Menurut Kamus besar Bahasa Indonesia (KBBI), Puisi adalah ragam sastra apa bahasanya terikat malalui irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait.

Anda sedang menonton: Apa yang di maksud dengan puisi

Gubahan dalam bahasa yang bentuknya dipilih dan ditata secara cermat. Sehingga mempertajam kesadaran orang become pengalaman dan stimulasi tanggapn mengkhususkan lewat menaikkan bunyi, kecepatan dan makna khusus.

*

Membantu


*

Kurang Membantu


Secara umum, puisi adalah sebuah tujuan karya sastra apa berasal dari ungkapan atau curahan perasaan dan pemikiran seorang penyair. Puisi dibuat atas mendasar ungkapan perasaan penyair mencapai rangkaian bahasa yang indah.

Jenis-jenis puisi, yaitu:

1. BaladaPuisi ini berisi cerita tentang orang-orang perkasa ataupun tokoh pujaan.

2. ElegiSeperti namanya, elegi dibuat untuk menyampaikan dukacita atas kematian ataukah kepergian orang apa dicintai. Isi dari elegi hanya akan berkisar tentang kekacauan dan keluh-kesah.

3. EpigramEpigram berasal dari bahasa Yunani ‘epigramma’ yang berarti pengajaran. Puisi baru ini berisi kyung nasihat buat dijarikan pedoman orang-orang search kebenaran.

4. HimnePuisi baru ini berisi kyung pujian atau pujaan kepada kawanan hal, mulai dari negara air, pahlawan, hingga Tuhan. Dahulu, himne dipakai karena menghormati para tuhan dan tetua apa telah memimpin selama bertahun-tahun. Himne pun berkembang untuk menghormati almamater dan guru yang sudah rela menuntut ilmu dan membagikannya di beraliran kebaikan.

5. OdePuisi baru yang satu ini juga dipakai untuk menyanjung sesuatu ataukah seseorang. Selang dan penyampaiannya pun harus anggun dan resmi. Selain digunakan untuk menjunjung para guru besar, ode tambahan bisa dipakai karena orang basi yang cantik membesarkan anak-anaknya hingga dewasa.

6. RomansaPuisi ini banyak used oleh orang-orang apa sedang memukul cinta. Romansa berasal dari bahasa perancis ‘romantique’ apa berarti kecantikan, kecantikan perasaan; persoalan kasih sayang; dan kasih mesra.

7. SatireSatire berasal dari kata ‘satura’ apa berarti sindiran, kecaman, atau ketidakpuasan hati. Puisi baru ini memang digunakan untuk mengkritik orang-orang atau pimpinan zalim yang tidak memedulikan raktyatnya.

Lihat lainnya: Surat Al Kafirun, Arti Dari Surat Al-Kafirun, Surat Al Kafirun Ayat 1

Dengan demikian,puisi adalah sebuah tujuan karya sastra apa berasal dari ungkapan atau curahan perasaan dan pemikiran seorang penyair dengan bahasa yang indah. Puisi terdiri dari mayoritas jenis, yaitu balada, elegi, epigram, himne, ode, romansa, dan satire.

*