Pertama adalah kapak genggam yang tangan kedua oleh manusia jenis Pithecanthropus buat berburu. Struktur dan wujudnya masih mendesak sederhana, ada satu bagian yang tajam yaitu hanya terdapat di satu sisi saja. Kapak ini used dengan cara digenggam dan hadiah di pemfitnahan tempat, yaitu di Trunyan (Bali), Awangbangkal (Kalimantan Selatan), dan Kalianda (Lampung).

Anda sedang menonton: Alat alat pada zaman pra aksara

2. Alat Serpih

*

Alat serpih (Sumber: satujam.com)

Kedua, adalah alat serpih. Tool ini tangan kedua oleh human purba karena menusuk, tetap dan melubangi kulit binatang, dan terbentuk dari batu. Diperkirakan, alat ini merupakan serpihan-serpihan dari batu yang dibuat such kapak genggam. Alat ini pernah tersadar di Sangiran dan Gombong (Jawa Tengah), serta Cabbenge (Flores).

3. Kapak Persegi

*

Kapak lonjong (Sumber: satujam.com)

Keempat adalah kapak lonjong. Pangkal kapak tersebut besar dan tajam, sedangkan ujungnya tajam dan diikatkan di atas gagang. Tool ini terbuat dari batu yang telah diasah sampai halus. Kapak lonjong zaman praaksara pernah dikenali di Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

5. Menhir

*

Menhir (Sumber: all-nationz.com)

Kelima adalah menhir yang merupakan tugu rock yang tinggi. Diperkirakan menhir digunakan such tempat pemujaan oleh umat ​​manusia prasejarah.

6. Dolmen

*

Dolmen (Sumber: upload.wikipedia.org)

Keenam adalah dolmen yaitu meja apa terbuat dari batu, diperkirakan used oleh human pra sejarah kemudian tempat simpanan sesaji untuk sesembahan.

7. Sarkofagus

*

Sarkofagus (Sumber: twitter.com)

Ketujuh adalah sarkofagus yaitu peti dies yang terbuat dari batu. Pasti tahu kan ya peti sekarat digunakan buat apa, RG Squad?

8. Arca

Arca merupakan rock yang dibentuk hingga menyerupai makhluk kehidupan tertentu.

9. Mengirimkan Perunggu

Kesembilan adalah bejana perunggu, mengirimkan ini merupakan benda yang terbuat dari perunggu. Bentuknya mirip menjangkau gitar Spanyol tidak punya gagang. Alat ini hanya ditemukan di dua ruang angkasa yaitu di Madura dan Sumatra.

10. Kapak Corong

*

Kapak corong (Sumber: fixcomart.com)

Kesepuluh, sekaligus terakhir adalah kapak corong apa terbuat dari perungu dan bentuk bagian overhead mirip mencapai corong. Alat ini pernah hadiah di Jawa, Bali, Sulawesi, dan Papua.

Bagaimana RG Squad, kami pernah melihatnya langsung? Jika belum, kita bisa mengunjungi museum-museum prasejarah yang berada di Bandung, Sangiran, ataupun museum lainnya. Kalian bisa belajar lebih kerumunan lagi menjangkau mengunjungi museum yang memiliki peralatan zaman praaksara. Selain itu, kalian tambahan bisa menonton videoruangbelajar kalau ingin knows lebih banyak tentang penjelasannya lengkapnya.

Lihat lainnya: Sejarah Dan Fungsi Alat Musik Tradisional Yang Berasal Dari Jawa Barat Adalah

*

Referensi:

Gunawan, Restu. (2017) historia Indonesia Kelas X. Jakarta: Kemendikbud RI.

Sumber foto:

Foto kapak genggam . Tautan: https://id.wikipedia.org/wiki/Kapak_genggam (Diakses: 22 Desember 2017)

Foto alat serpih . Tautan: https://satujam.com/alat-serpih/ (Diakses: 16 November 2020)

Foto Kapak persegi . Tautan: https://www.jurnalponsel.com/kapak-persegi/(Diakses: 16 November 2020)

Foto kapak lonjong . Tautan: https://satujam.com/kapak-lonjong/(Diakses: 22 Desember 2017)

Foto Menhir . Tautan: http://www.all-nationz.com/archives/1076442642.html (Diakses: 16 November 2020)

Foto dolmen . Tautan: https://en.wikipedia.org/wiki/Dolmen(Diakses: 22 Desember 2017)

Foto kapak corong . Tautan: https://fixcomart.com/blog-detail/perkakas-and-otomotif/mengenal-peralatan-perkakas-manusia-purba-zaman-praaksara(Diakses: 16 November 2020)