Seorang pria memainkan tool musik tradisionalnya saat CDF di Jakarta, Minggu (28/1). Tarian tersebut dilakukan batin rangka festiival etnik Tabalong agar masyarakat mengenal tarian yang berasal dari Kalimantan Selatan tersebut. (oksavingmoney.com.com/Angga Yuniar)
oksavingmoney.com.com, Jakarta Macam alat musik tradisional beserta quận asalnya harus kamu ketahui. Indonesia pribadi kebudayaan yang beragam, maka nya terdapat juga banyak alat musik nguyên dari berbagai daerah. Alat musik tradisionalnya ini biasa dimainkan saat ada festival maupun upacara adat.

Anda sedang menonton: Alat musik tradisional beserta daerah asalnya


Musik tradisional sendiri merupakan musik yang berkembang secara dibawah menurun di atas suatu daerah. Musik secara tradisional adalah musik yang hidup diatas masyarakat secara dibawah temurun di indonesia, dipertahankan seperti sarana hiburan.

Perkembangan musik secara tradisional di Indonesia tentunya didukung oleh beberapa hal, seperti alat musik tradisional yang masih dijaga hingga kini. Maka dari itu, seniman dan masyarakat juga harus menyatukan persepsi batin mengembangkan dan melestarikan artian musik tradisional. 


2 dari 6 halaman

Macam tool Musik tradisional Indonesia


*

Perbesar
Ilustrasi alat musik tradisional angklung. (Gambar malalui Tri Yugo Wicaksono dari Pixabay)
Angklung

Macam alat musik tradisional yang pertama yaitu angklung. Alat musik ini berasal dari Jawa Barat. Nama angklung tentunya cantik sangat familier di Nusantara. Bahkan, Angklung siap dikenal hingga mancanegara.

Alat musik ini membuat dari bilah bambu apa disusun sedemikian rupa dan dibunyikan mencapai cara digoyangkan menjangkau tangan. Usai digoyang atau digetarkan, maka suara akan keluar apa disebabkan melalui benturan badan pipa bambu. Bunyi apa bergetar untuk menghasilkan susunan ton 2, 3, sampai 4 volume dalam setiap ukuran, baik besar maupun kecil.

Untuk mendapatkan volume yang harmonis, anck harus dimainkan oleh banyak orang. Sebab satu angklung hanya mewakili satu tangga nada saja. Meskipun berasal dari Jawa barat tetapi ada kawanan jenis anck di Indoneisa, sebagai Angklung Bali, angklung Banyuwangi, anck Gubrag dan lain-lain.

Kolintang

Kolintang adalah deviasi satu macam alat musik yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara. Kolintang terdiri dari mayoritas potongan woods ringan apa disusun di ~ rak kayu. Alat musik tradisional ini dimainkan dengan cara dipukul mencapai pemukul hutan khusus.

Fungsi mulailah kolintang adalah karena mengiringi upacara adat yang berhubungan mencapai penghormatan tuhan leluhur. Saat ini fungsi tool musik ini bergeser nanti arah industri kreatif. Alat musik khas Indonesia ini bertransformasi were pengiring tari, lagu, hingga orkestra.


*

Gamelan

Gamelan merupakan macam alat musik tradisional apa berasal dari Jawa Tengah. Cara memainkan gamelan yaitu mencapai dipukul dengan tool pemukul. Gamelan terdiri dari himpunan alat musik seperti Kendang, Bonang Barung, Bonang Penerus, Demung, Saron, Rebab, Slenthem, Kenong, hingga Gong.

Kata Gamelan sendiri berasal dari bahasa Jawa, “gamel” yang berarti slam atau menabuh, mengikuti akhiran “an” yang menjadikannya kata benda. Orkes gamelan kebanyakan terdapat di pulau Jawa, Madura, Bali, dan Lombok di Indonesia batin berbagai jenis dalam jumlah besar dan bentuk himpunan alat musik

Serune Kale

Serune kale merupakan macam tool musik tradisional dari Aceh. Alat musik ini populer di quận Pidie, Aceh Utara, Aceh terlalu tinggi dan Aceh Barat. Biasanya alat musik ini dimainkan rantai dengan Rapai dan Gendrang pada acara-acara hiburan, tarian, penyambutan tamu kehormatan.

