Mengulas 9 alat musik tradisional NTB (Nusa Tenggara Barat) yang kaya akan pengeluaran budaya nan magis.

Anda sedang menonton: Alat musik tradisional nusa tenggara barat

Nusa Tenggara west merupakan provinsi di Indonesia yang terletak di bagian west Kepulauan Sunda kecil atau lebih dikenal dengan kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi NTB beribukota di mataram dan memiliki 10 kabupaten atau kota.

Di mulai kemerdekaan, wilayah NTB merupakan bagian dari provinsi Sunda Kecil apa beribukota di Singaraja. Namun pulau-pulau Sunda small ini terjadi pemekaran sehingga terbagi were 3 provinsi: Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.


Dua pulau besar apa mendominasi wilayah NTB adalah Lombok yang terletak di barat dan Sumbawa apa berada di bagian timur. Penduduk di Lombok didominasi malalui etnis kesukuan Sasak, sementara di schwawa didominasi malalui masyarakat bima (Suku Mbojo) dan Sumbawa.

Setelah kemarin untuk kita mengulas sekian nama alat musik tradisional NTT, kali ini kita become beralih menelusuri kekayaan biakan masyarakat NTB melalui perkenalan kita menjangkau 9 alat musik tradisionalnya NTB yang telah untuk kita rangkum dibawah ini. Terima kasih kembali menyimak!

Baca juga: Mengenal 15 alat Musik tradisionalnya NTT (Nusa Tenggara Timur), Magis!


1. Gendang Beleq

*
budaya-indonesia.org

Terumpang adalah sejenis tool musik tradisionalnya berupa semangkuk besar yang salah satu di samping terdapat lingkar cembung, sebagai pada alat-alat musik pencon dalam gamelan Jawa.

Alat musik terumpang ini terbuat dari nyata kuningan dan dimainkan malalui seorang sekaha menjangkau cara dipukul manfaat sebuah alat pemukul khusus.

Baca juga: Mengulas 14 alat Musik tradisional Papua yang Eksotis dan Terjaga

3. Gong Tawaq-Tawaq

*
youtube

Alat musik tradisionalnya ini terbuat dari berwujud kuningan. Tawaq-tawaq adalah sebuah perangkat alat musik tradisional sosial Sasak di Lombok. Dinamakan demikian untuk dalam aparatur tersebut, penyimpangan satu instrumen yang mendominasi adalah tawaq-tawaq, yaitu sejenis gong kecil khas menyiksa setempat.


Dalam penyajian kesenian musik tawaq-tawaq also didukung dengan alat musik lain, yaitu 6 buah barangan seperti melodi, 2 kemong gantung, 2 gendang seperti pembawa tempo dan dinamika, sebuah gong, dan 8 pasang ceng-ceng (simbal) sebagai alat ritmik.

Pementasan tawaq-tawaq dapat dimainkan dengan lokasi duduk maupun arak-arakan. Musik ini biasa dimainkan di dalam prosesi perkawinan, khitanan, pemyambutan tamu, atau sekadar sarana hiburan.

4. Tool Musik Gula Gending

*
budaya-indonesia.org

Instrumen tradisional ini terbuat dari seng dan tekstil. Alat ini sebenarnya digunakan untuk menjajakan gula kapas (arumanis) yang terbuat dari gula pasir, sehingga tool ini dinamakan gula gending.


Dalam bahasa Sasak, tempat karena menyimpan gula panggilan dengan tongkaq. Tongkaq inilah yang juga biasa difungsikan seperti alat musik. Memainkannya menjangkau cara digendong, kotak dipukul benefit jari kanan dan kiri menyesuaikan kecepatan gending ataukah lagu yang dimainkan.

Gula gending dimainkan melalui pedagan berkeliling kampung untuk menjajakan gula kapas. Gending yang dimainkan ini berfungsi buat menjadi daya menyeret bagi anak-anak karena membeli. Tipe gending yang dimainkan tradisional seputar Buah Odaq, Tempong Gunung, dan sebagainya.

5. Alat Musik Satong Srek

*
budaya-indonesia.org

Alat musik ini terbuat dari bahan bambu dan seng. Di atas salah satu potongan bambu tersebut diberi sebuah penampang berupa lempengan seng yang permukaannya dibuat tajam dan kasar. Seng inilah yang berperan menghasilkan suara dengan cara digesek dan dipukul.

