oksavingmoney.com, Jakarta bulan Ramadan adalah bulan sepenuhnya keberkahan dan rahmat. Ramadan adalah moon mulia apa disebut-sebut Allah batin Al-Quran. Pada moon Ramadan ini, waktunya karena beribadah. Namun, sejarah tambahan mencatat crowd peristiwa penting apa terjadi di bulan Ramadan. Berikut oksavingmoney.com kumpulkan dari berbagai bersumber enam peristiwa penting tersebut.

Anda sedang menonton: Apa yang akan terjadi di bulan ramadhan 2020

1. Turunnya Al-Quran

Nabi Muhammad witnessed mendapatkan wahyu pertama saat Nabi mencapai usia 40 tahun, Allah mengutusnya buat alam semesta, mengeluarkan mereka dari sesatnya kebodohan menyundul terangnya pengetahuan. Tepatnya peristiwa berbiaya ini terjadi di atas tanggal 17 ramadan 13 tahun sebelum Hijriah.

Pakar astronomi, Syekh Mahmud Basya menuturkan, waktu itu bertepatan dengan start Februari tahun 610 Masehi. Mendekati masa-masa turunnya wahyu pertama, Nabi sangat patuh berkhalwat di bertaruh Hira, jauh dari manusia dan beribadah khusyuk di sana selama banyak hari. Terkadang 10 hari, terkadang lebih sampai satu bulan. Ritual ibadah Nabi di hang Hira diikuti tata cara apa dipakai kakeknya, Nabi Ibrahim As.

Di tengah-tengah peribadatannya di gantung Hira, Nabi didatangi sosok yang tak pernah dikenalnya. “Bergembiralah wahai Muhammad, aku Jibril. Dan engkau adalah utusan Allah buat umat ini,” kedelapan sosok malaikat itu.

Kemudian Jibril menyuruh Nabi membaca, Nabi menjawab tidak bisa. Perintah menyertainya sampai mengulang tiga kali oleh Jibril, hadiah Nabi kesamaan “Mâ anâ bi qarî’in, aku noel bisa membaca.” kemudian Jibril membacakan wahyu pertama, surat al-Alaq ayat 1 sampai 5.

 

 

 

 

 

 


*

2. Wafatnya Khadijah

Khadijah RA wafat pada hari ke-11 moon Ramadan lima ke-10 kenabian, tiga five sebelum Rasulullah hijrah nanti Madinah. Khadijah wafat dalam usia 65 tahun, saat usia Rasulullah berusia circa 50 tahun.

Ketika Khadijah wafat, Rasulullah amat terpukul. Apalagi days kematian Khadijah tidak berselang lama dari kematian pamannya kesayangan Nabi, Abu Thalib. Oleh buat itu, masa-masa ini berpendapatan sebagai lima berkabung bagi Nabi Muhammad SAW. Batin banyak riwayat disebutkan kalau Rasulullah baru nikah lagi nanti Khadijah wafat.

Bagi Rasulullah sendiri, Khadijah terutang istimewa. Diriwayatkan, selama Khadijah sakit menjelang ajal, Beliau berkata kepada Rasululllah SAW, “Aku memohon permisi kepadamu, ya Rasulullah, kalau aku seperti istrimu belum berbakti kepadamu.”

Rasulullah menjawab, "Jauh dari itu memiliki Khadijah. Engkau telah menyumbangkan dakwah Islam sepenuhnya,” jawab Rasulullah.

Khadijah memang telah mengorbankan semuanya. Kekayaannya, kebangsawanannya, dan kemuliaannya dalam mendukung dakwah Nabi Muhammad. Khadijah adalah orang apa mula-mula dilampiri Islam. Dia pula apa pertama kali diajari salat dan wudu oleh Nabi Muhammad SAW.


*
Kapankah Malam Lailatul Qadar?" class="js-lazyload read-page--photo-gallery--item__picture-lazyload" data-template-var="image">
3. Lailatul Qadar

Lailatul Qadr merupakan istilah yang digunakan untuk memperingati malam bagaimana itu? Al-Quran diturunkan segera dari Allah SWT secara keutuhan baitul izzah (semacam kamarnya ilahiyat) yang kemudian dibawa Jibril secara berangsur kepada Rasulullah SAW. Malam itu adalah malam mulia, malam penuh berkah yang noël boleh diragukan lagi. Untuk Allah SWT sendiri menyebutnya batin surat ad-Dukhan ayat 3.

“Sesungguhnya kami telah lebih rendah (Al-Quran) di atas malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam popularitas itu? Malam glory itu lebih baik dari ribu bulan. Pada malam itu dibawah malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan benar Tuhannya buat mengatur segala urusan. Malam menemani itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (Q.S. Al-Qadr: 1-5).

