Tari Jaipong atau Jaipongan adalah penyimpangan satu tari quận yang sangat terkenal dan noel asing bagi kita. Tarian ini ialah jenis tarian tradisional yang berasal dari Bandung, Jawa Barat.

Anda sedang menonton: Alat musik pengiring tari jaipong adalah

Tari Jaipong merupakan tarian apa lahir dari biakan Sunda. Tarian ini diciptakan oleh Gugum Gumbira dan Haji Suanda. Gerakan-gerakan tarian Jaipong adalah gabungan dari beberapa kesenian tradisional, such Wayang Golek, Pencak silat dan Ketuk Tilu.


Karakteristik tarian ini terutang enerjik dan unik. Di dalam setiap pementasannya ini adalah diiring malalui musik tradisionalnya bernama degung.

Selain enerjik, tarian ini juga dilakukan di dalam suasana ceria dan humoris sehingga mendesak menghibur penonton. Bahkan tidak jarang para penikmat jaipongan menjadi tertawa buat terbawa suasana. Tari unik dari Jawa west ini hingga kini masih firmicutes lestari dan dipelajari.


Sejarah Tari Jaipong

Haji Suanda adalah seniman berbakat yang berasal dari Karawang. Beliau memiliki bakat luar biasa dan mempunyai kemampuan menguasai beberapa jenis kesenian tradisional dari berbagai daerah, khusunya Karawang. Beberapa tipe seni quenn yang dikuasai adalah Ketuk Tilu, wayang Golek, Topeng Benjet dan pencak Silat.

Pada lima 1976, Haji Suanda melakukan inovasi mencapai mencampurkan beberapa pengaktifan kesenian apa ia kuasai, terutama pencak Silat, boneka Golek dan Ketuk Tilu. Hasilnya dari fed tersebut maka lahirlah karya seni unik apa disukai masyarakat, dimana di ~ saat menemani itu pertunjukan apa ia gelar belum diberi nama tari jaipong.

Sebagai pengiring pementasan tersebut, digunakan tool musik sebagai Degung, Gendang, Gong dan alat musik ketuk lainnya, sehingga membuat musik peniring tarian ini terutang unik dan enerjik.

Dalam setiap pertunjukan juga diiringi malalui nyanyian dari seorang yang disebut sinden. Lebih dekat kesenian ini menarik minat Gugum Gumbira, seorang seniman Sunda hingga mempelajarinya.


Ketika Gugum Gumbira telah itu adalah seorang master tarian ini, beliau kemudian mengemas diulang gerakan-gerakan di atas tarian tersebut sehingga tercipta tari jaipong. Diatas saat akun itu pula tarian ini mulailah diperkenalkan kepada sosial Bandung.


Tarian ini mengalami perkembangan pesat pada lima 1979. Perkembangan tersbut meliputi pementasan serta properti yang tangan kedua oleh penarinya. Kapak ini menjadikan tari jaipongan dikenal hampir diseluruh kanton Jawa Barat, seperti Cianjur, Sukabumi hingga Bogor. Bahkan social diluar Jawa barat pun mulailah mengenalnya.

Perkembangan Tari Jaipong

Dalam perkembangannya, tari jaipong kemudian melahirkan para penari handa sebagai Tatit Saleh, Yeti Mamat, Eli somalia serta Pepen Dedi Kirniadi. Jaipongan memberikan kontribusi terlalu tinggi bagi para pecinta seni karena lebih serius mengenalkan tarian rakyat apa kurang mendapat perhatian. Kepopuleran tari jaipong making sanggar-sanggar tari bermunculan dan mengajarkan kepada masyarakat.

*
*
*
*
wikimedia.org

Selain menyertainya ada pula jenis alat musik lainnya, kemudian rebab, gong, kecrek, dan kecapi.

Gendang atau kendang adalah alat musik yang digunakan buat memberi ketukan penari jaipong saat menari. Alat musik ini sering tangan kedua dalam kesenian tradisional Jawa tengah dan Jawa Barat. Gendang dimainkan mencapai cara ditabuh mencapai tempo cepat sehingga sanggup membawa penonton menikmati hiburan jaipongan.Rebab adalah alat musik pelengkap di dalam tarian jaipong. Alat musik ini terdiri dari 3 senar dan dimaintakan dengan cara dipetik. Suara biola menghasilkan ritme yang membuat tarian semakin hidup.Gong ialah tool musik pukul yang menghasilkan suara dentuma keras. Gong dipukul di dalam hitungan tertentu.Kecrek adalah alat perkusi yang juga sering used pada pementasan menyulap kulit. Alat musik ini menghasilkan voice “crek crek crek” dan berfungsi sebagai aba-aba.Kecapi adalah alat musik yang berasal dari Sunda. Alat musik secara tradisional ini dimainkan dengan cara dipetik untuk mengiringi tarian apa diciptakan malalui Gugum Gumbira ini.

Keunikan Tari Jaipong

Indonesia merupakan bangsa dengan kekayaan alam yang luar biasa. Selain itu, adat dan biakan nusantara also sangat beragam, meliputi artis tari, sastra, artis rupa, artian musik, senik bangunan dan sebagainya.

Lihat lainnya: Daftar Bendera Negara Di Dunia Beserta Nama Negaranya, Daftar Bendera Negara Di Dunia Buku Ensiklopedi

Tari jaipong adalah penyimpangan satu keunikan biakan Indonesia apa menampilkan tarian enerjik. Tarian ini tidak pernah membuat bosan penonton dan disukai melalui berbagai kalangan serta usia.