Bola.com, jakarta - Integrasi nasional adalah penyatuan ataukah pembauran suatu country sehingga were satu kesatuan yang utuh. Mencapai berintegrasi nasional berarti sama menjangkau menyatukan seluruh elemen country dengan kesederhanaan.

Anda sedang menonton: Ancaman terhadap integrasi nasional yang berupa ancaman militer adalah

Perlu diketahui, menyelesaikan nasional mempunyai dua pengertian dasar, yakni menyelesaikan dan nasional. Menyelesaikan berasal dari bahasa Latin, yaitu 'integrate', yang berarti memberi tempat batin suatu keseluruhan.

Sementara, menurut Kamus terlalu tinggi Bangsa Indonesia (KBBI), menyelesaikan adalah pembauran sampai menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Adapun kata 'nasional' berarti bangsa.

Adanya integrasi nasional sangat cukup bagi Indonesia agar tercipta keselarasan country di tengah-tengah keadaan masyarakat apa berbeda-beda. Selain itu, menyelesaikan nasional sangat diperlukan demi keutuhan bangsa dari berbagai ancaman.

Ancaman tersebut tambahan berpotensi berhenti integrasi nasional. Secara umum, ancaman terhadap integrasi nasional dibagi were dua, yakni ancaman militer dan nonmiliter.

Ancaman Militer


*
*
*

Ancaman Berdimensi Sosial Budaya

Ancaman sosial budaya bisa berupa isu-isu mengenai kemiskinan, kebodohan, keterbelakangan, serta ketoksavingmoney.comakadilan yang were dasar timbulnya konflik vertikal antara pemerintah tengah dengan pemerintah daerah, beserta bentrok horizontal yakni suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Ancaman Berdimensi Teknologi Informasi

Kemajuan ini adalah ilmu pengetahuan dan teknologi apa berkembang dengan sangat pesat serta memberikan manfaat apa sangat besar bagi seluruh masyarakat, namun kejahatan juga terus mengikuti perkembangan tersebut.

Lihat lainnya: Apa Itu Penyakit Autoimun Dan Penyebabnya, Halaman All

Ancaman Berdimensi berani Umum

Ancaman buat keselamatan umum sanggup terjadi karena bencana alam, misal gempa bumi, gunung meletus, dan tsunami. Ancaman apa disebabkan malalui manusia, misal penggunaan obat-obatan dan penggunaan berwujud kimia, pembuangan buang industri, kebakaran, hingga kecelakaan alat-alat transportasi.