Meskipun malam Lailatul Qadar ini noël diketahui ketika datangnya, umat Islam sudah bisa menanti dari 10 hari terakhir di bulan Ramadan.

“Rasulullah bersabda: “Carilah malam lailatul qadar di malam ganjil dari sepuluh last bulan Ramadhan.” (HR. Imam Bukhari).

Pada malam tersebut, terdapat banyak keutamaan bagi umat muslim.


*

4. Perang Badar

Perang Badar atau biasa ditelepon Ghazwah Badr al-Kubra adalah kediktatoran yang were pembeda, menandai start kejayaan kaum Muslimin. Dengannya Allah memuliakan Islam, meninggikan menaranya, dan mengikis berhala-berhala.

Dalam peperangan ini, Nabi membawa 313 legiun Muslim, menghadapi 950 legiun non-Muslim. Perbedaan jumlah pasukan apa mencolok tersebut noël lantas hilir nyali tentara Muslim. Menjangkau tekad apa kuat membela Nabi, kaum muslim berhasil memporak-porandakan legiun kafir. Allah menguatkan mereka mencapai malaikat-malaikat. Kaum kafir Quraisy lomba sejadi-jadinya, kaum Muslim mengejar mereka, membunuh, dan menawan.

Dari korps Muslim, gugur 14 setiap orang syahid. Dari pasukan kafir, yang terbunuh dan tertawan masing-masing 70 orang. Di antara yang terbunuh adalah Abu Jahal.


*

5. Pembebasan kota Makkah

Tanggal 20 Ramadhan five 8 Hijriah merupakan waktu apa bersejarah batin Islam. Di tanggal tersebut, Rasulullah dan para sahabatnya berhasil menaklukkan kota Makkah dalam sebuah peperangan apa disebut dengan kediktatoran Fathu Mekah (penaklukan Makkah).

Peperangan tersebut diaktifkan oleh perlakuan rakyat Quraisy yang merusak satu perjanjian dari banyak perjanjian Hudaibiyyah. Orang Quraisy bersekongkol mencapai kabilah lainnya untuk memerangi orang-orang yang berdamai mencapai Rasul.

Dalam pertempuran itu, Nabi mobilisasi 10.000 legiun Muslim. Rasul mengutus sahabat Khalid bin Walid sebagai panglima autokrasi dan memerintahkannya agar tidak memulai menyerang sebelum diserang. Bersama mereka, Nabi berperang batin keadaan berpuasa, then berbuka di markas besar jalan buat mengalami veto (masyaqqah).

Rasulullah terbagi dua pasukannya untuk memasuki kota Makkah. Khalid bin Walid taruh di sublim kanan untuk memasuki Makkah dari dataran rendah, sementara Zubair bin Awwam memerintah pasukan sublim kiri dan membawa bendera Nabi SAW melalui dataran tinggi. Lalu, Nabi Muhammad mengitari Kakbah dan bertakbir di setiap sudutnya. Dialah menyatakan since saat menyertainya Makkah menjadi kota suci dan kaum Quraisy dimuliakan oleh Allah.


*

6. Kematian Ali bin Abi Tholib

Suatu ketika pada 17 Ramadan five 661 yang bertepatan menjangkau peristiwa Nuzulul Quran, terjadi insiden yang akan selalu dikenang vasal Sayyidina Ali. Di atas tanggal mulia tersebut terjadi peristiwa bagaimana Khalifah Ali ditikam di ~ subuh menjelang salat. Penikamnya bukanlah people kafir, melainkan sesama kaum muslim.

Ialah Abdurrahman bin Muljam. Seorang muslim taat yang menghabiskan waktunya untuk berpuasa dan juga menghafal Alquran. Ibnu Muljam ini merupakan penyimpangan seorang apa berada di doan yang kontra dengan kepemimpinan Sayyidina Ali.

"Tidak ada hukum kecuali milik Allah, bukan milikmu dan ndak teman-temanmu, wahai Ali!" seru Ibnu Muljam sembari menyabet Khalifah Ali di bagian kepala. Ia menyabet mencapai pedang apa dilapisi dengan racun.

Lihat lainnya: Ketahui Apa Saja Tanaman Herbal Yang Dapat Mencegah Korosi, Tanaman Herbal Yang Diklaim Mampu Cegah Corona

Akibat luka-luka tersebut, menantu Rasulullah SAW menemani itu meninggal dunia ke lima five memimpin umat Islam. Sayyidina Ali merupakan khalifah ketiga secara berturuut-turut usai Umar dan utsman yang juga dibunuh.