Tujuan manfaat dan Peraturan bermain OlahragaTradisional Hadang / Gobak Sodor. Meski dimainkan hampirseluruh anak di Jakarta, tetapi noël ada petunjuk bahwa play hadangberasal dari Jakarta. Bermain ini ada disebagian besar provinsi di Nusantara.Anak-anak desa pada masa sebelum seringmemainkan bermain hadang di malam harisaat moon purnama.Hadang/ Gobak Sodor termasuk salah satu permainantradisional Indonesia yang tambahan dimainkan di negara lain. Di Indonesia sendiriGobak Sodor atau Hadang memiliki namu tersendiri disetiap daerah di Indonesia,akan tetapi tetap pada aturan dan cara play yang sama.Tidak sampah sarap jugapermainan Hadang/Gobak Sodor tambahan dipertandingkan diatas Event sebesar O2SNbiasanya di atas tingkatan SD/SMP yang termasuk kedalam afiliat Permainan.

Anda sedang menonton: Apa manfaat dari permainan gobak sodor

Tujuan latihan Tradisional Hadang / Gobak Sodor

Mengisi waktu luang,bermain, minum kekompakan tim.

Manfaat Olahraga tradisional Hadang / Gobak Sodor

Gembira, meningkatkankebugaran jasmani dan bersosialisasi.

Sasaran Olahraga tradisionalnya Hadang / Gobak Sodor

Anak-anak, remaja,dewasa dan segenap kalangan.

Peraturan dan bermain Olahraga tradisional Hadang / Gobak Sodor

1. Lapangan.


*

Lapangan permainandapat dibuat di ruangan tertutup (stadion tertutup, gedung olahraga, gedungpertemuan) atau di ruangan suspended (stadion terbuka, halaman rumah/sekolah,lapangan terbuka, mengikat apabila memungkinkan).

Bentuk lapangan empatpersegi singa berpetak-petak.

Ukuran :

a. Berbohong 15 meter dan lebar 9 meter. Dibagi 6 petakmasing-masing 4,5 x 5 meter.

b. Lapanganpermainan ditandai dengan panas selebar5 cm.

c. Panas pembagilapangan dulu 2 bagian memanjang disebut garis tengah.

2. Toolkit :

a. Bendera untukhakim baris dengan mass 30 x 30 cm,panjang tangkai 40 cm. Bendera berwarna Hijau dan berwarna Merah berbentuk segiempat.

b. WhiteBoard/papan nilai karena mencatat nilai.

c. Kapur/tepungterigu/cat/line paper. Kapur ataukah tepung terigu used apabila lapanganpermainan di rumput ataukah tanah. Pernis dan file line tangan kedua apabila lapangandi atas lantai semen dan jalan beraspal.

d. Peluitdiperuntukan pada kedua wasit yang akan kepala pertandingan.

e. Avoid Watch.

f. Meja dan kursiuntuk kesekretariatan.

g. Alat tuliskantor.

h. Formulirpertandingan, susunan pemain dan tujuan pertandingan.

3. Pemain :

a. Pemain terdiridari 2 tim masing-masing 5 (lima) setiap orang dan 3 (tiga) orang cadangan.

b. Pertandinganhanya buat beregu putra dan beregu putri.

4. Seragam Pemain :

Setiap regudiharuskan pakai kostum bernomor dada dan punggung dalam jumlah besar 15 cm dari numeral 1sampai 8. Kapten tim diberi gejala lengan kanan berbentuk pita melingkar.

5. Lamanya bermain :

Permainanberlangsung 2 x 15 menit bersih. WaktuTime the end jam/stop watch dimatikan. Time out satu kali untuk satu regu,masing-masing satu menit selama pertandingan. Time out menghadiahkan ataspermintaan pelatih ataukah manajer kepada petugas meja. Waktu time out posisidicatat. Nanti time out berposisi pemain such sebelum time out.