Bahan mendasar Serune kale ini berupa kayu, kuningan dan tembaga. Bentuk alat musik ini hampir menyerupai serunai bambu. Cat dasarnya hitam yang fungsinya kemudian pemanis atau penghias musik tradisional Aceh ini.


*

Sasando

Sasando adalah deviasi satu macam tool musik tradisional, yang cara memainkannya dengan dipetik. Sasando berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Sasando merupakan deviasi satu alat musik secara tradisional khas Indonesia apa berupa dawai dan dimainkan dengan cara dipetik.

Berdasarkan struktur selang sasando dibedakan dulu dua jenis, yakni sasando gong dan sasando biola. Sekilas tipe suara yang dikeluarkan sasando mirip dengan gitar, biola, harpa, dan tool musik dawai lainnya.

Hal unik dari sasando adalah bagian major berbentuk tabung liong dari bilah bambu. Kini dengan sedikit modifikasi, ada sasando elektrik. Meski modern alat musik ini dengan tegas mempertahankan bentuknya yang klasik, yaitu beresonansi lembaran lontar.

Kendang/Gendang

Macam tool musik yang satu ini mungkin sudah sering kamu dengar. Berasal dari Jawa Tengah, kendang atau gendang adalah penyimpangan satu instrumen dalam gamelan Jawa. Fungsinya dalam gamelan Jawa ialah untuk mengatur irama di dalam musik gamelan.

Oleh buat itu, kebanyakan kendang dimainkan melalui para pemain profesional gamelan yang sudah mendalami budaya Jawa.


*

Tifa

Macam alat musik tradisional berikutnya adalah Tifa. Tipa merupakan tool musim apa berbentuk seperti tabung dan berasal dari Papua dan Maluku. Tool musik ini dimainkan mencapai cara dipukul.

Tifa terbagi batin beberapa jenis, yakni jekir, potong, dasar, dan bas. Umumnya tifa digunakan saat upacara adat, perkira musik, dan mengiringi tarian tradisional.

Secara bentuk, ada sedikit perbedaan antara tifa Maluku dan tipa Papua. Di Maluku, tifa memiliki bentuk anjungan dan noel diberi pegangan. Sedangkan di Papua potongan tengah tifa dibuat lebih melengkung, serta terdapat pegangan pada bagian tengah.

Saluang

Saluang adalah macam alat musik tradisionalnya khas kesukuan Minangkabau di sumatera Barat. Alat musik ini terbuat dari bambu tipis atau bambu talang. Bambu talang dipercaya bisa mengeluarkan suara apa lebih bagus dan merdu.

Alat musik saluang termasuk golongan seruling, tapi pembuatannya lebih sederhana. Cukup dengan produksi empat lubang pada bambu talang. Sama seperti seruling pada umumnya, sara memainkannya dilakukan menjangkau ditiup.


*

Kecapi

Kecapi adalah macam tool musik secara tradisional khas Jawa barat yang sudah mendunia. Alat musik ini biasa dimainkan such alat musik utama di dalam Tembang Sunda dan Kacapi Suling. Kecapi dikategorikan such alat musik kordofon untuk dimainkan mencapai cara dipetik senarnya.

Sape

Sape adalah macam alat musik tradisionalnya khas kesukuan Dayak di Kalimantan. Berbentuk kemudian kecapi, sape dimainkan dengan cara dipetik.

Alat musik ini luaran penamaan yang berbeda-beda di setiap subsuku Dayak. Kesukuan Dayak Kenyah, Dayak Bahau dan Kayaan menyebut alat musik ini dengan namu sampek atau sape. Sedangkan suku Dayak Modang menyebutnya sempe dan kesukuan Dayak Tunjung serta Banua menyebutnya seperti kecapai, karena mirip kecapi.

Lihat lainnya: Berita Maia Estianty Dan Mulan Jameela Terbaru Dan Terkini Hari Ini

Sape berfungsi karena menyatakan perasaan, baik perasaan riang gembira, rasa sayang, kerinduan, bahkan rasa doka nestapa. Menampakkan ini sape juga digunakan karena hiburan.