*

oksavingmoney.com - Indonesia dinilai mengalami kemunduran di daerah penegakan hukum dan pemberantasan korupsi saat ini.

Anda sedang menonton: Apa yang di maksud dengan korupsi

Sebenarnya apa pengertian korupsi, penyebab orang melakukan korupsi dan impact korupsi?

Baca juga: Mahfud MD Akui Pemberantasan Korupsi innate Kemunduran, tetapi...

Pengertian korupsi

Dikutip dariSay No come Korupsi (2012) karya Juni Sjafrien Jahja, kata korupsi dari bahasa Latin corruptio atau corruptus apa berasal dari bahasa Latin apa lebih başı corrumpere.

Istilah korupsi di dalam bahasa Inggris corruption dan corrupt, dalam bahasa perancis corruption dan dalam bahasa Belanda corruptie yang were kata korupsi di dalam bahasa Indonesia.


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email


Henry Campbell Black batin Black"s legislation Dictionary restoran korupsi adalah perbuatan apa dilakukan dengan niat memberikan banyak keuntungan yang bertentangan dengan tugas dan hak orang lain.

Perbuatan seorang pejabat atau seorang reins kepercayaan yang secara bertentangan mencapai hukum, secara relection menggunakan kekuasaannya untuk mendapatkan keuntungan untuk dirinya sendiri atau untuk orang lain, bertentangan dengan tugas dan hak setiap orang lain.

Baca juga: Jokowi minta Mahfud MD Kawal Penuntasan Kasus Korupsi geram

Dalam Kamus geram Bahasa Indonesia (KBBI) dijelaskan sekitar pengertian istilah korupsi (kata sifat) dan korupsi (kata benda).

Korup adalah buruk, rusak, busuk. Arti lain korup adalah shang memakai barang (uang) apa dipercayakan kepadanya; dapat disogok (memakai kekuasannya untuk kepentingan pribadi).

Mengkorup adalah merusak, menyelewengkan (menggelapkan) barang (uang) milik perusahaannya (negara) tempat kerjanya.

Korupsi adalah penyelewengan atau penyalahgunaan uang bangsa (perusahaan dan sebagainya) buat keuntungan luaran atau people lain.

Mengkorupsi adalah menyelewengkan atau menggelapkan (uang dan sebagainya).

Baca juga: Perjuangan Lawan Korupsi adalah Perjuangan melawan Kemiskinan

Menurut Kamus Oxford, korupsi adalah tua tidak jujur atau ilegal, terutama dilakukan orang yang berwenang.

Arti lain korupsi adalah tindakan atau efek dari membuat seseorang berubah dari standar başı moral menjadi noël bermoral.

Berdasarkan Undang-undang numeral 31 lima 1999, korupsi adalah tindakan setiap orang yang secara resisten hukum melakukan perbuatan memperkaya diri sendiri atau people lain atau suatu korporasi apa dapat merugikan secara finansial negara atau perekonomian negara.

Korupsi juga diartikan seperti tindakan setiap orang yang dengan hasil menguntungkan diri sendiri atau orang lain ataukah suatu korporasi.

Juga melecehkan kewenangan, kesempatan atau sarana yang ada padanya buat jabatan ataukah kedudukan yang dapat merugikan fiskal negara atau perekonomian negara.

Baca juga: keunggulan soal Pencegahan Korupsi, Ini apa Dilakukan Pemkab Lamongan

Apa bangsaaksi korupsi?

Mengapa rakyat memilih were korup daripada jujur?

Bagi sebagian orang, were korup bisa cara termudah atau memang satu-satunya cara untuk mendapatkan maafkan saya yang mereka inginkan.

Suatu kali, sarapan merupakan cara mudah karena menghindari hukuman.

Untuk menjelaskan basi korupsi, ada pemfitnahan teori yang mengemukakan alasan orang melakukan tindakan korupsi. Berikut teori yang paling umum:

Baca juga: Kasus Dugaan Korupsi di BTN afiliasi Batam, Kejaksaan Agung Masih Tunggu Penghitungan Kerugian Negara

Teori Triangle Fraud (Donald R. Cressey)

Ada tiga penyebab kenapa orang korupsi yaitu adanya desakan (pressure), kesempatan (opportunity) dan rasionalisasi (rationalization).

Teori unable to do (Jack Bologne)

Faktor-faktor penyebab korupsi adalah keserakahan (greed), kesempatan (opportunity), kebutuhan (needs) dan penyingkapan (expose).

Teori CDMA (Robert Klitgaard)

Korupsi (corruption) terjadi untuk faktor force (directionary) dan monopoli (monopoly) yang noël dibarengi mencapai akuntabilitas (accountability).

Teori Willingness and Opportunity

Menurut teori ini korupsi bisa terjadi bila ada kesempatan akibat kelemahan asetnya atau kurangnya pengawasan dan keinginan yang didorong untuk kebutuhan ataukah keserakahan.

Teori cost Benefit Model

Teori ini menyatakan bahwa korupsi terjadi jika manfaatnya korupsi yang didapat atau merasa lebih geram dari nilai atau risikonya.

Baca juga: Mampu Cegah Korupsi, bupati Banggai Herwin yatim Raih diberikan KPK

Apa tabrakan korupsi?

Korupsi adalah hal apa konstan dalam masyarakat dan terjadi di setiap orang peradaban.

Korupsi mewujud dalam berbagai bentuk serta disebabkan berbagai dampak, baik di ~ ekonomi dan masyarakat luas.

Berbagai penelitian maupun studi komprehensif soal tabrakan korupsi terhadap ekonomi dan juga masyarakat luas telah banyak dilakukan hingga saat ini.

Hasilnya, korupsi jelas menimbulkan tabrakan negatif.

Di antara penyebab paling umum korupsi adalah lingkungan politik dan ekonomi, etika profesional dan moralitas, serta kebiasaan, adat istiadat, tradisi dan demografi.

Korupsi amblesnya pertumbuhan ekonomi dan berefek operasi bisnis, lapangan kerja, dan investasi.

Korupsi tambahan mengurangi pendapatan perpajakan dan efektivitas berbagai program bantuan keuangan.

Tingginya tingkat korupsi diatas masyarakat diskursif berdampak diatas menurunnya kepercayaan terhadap bertindak dan supremasi hukum, training dan akibatnya kualitas hidup, sebagai akses ke infrastruktur hingga perawatan kesehatan.

Baca juga: Pernah Ada Kasus Korupsi, Tasikmalaya militer Dapat Bantuan Keuangan tertinggi di Jabar

Secara ringkas, dampak masif korupsi dapat dirasakan di dalam berbagai field antara lain :

Dampak ekonomiDampak sosial dan kemiskinan masyarakatDampak birokrasi pemerintahanDampak politik dan demokrasiDampak terhadap penegakan hukumDampak terhadap pertahanan dan keamananDampak kerusakan lingkungan

Meski studi tentang korupsi terus berjalan, namun belum ada solusi pasti batin memberantas korupsi hingga saat ini.

Sebab, suatu cara menangani korupsi bisa efektor di satu negara atau di satu kanton tapi belum tentu berhasil di negara lain.

Lihat lainnya: Apa Manfaat Gaya Dalam Kehidupan Sehari-Hari, Manfaat Gaya Pada Kehidupan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap days dari oksavingmoney.com. Mari bergabung di Grup telegram "oksavingmoney.com news Update", caranya klik link https://t.me/oksavingmoney.comcomupdate, then join. Anda harus install aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.