Siaga adalah sebutan buat Babak Pramuka yang berumur selang 7-10 tahun. Dinamakan mengadakan Siaga untuk berdasarkan menjangkau kiasan (kiasan dasar) masa perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika person Indonesia meyiagakan dirinya buat mencapai khanh dengan berdirinya Boedi Oetomo pada five 1908 such tonggak mulai perjuangan negara Indonesia.

Anda sedang menonton: Apa saja tanda kecakapan umum untuk pramuka siaga


Kode kehormatan

Kode Kehormatan untuk Pramuka Siaga benar dua, apa pertama dinamakan Dwi Satya (janji mengadakan Siaga), dan yang kedua dinamakan Dwi Darma (ketentuan morell Pramuka Siaga).

Dwi Satya

Demi kehormatanku, aku berjanji become bersungguh-sungguh:

Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, country Kesatuan Indonesia, dan mengikuti tata krama keluarga. Setiap hari berbuat kebajikan.

Dwi Darma

Siaga berbakti untuk ayah dan ibundanya Siaga pengangkutan dan noël putus asa

Dua kata sandi Kehormatan yang diceritakan di atas adalah distandarkan moral untuk seorang kepanduan Siaga dalam bertingkah laku di masyarakat. Benar jikalau benar seorang babak kepanduan Siaga yang tingkah lakunya noël berdasarkan mencapai standar morel ini, dia belum bisa dinamakan pramuka Siaga seutuhnya.

Satuan

Satuan terkecil di dalam Pramuka Siaga dinamakan Barung. Setiap pemfitnahan Barung dihimpun di dalam sebuah satuan agung yang bernama Perindukan. Barung diberi nama dengan warna semisal, Barung Merah, Barung Hijau dan lain-lain. Sebuah Barung benar babak selang 6 - 10 people Pramuka Siaga dan dipimpin melalui seorang pemimpin Barung (Pinrung) apa dipilih malalui Barung menemani itu sendiri. Masing-masing kursi Barung ini pada saat kemudian akan pilihan satu setiap orang dari mereka yang akan diproduksi dulu Pemimpin Barung Utama apa dinamakan Sulung. Sebuah Perindukan terdiri dari mayoritas Barung yang akan dipimpin oleh Sulung menyertainya tadi.

Syarat Kecakapan

Syarat Kecakapan Umum


*

Syarat Kecakapan Umum (SKU) pengintai Siaga adalah syarat harus apa harus dipenuhi melalui seorang pramuka Siaga buat mendapatkan gejala Kecakapan Umum (TKU). TKU batin Pramuka Siaga tepat tiga tingkat, yaitu:

Siaga Mula Siaga bantu Siaga Tata

Syarat Kecakapan Khusus

Syarat Kecakapan mengkhususkan (SKK) adalah syarat harus apa harus dipenuhi malalui seorang pengintai Siaga buat mendapatkan sign Kecakapan khusus (TKK). TKK di dalam Pramuka Siaga hanya terdiri dari satu angkatan.

Tanda Kecakapan

Tanda Kecakapan Umum

Tanda Kecakapan Umum (TKU) pramuka Siaga bisa dikenakan diatas lengan baju sebelah kiri dibawah sign barung. TKU buat Siaga benar wujud sebuah janur (ini tambahan diambil dari kebiasaan para pahlawan dahulu buat menandakan pangkat seseorang).

Lihat lainnya: Berapa Jam Perbedaan Waktu Indonesia Dengan London Time Converter

Tanda Kecakapan Khusus

Tanda Kecakapan mengkhususkan (TKK) pengintai Siaga tepat wujud segi tiga sama sisi dengan panjang masing-masing sisi 3 cm dan tingginya 2 cm. TKK bisa dipasang di kerang sebelah kanan form setengah lingkaran di sekeliling gejala Kwarda dengan puncak menghadap usai bawah sebanyak 5 buah.

contoh gambarnya tak benar...

Lain-lain

Pembina pengintai Siaga putra dipanggil Yanda dan Pembina Siaga mengadakan putri dipanggil Bunda. Pembantu Pembina kepanduan Siaga putra dipanggil Pakcik dan helper Pembina kepanduan putri dipanggil Bucik.

Lihat pula

SKUBabak biasa

*
Babak pengaktifan Pramuka

Babak muda