Oleh: Muhammad Natsir Kholis, S.Pi* Bengkulu merupakan Provinsi yang di anugerahkan laut yang begitu eksotis menjangkau keindahan alam beserta sumberdaya lautnya. Hal yang paling menarik...
*

Oleh: Muhammad Natsir Kholis, S.Pi*

Bengkulu merupakan Provinsi apa di anugerahkan laut yang begitu eksotis mencapai keindahan alam beserta sumberdaya lautnya. Halaman yang most menarik yaitu sumberdaya laut Bengkulu belum terexplorasi dan terexploitasi dengan baik, sehingga ada pihak-pihak yang berkepentingan dengan sengaja berbisnis dengan cara yang noel benar sehingga disebabkan terhadap keberlangsungan sumber laut yang ada di Bengkulu.

Anda sedang menonton: Apa akibat jika nelayan menggunakan pukat harimau untuk menangkap ikan di laut

Pengawas lapangan perikanan dan kelautan patuh sekali kecolongan oleh alat tangkap apa biasa berpendapatan “Pukat Harimau” apa beroperasi di stasiun air Bengkulu. Berpendapatan pukat harimau, karena sifat alat tangkap ini menyapu bersih segenap apapun apa ada didepannya. Tool tangkap ini sangat mirip dengan tool tangkap pukat berkantong berbeda seperti: Lampara dasar, payang, cantrang, dogol, pukat hela dan pukat pantai.

Pukat harimau itu sendiri diklasifikasikan menurut Von merek (1984) temasuk pukat menarik berkantong (Trawl), maka dari itu patuh sekali keunggulan lapangan perikanan dan kelautan tidak menyadari bahwa apa beroperasi di kanton perairan Bengkulu adalah pukat macan (Trawl) untuk sangat sulit membedakan secara spesifik tool tangkap pukat harimau tersebut. Awalnya pukat harimau tidak dilarang dalam pengoperasiannya, tetapi akibat menyakiti yang ditimbulkannya tool tangkap ini dilarang melalui pemerintah.

Tidak hanya pukat harimau, pukat hela, pukat pantai dan pukat sejenisnya pun siap dilarang pengoperasinnya di kanton Pengelolaan Perikanan (WPP) republikan Indonesia (Peraturan menteri kesehatan Perikanan dan Kelautan No.2/PERMEN-KP/2015). Alat tangkap pukat harimau ini tidak hanya merusak, tetapi also sering menimbulkan menabrak antar nelayan asibe perebutan daerah penangkapan ikan kemudian kasus pukat harimau di Bengkulu north dan sekitarnya.

Perbedaan apa sangat jelas shine antara pukat macan dan pukat kantong berbeda yaitu batin pengoperasiannya pukat macan menggunakan satu ataukah dua kapal buat menarik tool tangkap dengan teknik kapal apa menarik jaring. Dari kontruksi dapat dilihat tool tangkap pukat harimau menggunakan otter board (papan penarik) sedangkan pukat kantong lainbutuh tidak. Pukat macan dibagi dulu tiga jenis yaitu: Surface trawl, mid trawl dan bottom trawl.

Lihat lainnya: Agama Putri Titian Dan Junior Liem, 7 Artis Ini Tetap Menikah Meskipun Berbeda Agama

Pemerintah Bengkulu khususnya melayani Perikanan dan Kelautan diharapkan dapat lebih waspada mencapai trik pengusaha dalam mengelabui pengawas karena mengoperasikan “Pukat Harimau” yang diiming-imingi tool tangkapnya telah dimodifikasi. Diharapkan juga kebijakan-kebijakan pemerintah Bengkulu lebih pro orang kecil-menengah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir.

*Penulis Merupakan employee Departemen Kominfo Forum Pascasarjana IPB dan kandidat master of science bidang Teknologi Penangkapan Ikan Institut pertanian Bogor