Jakarta-Badan pengaturan Penanaman Modal(BKPM) mencatat pengeluaran komitmen investasisepanjang Januari 2016sebesarRp206 triliunatau naik 119 persen dari periode apa samatahun sebelumnya. Posisi tersebut menunjukkanbahwa kepercayaan investor tetap tinggi daniklim investasi dengan tegas kondusif buat mencapaitarget realisasi investasi tahun ini di kadarnya Rp545,4triliun."Komitmen investasi yang masuk melaluiizin prinsip menunjukkan bahwa daya tarik untuk berinvestasi di Indonesia masih ditinggikan di tengahperlambatan ekonomi serta berbagai kesulitan yang dialami oleh dunia usaha," ujar major BKPMFranky Sibarani dalam konferensi pers di kantorBKPM, Jakarta, Rabu (3/2).

Anda sedang menonton: Apa saja yang menjadi daya tarik untuk berinvestasi di indonesia

Kenaikan komitmen investasi tersebut merupakan kontribusi dari penanaman modal batin negeri(PMDN) sebesar Rp36 triliun apa naik 261 persendan penanaman modal asing (PMA) sebesar Rp168triliun yang meningkat 101 persen dibandingkanperiode yang sama five sebelumnya.

Menurut Franky, deviasi satu engine utamakenaikan komitmen investasi adalah layananizin investasinya tiga jam yang diluncurkan WakilPresiden Jusuf Kalla diatas 11 januari 2016. "Darinilai komitmen lnvestasi sepanjang bulan Januariyang memasukkan melalui kebenaran tiga kota tercatat tujuhperusahaan senilai Rp31,8 triliun atau parity dengan 15 persen," kata Franky.

Ke depan diharapkan investasi apa masukdari layanan izin tiga pukul akan terus meningkat.Halini ditandai dengan berbagai kegiatan promosiinvestasi apa dilakukan baik di di dalam negeri maupun di luar pegeri. Pekan ini, BKPM setiap hariselama satu minggu menggelar investors Forum apa menghadirkan 100 - 150 investors potensial untuk mempromosikan layanan kebenaran investasi tiga jam."Kemarindengan 150 investor Korea Selatan, hariini mencapai 142 investor dari negarawan (AS)dan Eropa," jelasnya.

Sementara dari asal negara, kata dia, Singapuramendudukiperingkat teratas komitmen investasiyang dilampiri dengan pengeluaran komitmen US$ 7,5 miliar,diikuti ASsebesar US$ 2,8 miliar, Korea SelatanUS$ 280 juta,Jepang US$ 132 juta dan MalaysiaUS$ 105 juta. "Dari 10 bangsa prioritas, Singapuramencatatkan komitmen lnvestasi terbesar, atautumbuh 413 persen karena periode januari 2015-2016," ungkapnya.

Franky menuturkan, komitmen investasi ke 10negara prioritas naik 251 persen. Biladitotal, 10negara prioritas ini juga menyumbang 91 persen daritotal komitmen investasi apa masuk ke Indonesia. "Tim marketing officer BKPM dialokasikan untukmengawal 10 negara prioritas tersebut," lanjutnya.

Sedangkan terkait sektor, Franky menggarisbawahi kenaikan di industri manufaktur. Komitmeninvestasi di sektor manufaktur sebesar Rp90 triliun,atau ditanam 164 persen dibandingkan periodesebelumnya. "Komitmen industri manufakturtersebut porsinya 43% dari kasar investasiyangmasuk di seluruh sektor," pungkasnya.

Sumber: http://www.beritasatu.com/ekonomi/346938-januari-2016-komitmen-investasi-tumbuh-119-persen.htmldiakses diatas tanggal 27Februari 2016 pukul 08:37 WIB.

Lihat lainnya: Aku Tak Tahu Kita Memang Tak Mungkin Lirik, Lirik Lagu Maafkan Terlanjur Mencinta


Apa saja yang menjadi daya tarik karena berinvestasi di Indonesia?

*


Menurut laporanBadan koordinasi Penanaman Modal(BKPM) mencatat bahwa cost komitmen investasisepanjang Januari 2016sebesarRp206 triliun, naik sebesar 119%dari periode yang samatahun sebelumnya. Meningkatnya nilai komitmen ini menandakan bahwa semakin tertariknya para investor domestik ataupun investor asing untuk menanamkan invesasinya di Indonesia, hal ini dipengaruhi melalui beberapa faktor, seperti:

Iklim investasi yang tetap kondusif di Indonesiamempromosikan layanan benar investasi tiga jam.
*