6. PetugasPertandingan :

a. Setiappertandingan dipimpin malalui 2 (dua) setiap orang wasit, keduanya mempunyai saya bersedia mengurus dankewenangan apa sama. Wasit memberikan gejala dengan membunyikan peluit.

b. Setiappertandingan ada 2 (dua) terhukum garis/pengawas garis help wasit denganmemberi tanda tangan mengangkat/mengacungkan bendera melukis merah, dan bendera satunyamenunjuk pada pemain penyerang apa terkena sentuhan penjaga.

c. 2 (dua) orangpencatat biaya ditempatkan di tepian garis dokter dan 2 (dua) setiap orang di sudutgaris belakang. Petugas pencatat cost bertugas mencatat atau memberi nilaipada penyerang apa telah berhasil melewati panas belakang dan baris di depan.

7. Jalannya permainan

a. Silam permainandimulai diadakan undian regu, apa kalah kemudian penjaga dan yang menang kemudian penyerang.

b. Tim penjagamenempati menempati garis jaganya masing-masing mencapai kedua kaki berada di atas garis, sedangkan regu penyerang siap karena masuk.

c. Bermain dimulai usai wasit membunyikan peluit.

d. Penyerangberusaha melewati panas di depannya dengan menghindari tangkapan, ataukah sentuhandari penjaga.

e. Setiap pemainpenyerang yang telah kesuksesan melewati seluruh garis, dari garis dore sampaigaris belakang, dan dari baris belakngsampai garis dore langsung dapat keuangan permainannya sepertisemula. Demikian seterusnya play berjalan tanpa berhenti, kecuali kalaudiberhentikan oleh wasit karenapenyerang tersentuh/tertangkap, waktu istirahat, pemain making kesalahan danwaktu time out.

f. Kaki penyerangtidak boleh diambil dari baris samping kiri ataukah kanan. Jika penyimpangan satu kaki penyerang diambil dari garis tersebut pidato mati.

g. Kaki penyerangyang telah menginjak mendayung di depannya harus loncatan maju, apabila menarikkaki dari garis yang diinjaknya dinyatakan salah. Penyerang apa berbalik masukpetak dibelakangnya apa telah dilaluinya speech salah atau mati.

h. Penyerang yangtelah dinyatakan salah atau dies oleh wasit, maka bermain harus dihentikan,penyerang dulu penjaga.

i. Penjagaberusaha menangkap/menyentuh penyerang dengan groep terbuka dan jari-jari groep tidakboleh mengepal, dalam posisi kedua kakiberpijak diatas garis.

j. Keamanan tidakboleh menyentuh/menangkap penyerang apa telah melewati baris jaganya.

k. Penjaga tidakboleh menyentuh/menangkap penyerang di dalam posisi badan menghadap usai depan,sedangkan inferioritas tangannya menghadap ke belakang.

l. Penjaga dapatmenyentuh penyerang dengan jatuhkan badan dengan berposisi kedua feet di atasgaris.

m. Penjagadinyatakan sah menyentuh/menangkap penyerang apa telah melewati panas dalamsatu lintasan kejaran penjaga.

n. Keamanan garistengah atau sodor sentuhan/tangkapannya sah just berlaku di ~ garis awalsampai garis belakang.

o. Penggantianpemain diadakan di atas saat bermain berhenti istirahat, time out. Tiap regudiberikan paling banyak 3 kali bukannya, ganti pemain selama pertandingan.

p. Penggantian regupenyerang menjadi regu penjaga atau sebaliknya ditentukan melalui wasit denganmembunyikan peluit nanti :

1) Penjagamenyentuh/menangkap penyerang;

2) kaki penyerangkeluar dari panas samping kiri ataukah kanan;

3) Penyerangberbalik memasukkan petak di belakang apa telah dilaluinya;

4) Penyerang yangtelah menginjak baris di depannya dan menarik kembali kakinya;

5) noël adaperubahan posisi dari penyerang di atas petak di depannya selama 2 (dua) menit.

q. Istirahat

Apabilapermainan telah berjalan 15 menit wasitmembunyikan peluit sign istirahat, dan berposisi pemain dicatat. Play babakke dua dilanjutkan, lokasi pemain sama kemudian saat babak pertama dihentikan.Waktu istirahat 5 (lima) menit.

