Mengemukakan pendapat bagi setiap burger negaradapat dilakukan malalui berbagai saluran. Diatas prinsipnyasaluran itu dapat dibagi were dua, yaitu kanal tradisional dan kanal moderen.Untuk memperjelas jawabanmu terhadap pengamatan apa kalian lakukan, coba kita cocokkan jawabanmu tersebut dengan penjelasan berikut ini.

Anda sedang menonton: Aktualisasi kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab


*

Saluran tradisionalnya adalahsaluran yang sejak sebelum kalasudah merupakan sarana komunikasiantar-manusia, baik secara pribadimaupun kelompok. Saluran-salurankomunikasi tradisional akun itu tidakmemerlukan teknologi yang moderen.Contoh kanal komunikasi tradisionalantara lain such berikut.

Pertemuan antar-pribadi, misalnyaketika seseorang berkunjung kerumah tetangganya, kapan seseorang pertemuan teman atau sahabatnya di suatu tempat, ataukah ketikaseseorang mengirim surat kepadatemannya yang jauh.Pertemuan atau forum umum yangdihadiri oleh rakyat cukup banyak,seperti rapat dan musyawarah yangdilakukan di sekolah, di kantor, dikampung, dan sebagainya. Forumumum ini dapat juga berbentukpawai, demo rasa, dan rapat umumdi lapangan terbuka. Salah satucontoh musyawarah dapat dilihatdalam gambar di samping.
Adapun saluran atau sarana komunikasi moderenadalah kanal komunikasi yang menggunakan mediadengan peralatan ataukah teknologi moderen. Salurankomunikasi moderen ini dapat dilakukan antarpribadi,tetapi dapat juga dilakukan secara bersama (menjangkaubanyak orang). Bentuk-bentuk saluran komunikasimoderen menemani itu antara lain:
Saluran komunikasi antarpribadi, kemudian telepon (baikmelalui kabel maupun non-kabel, such hand phone),faksimile, dan surat elektronik (e-mail) malalui internet.Saluran komunikasi massa, meliputi dua macam,yaitu media ukuran cetak dan media ukuran elektronik.
Media ukuran cetak meliputi: koran, majalah,jurnal, buku, dan terbitan berkala lainnya,seperti lifl et, selebaran, dan buletin. Adapunmedia mass elektronik, mencakup radio, televisi, dan internet. Pengunaan saluran komunikasi merupakansalah satu diperlihatkan pelaksanaan baik asasimanusia. Hal itu sesuai dengan maafkan saya yangdinyatakan di dalam Pasal 28E (3) UUD 1945, bahwasetiap rakyat berhak atas liberty berserikat,berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.
Dalamketentuan tersebut berarti people memilikihak gratis mengeluarkan pendapat. Setiap orangdapat manfaat berbagai cara, berbagai bentuk,dan berbagai saluran batin menerapkan kemerdekaanmengemukakan pendapatnya. Hal tersebut sejalandengan dapat diandalkan setiap orang untuk berkomunikasi danmemperoleh informasi (Pasal 28F UUD 1945). Hak-haksetiap orang buat berkomunikasi dan memperolehinformasi, berupa:
hak karena berkomunikasi,hak untuk memperoleh informasi,hak untuk mencari informasi,hak untuk memiliki informasi,hak untuk menyimpan informasi,hak karena mengolah informasi,hak untuk menyampaikan informasi,hak buat menggunakan segala tipe saluraninformasi.
Apabila khanh mengemukakan pendapatsecara bebas tanpa pertanggungjawaban, maka akanmenimbulkan hal-hal yang bersifat negatif dalammasyarakat. Demonstrasi, pawai, rapat umum, ataumimbar bebas yang noel terkendali dapat mengarahpada tindakan pengrusakan, penjarahan, pembakaran,bentrokan massal, korban luka, bahkan ada yangkorban meninggal dunia.
Oleh buat itu, kemerdekaanmengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab merupakan hak dan sekaligus juga kewajibansetiap setiap orang dan roti isi daging negara di Indonesia. Pembatasankemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas danbertanggung jawab tertulis dalam Pasal 6, Pasal 7, danPasal 8 UU No. 9 lima 1998 kemudian telah kesalahan diatas.

Lihat lainnya: Apakah Ms Glow Bikin Kulit Tipis Terbaru, Jual Serum Wajah Untuk Kulit Tipis Terbaru


Perangkat perundang-undangan di dalam mengaturkemerdekaan kata itu pendapat di atas dasarnyadimaksudkan agar setiap orang batin mengemukakanpendapatnya dilakukan secara bebas dan bertanggungjawab. Menjangkau demikian norma-norma masyarakat tetapdijunjung tinggi dalam rangka menghormati baik oranglain. Oleh untuk itu, kita hendaknya dapat menghargaikemerdekaan mengemukakan pendapat apa dilaksanakansecara bertanggung jawab.
*

Posting Komentaruntuk "AKTUALISASI khanh MENGEMUKAKAN PENDAPAT SECARA BEBAS DAN BERTANGGUNG JAWAB"