Alat gerak pada manusia ada dua macam, yaitu alat gerak pasif dan aktif. Kali ini, kita become fokus debate tulang seperti alat gerak pasif. Yuk, berpengalaman artikelnya sampai selesai!

--

Halo teman-teman, apa kabar? Bagaimana hari ini? Apakah siap diawali mencapai hal-hal yang menyenangkan? ataukah malah ada apa masih mager? Wah, jangan mager dong! kita harus selalu semangat untuk bisa menjangkau cita-cita. Kita awal bergerak supaya makin semangat, yuk!

Tahukah kamu, tool gerak human terdiri dari tool gerak positif dan pasif. Alat gerak aktif pada human adalah otot, sedangkan tool gerak pasif pada manusia adalah tulang. Nah, pada jadwal acara ini, kita menjadi fokus membahas tool gerak pasif di atas manusia, yaitu tulang.

Anda sedang menonton: Alat gerak aktif dan pasif pada manusia

Kira-kira, kenapa ya, tulang disebut sebagai alat gerak pasif? halaman ini dikarenakan tulang digerakkan oleh otot. Oleh untuk itu, tulang disebut sebagai alat gerak pasif, sedangkan otot disebut sebagai alat gerak aktif. Kamu cantik tau what baru tau, hayoo?

Baca juga: Macam-Macam Kelenjar kelenjar endokrin dan Hormon apa Dihasilkan

Fungsi Tulang

Selain kemudian alat gerak pasif, tulang tambahan berfungsi such tempat perlekatan otot, tempat penyimpanan mineral, memfasilitasi pergerakan tubuh, secara spasial pembentukan sel darah, tempat produksi sel imun, dan tempat penyimpanan energi tubuh.

*

Tulang-tulang manusia form satu tangga susunan apa disebut dengan rangka. Rangka individu berfungsi such pelindung body organ vital, penyedia bentuk dan postur tubuh, serta kemudian penopang tubuh.

Tulang memiliki bentuk yang bermacam-macam, lho! Yuk, kita debat satu every satu!

Baca juga: Benarkah Lidah Punya Area Tertentu karena Mengecap Rasa?

Macam-Macam Tulang Berdasarkan Bentuknya

Berdasarkan bentuknya, tulang dibagi menjadi 5 macam, yaitu tulang pipa, tulang pipih, tulang pendek, tulang noël beraturan, dan tulang sesamoid.

*

1. Tulang Pipa

Tulang pipa memiliki bentuk silindris memanjang dan berbonggol di kedua ujungnya. Tulang inidapat ditemukan diatas anggota gerak, yaitu tangan dan kaki. Tulang jitu berfungsi untuk memfasilitasi pergerakan mencapai bekerja seperti tuas. Contoh tulang ni bar antara lain tulang lengan overhead dan tulang paha.

2. Tulang Pipih

Seperti namanya, tulang pipih pribadi bentuk apa pipih dan sedikit melengkung. Tulang ini dapat ditemukan pada kepala, dada, serta pinggul. Tulang pipih berfungsi untuk melindungi organ vital dan minum area perlekatan otot. Contoh tulang pipih antara lain tulang penyusun tengkorak dan tulang belikat.

3. Tulang Pendek

Tulang pendek luaran bentuk sebagai kubus (panjang, lebar, dan tingginya hampir sama). Tulang ini dapat ditemukan di atas pergelangan groep dan pergelangan kaki. Tulang kekurangan berfungsi untuk memberi kekuatan diatas area apa memiliki pergerakan terbatas. Contoh tulang kekurangan yaitu tulang di ~ pergelangan memanggang dan pergelangan kaki.

4. Tulang noël Beraturan

Tulang noël beraturan luaran bentuk kompleks dan noël beraturan. Tulang ini dapat ditemukan pada wajah dan ruas tulang belakang. Tulang noel beraturan berfungsi buat memberi bentuk wajah, menopang tubuh, dan melindungi investasi tulang belakang. Contoh tulang noël beraturan adalah tulang-tulang di ~ ruas tulang belakang.

5. Tulang Sesamoid

Terakhir yaitu tulang sesamoid. Tulang sesamoid memiliki bentuk such biji wijen. Tulang ini dapat ditemukan di atas lutut, terlalau tangan, dan terlalau kaki. Tulang sesamoid berfungsi buat melindungi tendon dari gesekan dan tekanan. Contoh tulang sesamoid adalah tulang tempurung lutut.

Baca juga: Tulang Penyusun Rangka sikap Manusia

Macam-Macam Tulang Berdasarkan Sel Penyusunnya

Berdasarkan sel penyusunnya, tulang dibedakan were tulang rawan dan tulang keras. Kita bahas satu every satu, ya!

1. Tulang Rawan

Tulang rawan disusun oleh sel kondrosit dan pribadi 3 jenis, yaitu tulang rawan hialin, tulang rawan elastin, dan tulang rawan fibrosa.

Tulang rawan Hialin

Tulang rawan hialin disusun oleh serabut kolagen yang jumlahnya lebih crowd daripada serabut elastin. Matriks tulang ini berwarna limbah kebiruan. Tulang rawan hialin banyak terdapat di ~ persendian.

Tulang rawan Elastin

Tulang rawan elastinmemiliki warna matrix kekuningan dan disusun melalui serabut elastin apa jumlahnya lebih banyak dibanding serabut kolagen. Contoh tulang rawan elastin adalah tulang pada daun telinga, epiglotis, dan trakea.

Tulang rawan Fibrosa

Tulang rawan fibrosa hanya disusun melalui serabut kolagen dan melukis matriksnya keruh dan gelap. Contoh tulang rawan fibrosa adalah tulang-tulang di ~ ruas tulang belakang.

2. Tulang Keras

Tulang melelahkan disusun melalui osteosit. Tulang tangguh dibedakan were tulang kompak dan tulang spons. Five iya, tulang kompak dan tulang spons ini noël bisa dipisahkan, ya! halaman ini dikarenakan batin sebuah tulang, pasti ada tulang kompak dan tulang spons apa menyusun tulang tersebut.

Tulang Kompak

Tulang kompak tersusun atas osteon (sistem Havers) yang di dalamnya mengandung osteosit. Tulang kompak berfungsi buat menahan desakan dan memberi kekuatan mekanik.

Lihat lainnya: Berita Tentang Pelanggaran Ham Beserta Gambarnya

Tulang Spons

Tulang spons tersusun overhead trabekula yang mengandung osteosit. Tulang spons berfungsi karena meningkatkan fleksibilitas dan help kekuatan mekanik tulang.