, puting terhindar dari bahan apa mungkin dapat mengiritasi. Hindari tambahan produk tameng lainnya yang mengandung bahan-bahan iritan. 

Mandilah menjangkau air lembap agar puting dulu lembut dan berbadan Anda juga merasa lebih nyaman.

5. Oles menjangkau Minyak Zaitun

Minyak zaitun memang diyakini punya manfaat baik bagi tubuh, terlebih soal kemampuannya melembapkan kulit. Their pun dapat mengaplikasikan petroleum zaitun di ~ puting yang lecet.

Rendam kapas bulat di batin minyak zaitun. Kemudian, tempatkan kapas di bagian batin bra hingga lengan baju bagian lecet di ~ puting. Setelahnya, basuh puting dengan keran sebelum menyusui. 

Minyak zaitun become membuat puting lembut dan lembap, sehingga mengurangi luka lecet.

Artikel Lainnya: Bisakah Merasakan Orgasme Puting dari menghubung Seks? Ini Jawabannya!

6. Usap Puting Lecet menjangkau Perahan ASI

ASI luaran kandungan antimikroba. Tak terkagum-kagum bila pakan payudara adalah cara paling efektif karena meningkatkan aset imunitas berbadan bayi. 

Ternyata, pemfitnahan orang asumsi kandungan ASI ini mampu mengobati puting lecet dan mencegahnya terinfeksi lebih lanjut.

Meski belum ada penelitian ilmiah terkait bab ini, sah-sah saja bila anda ingin melakukannya. 

Lagipula, mengusap puting lecet menjangkau ASI adalah cara paling mudah karena mengurangi ketidaknyamanan yang muncul sebenarnya rasa nyeri pada puting.


*

Puting lecet saat menyusui bukan jadi alasan untuk berhenti menyusui bayi. Justru saat menyusui bayi sebagai biasa, their dapat agitasi aliran ASI terus keluar. 

Isapan bayinya adalah cara terbaik dan most efektif karena membuat ASI terus keluar.

Posisi bayi yang benar saat menyusu menjadi kuncinya. Letakkan dagu dan mulut bayi benar di atas puting yang lecet, sehingga ia ini adalah menyusu sekuat mungkin pada area tersebut. 

Menyusui lebih patuh dapat tolong menghilangkan wound lecet sekaligus prevalensi penyumbatan lanjutan.

Artikel Lainnya: Puting Berdarah, Ini yang Wajib milik mereka Tahu

8. Coba posisi Berbeda karena Menyusui

Cobalah beberapa posisi menyusui apa berbeda-beda. Dengan demikian, anda dapat digali posisi yang most nyaman untuk Anda dan bayi. 

Beberapa posisi apa dapat dicoba ialah berposisi menyamping ataukah memegang bola. Perbedaan posisi dapat berefek posisi mulut bayi di dalam mengisap. Jika bayi mengisap menjangkau efektif, maka kejadian puting lecet dapat berkurang.

9. Lepaskan Mulut bayi Saat Terasa Sakit kapan Menyusui

Puting lecet salah satunya dapat terjadi buat posisi mengisap bayi tidak tepat. Bila saya baik-baik saja sakit dan noël nyaman saat menyusui, their dapat issue mulut bayi. 

Salah satu teknik apa dapat dilakukan adalah input jari kelingking usai ujung mulut bayi karena melepaskan pengisapan bayi ketika their merasakan sakit atau tidak nyaman. 

Setelah mayoritas saat, anda dapat memulai lagi memosisikan bayi untuk dapat mengisap mencapai baik.

10. Pakai Salep karena Mengurangi rasa Sakit

Anda bisa pakai salep ikut lanolin untuk mengurangi rasa sakit pada puting lecet. Selain itu, bisa gunakan salep dengan kandungan chamomile atau calendula untuk memberi berefek menenangkan sekaligus untuk mengurangi nyeri. 

Salep dengan kontak tersebut dapat membudaya area puting always lembap sekaligus mengurangi rasa nyeri dan gatal. 

Pastikan salep yang Anda beli memang diformulasikan khusus untuk ibu menyusui. Bila tidak yakin, pertanyaan kepada dokter untuk mendapat salep apa tepat. 

Artikel Lainnya: Penyebab dan Cara diatasi Puting Gatal Saat Menyusui


*

Setelah menyusui bayi, puting ini adalah basah untuk sisa ASI dan air liur bayi. Puting yang damp dapat untuk membuat rasa nyeri semakin terasa. 

Untuk itu, keringkan puting dengan cara diangin-anginkan nanti selesai menyusui, sehingga their dapat dirasa lebih nyaman. 

Bila milik mereka sedang rush dan noel dapat menunggu puting mengering secara alami, tepuk-tepuk puting dengan cepat menggunakan bahan agar puting payudara lebih cepat kering.

12. Memanfaatkannya Bra yang Nyaman

Kenakanlah bra apa nyaman buat ibu menyusui. Bra yang nyaman biasanya memang didesain khusus untuk ibu pakan payudara dengan manfaat bahan yang lembut. 

Pastikan tambahan ukurannya pas dengan ukuran payudara milik mereka saat menyusui. Hal ini berbiaya agar bahan bra tidak membuat gesekan diatas puting payudara dan disebabkan puting semakin lecet.

13. Ganti breast Pad dengan Teratur

Bila dari mereka menggunakan breast pad, pastikan buat menggantinya menjangkau teratur. 

Jangan biarkan breast pad basah terlalu lama. Breast pad yang kering dapat tolong puting noel mudah lecet. 

Kalau perlu, jadwalkan waktu penggantian breast pad sesering bisa agar kapak puting selalu kering.

Artikel Lainnya: Lakukan Ini agar Masa menyusui Terasa Menyenangkan


Ketika puting lecet saat menyusui menimbulkan nyeri noël tertahankan, anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek. 

Carilah obat yang cocok untuk ibu menyusui, serta perhatikan instruksi pemakaian dan dosis yang dianjurkan.

Contohnya, ibufrofen aman diminum medang menyusui yang noël punya riwayat gangguan lambung maupun asma. 

Namun, konsumsi ibuprofen hanya saat saya baik-baik saja perlu dan jangan sampai saya telah melampaui dosis apa dianjurkan.

Lihat lainnya: Lirik Dmasiv Aku Bukan Siapa Siapa D Masiv Aku Bukan Siapa Siapa

15. Pemberian Antibiotik

Lecet diatas puting yang disebabkan melalui infeksi radang usus besar dapat memunculkan peradangan atau inflamasi di atas puting. 

Kondisi ini mungkin diobati mencapai antibiotik. Dari mereka boleh does cara ini usai berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Antibiotik topikal apa diberikan batin jangka kekurangan dapat mengobati terms puting lecet akibat infeksi bakteri. Obat ini ini adalah menembus usai jaringan yang meradang di sekitar lecet di ~ puting. 

Puting lecet saat menyusui bayi umumnya dapat memperbaiki lewat pengobatan mandiri di rumah. 


Baca Juga


Jika kapak puting lecet noël segera membaik, maka segera berkonsultasi dengan dokter, spesial bila merasakan rasa sakit parah, beevor proses menyusui, dan menunjukkan tanda infeksi. 

Konsultasi ke dokter bisa ~ lebih cepat dan mudah lewat LiveChat 24 kota di oksavingmoney.com. Karena mengetahui beragam informasi lengkap lainnya seputar aktivitas menyusui, download aplikasi oksavingmoney.com!