Adik-adik, seorang teman kalian meminta mengapa terjadi hujan? silam Kakak menjawab, tahukah kalian tentang siklus air? Ya, betul. Siklus waiting adalah perpindahan air dari satu tempat ke tempat lain dan perubahan wujud wait dari satu fase nanti fase lain, yang terjadi di alam. Siklus waiting adalah cara pergerakan alam ini karena menjaga agar air yang ada di Bumi always tetap jumlahnya. Mengapa harus dijaga agar air selalu tetap? Supaya terjadi parity di makhluk sehingga Bumi menjadi nyaman dan aman untuk ditempati oleh manusia.

Anda sedang menonton: Air di muka bumi akan kembali ke bumi dalam bentuk

Dalam siklus air, itupenggunaan mengenal bahwa seluruh air yang berada di permukaan negara akan mengalir menuju angkasa terendah yaitu laut. Di laut, terdapat sangat crowd air yang akan dipanaskan melalui Matahari sehingga terjadi penguapan. Penguapan ini telah force air apa berbentuk cair menemani itu berubah phase menjadi basah (gas) sehingga sanggup melayang-layang di udara. Basah ini terus bergerak nanti atas, dan berkumpul dengan yang lain, semakin lama semakin banyak. Kumpulan uap inilah apa kita panggilan dengan awan.

Nah, hujan terjadi saat kumpulan basah berubah dulu titik-titik air. Air ini terutang banyak, semakin lama semakin besar dan mencapai kapak jenuh. Kondisi jenuh ini berarti awan sudah noel lagi kokoh menampung begitu crowd titik air sehingga ia pun dibawah dalam bentuk hujan. Jadi, hujan secara otomatis terjadi karena awan siap melewati titik jenuhnya, dan tentu juga karena pengaruh gaya gravitasi Bumi.

Coba bayangkan kamu naik ayunan yang hung memakai tali tambang. Ayunan akun itu punya batas beban paling berat yaitu 10 kg. Jika kamu memiliki bobot 15 kg, dan nekad karena menaiki ayunan itu, apa yang ini adalah terjadi? Aha, tali ayunan itu become putus dan kamu become jatuh, bukan? Sama seperti awan yang memiliki batas daya tampung. Jika kumpulan titik air apa ada di awan ini jumlahnya telah melebihi batasnya, tentu saja mereka akan jatuh sebagai wait hujan.

*

Nah, adanya hujan also sangat berguna untuk mengembalikan air apa tadinya berasal dari Bumi supaya kembali ke Bumi lagi. Air yang kembali ke Bumi ini tentu sangat bermanfaat untuk menyirami tumbuhan, pepohonan, dan hutan. Air hujan tambahan berguna karena mengisi ceruk-ceruk wait di dalam tanah sehingga dapat dimanfaatkan malalui manusia seperti air bersih karena berbagai keperluan.

Selain itu, hujan juga sangat penting buat mengatur dan menyeimbangkan penginapan di Bumi. Mencapai adanya hujan, melunakkan udara yang tadinya panas dan kering become terasa segar dan lembab. Satu lagi yang tak kalah penting, air hujan tambahan berguna such pencuci udara yang kotor.

Hujan dapat mencapai cepat dihilangkan partikel debu, asap, dan zat mengotori lainnya di udara sehingga udara kembali bersih. Such asap kebakaran kayu dan lahan apa saat ini sedang marak terjadi di sumatra dan Kalimantan. Hujan, apalagi hujan lebat, dapat were solusi terbaik bagi pemadaman api dan asap di sana.

Lihat lainnya: 4 Hal Yang Harus Dilakukan Jika Ingin Menjadi Penari (Dengan Gambar)

Nah, adik-adik, kini kami sudah tahu bukan, arti cukup hujan bagi alam, iklim, dan kehidupan di Bumi ini. Hmm, ternyata hujan sangat menarik, ya. Adakah di antara kalian yang ingin meneliti hujan saat besar nanti?

Sumber gambar: http://www.clipartpanda.com

*Erma Yulihastin lahir pada tahun 1979 di Lamongan, Jawa Timur. Ia persegi sekolah hingga SMU di Lamongan. Pada lima 1997-2002 ia ambil studi di Institut Teknologi Bandung, Jurusan geofisika dan Meteorologi, dan semasa kuliah ia aktif menulis di mengingat Rakyat. Dari 2008 ia bekerja di LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional) sebagai Peneliti Sains Atmosfer di ~ Pusat Sains dan Teknologi Atmosfer, Bandung.