Satong srek merupakan alat musik tambahan batin sebuah bentuk orkestra tradisional, meski dapat pula dimainkan secara solo ataukah tunggal. Alat ini biasa digunakan karena mengiringi tarian Nguri, Syier, Male, Badede, moon Kasandung, Ngumang Rame, dan sebagainya.


6. Alat Musik Palompong/Cungklik

*
semuatentangprovinsi.blogspot.com

Palompong merupakan alat musik khas masyarakat Sumbawa. Di quận Lombok, juga ditemukan alat musik sejenis yang disebut menjangkau cungklik. Palompong merupakan alat musik berjenis silofon apa terbuat dari hutan dan logam.

Dalam permainannya, pemain duduk mencapai meluruskan dua kaki ke depan, sementara palompong diletakkan di atas paha. Batin posisi demikian, bilah palompong dipukul menggunakan sepasang pemukul, dan rongga antara kaki dan bilah-bilah palompong berperan kemudian resonator.

Dahulu, palompong biasa dimainkan secara tunggal melalui laki-laki selama istirahat di sawah atau ladang. Saat ini, palompong telah menjadi bagian dari orkestra tradisional Gong Genang dan berfungsi sebagai alat musik ritmik untuk mengiringi tarian saat kecepatan cepat.


7. Alat Musik Sarone

*
alanmalingi.wordpress.com

Sarone merupakan tool musik tiup sejenis klarinet apa terbuat dari bambu dan daun kelapa. Pada bagian mulut sarone terdapat semacam lidah tunggal (single reed) yang direkatkan dan terbuat dari bambu tipis. Lidah-lidah ini berfungsi kemudian alat tolong tiup yang langsung bersentuhan dengan bibir.

Sarone dllengkapi mencapai 4 lubang nada dan dimainkan menjangkau cara berkelompok bersama tool musik lainnya, such rebana rea dan tambourin ode. Sarone juga menjadi bagian dari ensambel Gong Gendang kemudian pembawa melodi.

Konon saat sebelum dimainkan, sarone diasapi terlebih silam dengan bau supaya dapat menghasilkan suara yang jernih dan menarik. Oleh social Sumba, voice sarone diyakini dapat memikat gadis dan menolak gangguan orang-orang yang memiliki itikad buruk.

8. Tool Musik Genggong

*
infobudaya.net

Alat musik ini juga sering disebut mencapai harpa mulut, terbuat dari bambu dan tali. Suara genggong dihasilkan dari getaran lidah genggong karena tarikan memanggang pemain, serta menaikkan nafas pada rongga mulut dan sentuhan lidah pada langit-langit.


Maka pemain genggong biasa dikategorikan batin dua jenis, yaitu genggong lanang apa menghasilkan nada tinggi, sementara genggong wadah yangmenghasilkan nada rendah.

Dalam pembuatan alat musik genggong, selain diperlukan andang-andang (sesaji) berupa beras, benang, sirih pinang, dan monetary kepeng, juga perlu ditentukan hari baik (hari Jumat) untuk mengambil pelepah enai atau bambu.

Sajian tersebut dimaksudkan karena menghindarkan si pembuat dari hal-hal yang noel diinginkan, juga genggong dapat untuk menghasilkan suara apa bagus.


9. Tool Musik Pareret

*
budaya-indonesia.org

Pareret merupakan alat musik tiup sejenis terompet apa terbuat dari bambu. Pareret rupanya juga menjadi bagian dari orkestra tradisional yang berperan such alat musik melodi.

Dalam asal usulnya, pareret berkembang di Lombok bagian barat dalam subkultur Hindu apa dibawa malalui orang-orang Bali. Selain di Lombok, pareret also ditemukan di quận Karangasem, Bali, meskipun kini sudah sangat langka keberadaannya.

Dalam pembuatannya, juga diperlukan penentuan aku baik, yaitu di atas hitungan pasaran Pahing di hari apa saja. Selain itu, haruss disediakan pula andang-andang (sesaji) apa terdiri dari beras, kepeng bolong (satakan), buah pinang, dan benang kotak setukel. Andang-andang ini diyakini memiliki makna perlindungan bagi si pembuat agar tidak leles (mata merah dan berair).

Lihat lainnya: Aplikasi Pinjaman Uang Yang Bisa Dicicil, Pinjaman Indodana (Cicilan)

Pareret biasa dimainkan sebagai salah satu instrumen upacara peribadatan, atau also perayaan ulang tahun pura bagi orang-orang Bali yang tinggal di Lombok Barat.