Blog ini adalah kumpulan cerita kesehariannya Reza dan Lukman. Darimana Reza lahir, kemudian disusul adek Lukman, saya selalu ingin produksi dokumentasi kyung mereka. Ada saja apa saya dicari tulis: celoteh mereka, kelucuan mereka, progress perkembangan mereka dan ‘petualangan’ kalian sekeluarga. Aktivitasnya menulis dulu cara saya untuk mendokumentasikan sesaat penting batin hidup kami. Saya memang agak-agak maniak dokumentasi, segala perkembangan Reza dan Lukman saya foto, mulailah dari umur 1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 2 bulan dan teruuss… Saya mengolah kumpulan bergambar tersebut dengan terutang hati-hati.

Anda sedang menonton: Anak 2 tahun belum bisa bicara jelas

Dua belas lima lalu, ketika mulailah menulis blog Reza’s and also Lukman’s Simple method To uncover Happiness, saya tidak mengira blog ini akan berumur panjang, dikunjungi crowd orang, dan memberikan saya banyak teman baru.

Saya produksi blog untuk menyimpan cerita-cerita keseharian anak-anak saya: Reza (6) dan Lukman (3). Sewaktu masih bekerja di kantor, saya patuh menulis cerita tentang anak-anak, making dokumentasi mereka. Selalu ada saja yang saya mau tulis: celoteh mereka, kelucuan, progress perkembangan mereka, dan petualangan kita sekeluarga. Tulisan saya lengkapi menjangkau foto-foto, lalu saya templat lewat surel nanti saudara-saudara dan teman-teman saya. Mereka senang begitu banyak, begitu banyak menerimanya.

Waktu ada teman apa menyarankan agar saya produksi blog, saya tertarik. Namun untuk masih bekerja, ide itu saya simpan dahulu. Kantor yang jauh dari rumah, kesempatan langka bermain bersama anak-anak di ~ akhir pekan, membuat saya belum punya waktu untuk merealisasikan blog. Saat Lukman, didiagnosis autis, saya organisasi bekerja agar dapat mengasuh kedua anak sendiri.

Banyak hal yang saya pikirkan usai Lukman didiagnosis autis. Saking banyaknya hal apa berputar-putar di kepala, saya sering noël bisa secepatnya tidur, atau terbangun tengah malam. Konvensional saya thought rencana buat keesokan hari, mengevaluasi hasil pertemuan dengan psikolog, dokter, terapis, ataukah mengingat kembali poin-poin percakapan menjangkau teman sesama orang basi anak autis. Sampai suatu malam saya terbangun, noël bisa tidur lagi, dan untuk menulis isi ingat saya. Ternyata, walau belum menemukan jalur keluarnya, saya merasa dapat diandalkan luar biasa karena hal apa berputar-putar di terutama sudah tertulis di kertas. Inilah sebab terutama saya menulis di blog.

Banyak tale yang saya tuliskan di blog, terutama kyung perkembangan anak-anak. Ternyata bien ini bermanfaat kapan saya bertemu dokter, psikolog, atau terapis untuk membicarakan perkembangan anak. Ingatan manusia memang terbatas—kadang saya lupa hal-hal penting setelah beberapa waktu. Saya sengaja mencatat perkembangan Reza dan Lukman, sehingga punya bien cukup lengkap apa dimulai saat mereka balita.

Dengan berjalannya waktu, kapan blog ini awal dibaca teman-teman baru yang googling, saya membuat page khusus tentang Reza dan Lukman: Reza’s cerita dan Lukman’s Story. chapter ini dipicu oleh semakin crowd pembaca yang bertanya, “Lukman didiagnosis autis usai melalui proses such apa?”

Dari statistik blog, darimana dibuat di atas 2008 sampai hari ini, ada 300.000 lebih views dari hampir 200.000 visitors yang mampir usai blog saya. Mayoritas pencari insula autisme. Menyertainya saya simpulkan buat unggahan yang paling banyak dibaca adalah “Lukman’s Story”, mengikuti “Autis dalam Bahasa Gaul”.

Ternyata semakin kawanan balita apa didiagnosis autis, semakin banyak tambahan pengunjung blog saya. Komentar terbanyak ada di halaman Lukman’s Story, halaman khusus yang menceritakan proses apa kami lalui sampai Lukman mendapatkan diagnosis autis. Lebih dari seratus pesan dituliskan di page tersebut. Crowd pesan yang dimulai menjangkau kalimat, “Cerita Lukman hampir sama mencapai putra saya” atau kalimat, “Anak saya perkembangannya mirip Lukman.” Sejumlah surel dikirimkan kepada saya, menanyakan secara spasial terapi, solusi penanganan sehari-hari, atau hanya mengucapkan terima kasih karena saya siap berbagi tale tentang Lukman.

Blog saya dua kali diulas tabloid Nakita. Selain itu cerita tentang Lukman pernah memasukkan koran Jakarta edisi hari Ibu 2014. Lukman personally pernah tertutupi DAAI TV kapan ia disusul ASEAN Autism games 2018 dan meraih medali perunggu. Wartawan DAAI TV menghubungi Twitter saya nanti membaca blog Reza’s and Lukman’s Simple method To uncover Happiness.

Lihat lainnya: Bahan Bahan Untuk Membuat Salad Buah, Resep Salad Buah Kekinian Buat Ngemil Di Rumah

Saya sangat bersyukur tulisan saya bermanfaat untuk kami, keluarga, dan para pembaca. Karena itulah saya terus menulis di blog, walau ada pasang-surutnya, juga sempat berhenti beberapa bulan untuk pindah rumah pada start 2020.

Semoga blog ini terus memberikan manfaat kepada para pembacanya…

Salam