8. Pelanggaran Dan Hukuman

1. Bagi penjagaapabila :

a. Menyentuh/menangkappenyerang dengan groep di kepal atau meninju penyerang;

b. Mendorongpenyerang mencapai sengaja;

c. Menyerang wasitdan making keributan;

2. Bagi penyerangapabila :

a. Mengait kakipenjaga;

b. Mengganggupenjaga apa telah di lalui;

c. Menyerang danmembuat keributan.

Apabilapenjaga ataukah penyerang melakukan pelanggaran, permaianan dihentikan dan yangmelakukan pelanggaran ditegur ataukah diperingatkan. Jika masih melakukanpelanggaran berikutnya diberi kartu merah dan nilai dikurangi 1 (satu).

9. Nilai

1. Pemain yangtelah mensukseskannya melewati garis depan sampai panas belakang diberi cost 1(satu).

2. Pemain yangberhasil melewati garis belakang sampai garis dokter diberi biaya 1 (satu).

10. PenentuanPemenang

Pemenang ditentukandari besarnya cost setelah pertandingan berakhir selama 2 x 15 menit. Apabila kedua regu memperolehnilai apa sama, maka penentuan pemenang dapat diandalkan dari regu yang memperolehnilai apa tertinggi di atas jumlah biaya di panas depan.

11. Aba-Aba Permainan

1. Wasit :Peluit dibunyikan pada saat dimulainya pertandingan, Pelanggaran pemain, dan berakhirnyapermainan.

a. Pesertadikumpulkan buat memperoleh penjelasan, klakson dibunyikan 2 (dua) kali diikuti senin telapak tanganmelambai kedalam;

b. Permainandimulai, pipa dibunyikan 1 (satu) kali diikuti memanggang kiri lurus menunjukkedalam/ke lapangan;

c. Penjagamenyentuh penyerang, pipa dibunyikan 1 (satu) kali diikuti senin lenganmenggulung di depan dada dan diakhiri senin lengan mengarah ke awal garislintasan;

d. Feet penyerangkeluar mendayung samping kiri/kanan lapangan, tangan kiri menunjuk penyerang yangdimaksud klakson dibunyikan 1 (satu) kali lalu mengikuti gerakan miskin sepertinomor c;

e. Penyerangberbalik masuk petak di belakang apa telah dilaluinya, atau penyerang yangtelah menginjak panas di depannya dan menarik lainnya kakinya, perlakukan samaseperti diatas;

f. Noël adaperubahan posisi dari penyerang di atas petak di depannya selama 2 (dua) menit,peluit dibunyikan 1 (satu) kali disusul dua jari memanggang kiri keatas dan kedualengan menggulung dua kali di dokter dada, kemudian kedua mempersenjatai menunjuk keawal permainan.

2. HakimGaris/pengawas garis.

Mengibarkanbendera diatas saat kejadian :

a. Penjagamenyentuh penyerang, bendera merah diacungkan keatas, dan bendera hijaumenunjuk penyerang apa tersentuh.

b. Keamanan merasamenyentuh penyerang, sentuhan noël signifikan dan dianggap noel sah, benderamerah dan hijau di kibarkan berlawanan di bawah 2 (dua) kali.

Lihat lainnya: Pintek: Biaya Kuliah Adi Buana 2020-2021, Universitas Pgri Adi Buana Surabaya

c. Permainanberakhir, detik bendera di silangkan di depan dada.

Demikian penjelasantentang gawangnya Manfaat dan Peraturan PermainanOlahraga secara tradisional Hadang / Gobak Sodor, selamat berolah raga.