Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate start dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih kerumunan lagi.

Anda sedang menonton: Amalan di bulan dzulhijjah sesuai sunnah


*

*

*
*
*

*
Perbesar
Dzulhijjah merupakan deviasi satu moon dari 4 bulan yang istimewa together Dzulqa'dah, Muharram, dan Rajab. Dzulhijjah individu berasal dari 'Dzul' yang artinya pemilik dan 'Al-Hajjah' apa artinya haji.
Mengutip booker Amalan Ibadah bulan Dzulhijjah oleh Hanif Luthfi, Rsulullah bersabda: "Sesungguhnya zaman itu memutar sebagaimana bentuknya akuarium di waktu Allah menciptakan tee dan bumi. Setahun itu ada 12 bulan, di antaranya terdapat empat bulan yang dihormati, yakni Dzulqa'adah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab." (HR. Bukhari dan Muslim)
Karena termasuk moon yang mulia, ada kerumunan amalan bulan Dzulhijjah apa sangat dianjurkan bagi umat Muslim di bulan Dzulhijjah. What saja? Berikut ulasannya.
Haji adalah ibadah yang wajib dilaksanakan bagi umat Muslim apa mampu. Menurut booker Panduan Ibadah Haji dan Umrah melalui Retno Widyani, ibadah haji dapat dilakukan di atas awal bulan Syawal sampai hari Raya Idul Adha di bulan Dzulhijjah.
Ibadah haji memiliki pahala besar bagi apa mabrur. Rasulullah bersabda: "Ibadah umrah usai umrah berikutnya adalah penggugur (dosa) tengah keduanya, dan haji apa mabrur tiada balasan (bagi pelakunya) melainkan surga." (HR. Bukhari dan Muslim)
Selain haji, ada amalan sunah yang bisa dilakukan di bulan Dzulhijjah, yakni puasa Tarwiyah dan Arafah. Puasa Tarwiyah dilaksanakan diatas 8 Dzulhijjah, sedangkan puasa Arafah dilaksanakan di atas 9 Dzulhijjah.

Lihat lainnya: Berhubungan Setelah Haid Dalam Masa Kb Suntik 1 Bulan, Ini Penyebab Kb Suntik 1 Bulan Bisa Kebobolan


Puasa Tarwiyah terutang dianjurkan bagi umat Muslim, buat dapat dihapus dosa. Rasulullah bersabda: "Puasa hari Tarwiyah dapat menghapus dosa setahun. Puasa aku Arafah dapat dihilangkan dosa dua tahun." (HR. Abusy Syaikh Al-Ishfahani dan Ibnun Najjar)
Kurban dilakukan dengan menyembelih hewan ternak kemudian upaya untuk mendekatkan ourselves dan menjalankan perintah Allah SWT. Hal tersebut tercantum di dalam firman Allah yang berbunyi: "Maka dirikanlah sholat untuk Rabbmu dan sembelihlah hewan kurban." (QS. Al-Kautsar : 2)
Melaksanakan ibadah kurban hukum sunah muakkad, artinya sangat dianjurkan. Rasulullah bersabda: "Tidaklah seorang anak Adam melakukan pekerjaan yang most dicintai Allah pada hari nahr kecuali mengalirkan darah (menyembelih hewan kurban)." (HR. Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Aisyah ra)
Dzikir memiliki keutamaan yang besar jika dilaksanakan, apalagi jika dilaksanakan pada bulan Dzulhijjah. Karenanya, umat Muslim terutang dianjurkan untuk berdzikir di bulan Dzulhijjah dengan melafalkan tahlil, takbir, dan tahmid.
Rasulullah bersabda: "Tidaklah ada hari-hari apa lebih agung di sisi Allah dan lebih dia cintai dibanding melakukan amal ibadah di 10 aku bulan Dzulhijjah. Maka perbanyaklah di 10 days ini baca secara terpisah Tahlil, Takbir dan Tahmid." (HR. Imam Ahmad dari Ibnu Umar ra)
Pada moon Dzulhijjah, umat Muslim also menjalankan ibadah sholat Idul Adha. Ini adalah sholat yang dianjurkan malalui Rasulullah, sebagaimana Ummu Athiyah ra. Mengatakan:
"Rasulullah witnessed menyuruh kalian pada days Raya idulfitri dan Idul Adha supaya bawa wanita-wanita bocah dan para gadis dan wanita haid sekalipun, supaya keluar nanti lapangan untuk Sholat Id. Adapun banci haid mereka noël ikut sholat, tetapi ikut merayakan serta berdoa bersama-sama kaum Muslimin. Aku berkata, 'Rasulullah, di antara mereka ada yang noël punya baju untuk menghadirinya.’ Rasulullah menjawab, 'Suruh pinjam baju saudaranya'." (HR. Muslim)