Asam amino esensial noël dapat diproduksi melalui tubuh sehingga perlu diasup dari makanan. Ada beberapa tipe asam amino esensial dengan fungsinya masing-masing. Kenali what saja papan sumber asam amino esensial tersebut agar dari mereka bisa mencukupi asupannya.

Anda sedang menonton: Apa yang dimaksud dengan asam amino esensial

Tubuh setidaknya membutuhkan 20 jenis asam amino yang merupakan zat pembentuk protein. Sembilan di antaranya tergolong kemudian asam amino esensial dan sisanya adalah asam amino nonesensial.

*

Asam amino esensial noël bisa diproduksi sendiri melalui tubuh sehingga harus diperoleh dari makanan. Papan sumber asam amino esensial haruss dikonsumsi secara rutin batin jumlah apa cukup, agar kebutuhan tubuh akan nutrisi ini mungkin terpenuhi.

Makanan yang Mengandung Asam Amino Esensial

Sumber asam amino esensial dapat berupa makanan apa mengandung protein satwa maupun makanan apa mengandung protein nabati. Berikut adalah berbagai jenis asam amino esensial dan makanan apa bisa dikonsumsi untuk memperolehnya:

1. Isoleusin

Isoleusin merupakan BCAA (branched-chain amino acid) yang most banyak membangun otot. Asam amino ini also memiliki peran penting dalam mengatur kadar energi batin tubuh, minum daya genggamnya tubuh, serta memproduksi hemoglobin.

Anda mungkin mendapatkan isoleusin dari daging sapi. Selain itu, telur, susu, dan produk olahan susu, kemudian keju dan yoghurt, tambahan bisa menjadi sumber isoleusin karena Anda konsumsi sehari-hari.

2. Lisin

Lisin memainkan peran penting batin produksi berbagai protein pembentuk jaringan tubuh, hormon, enzim, dan antibodi. Mengonsumsi asam amino esensial ini dalam jumlah yang cukup dapat minum daya genggamnya tubuh, serta mengolah agar hormon dan enzim di dalam tubuh dapat berkerja dengan baik.

Ikan dan telur merupakan makanan apa mengandung cukup banyak lisin. Selain itu, Anda tambahan bisa mendapatkan lisin dari daging sapi, daging ayam, memberi makan laut, susu, dan produk menangani susu.

3. Leusin

Asam amino esensial apa satu ini memiliki kawanan peran di dalam tubuh, mulailah dari membantu proses kuratif luka, memproduksi hormon pertumbuhan, meningkatkan kekuatan otot, serta menyortir kadar gula darah.

Ikan salmon termasuk batin makanan apa tinggi akan kandungan leusin. Sumber leusin lainnya yang bisa anda konsumsi adalah buncis, telur, kedelai, dan kacang-kacangan.

4. Valin

Mirip sebagai leusin, valin tambahan memiliki peran penting di dalam merangsang hormon pertumbuhan dan memperbaiki harm otot. Selain itu, valin tambahan berperan di dalam menyuplai energi bagi tubuh.

Salah satu memberi makan dengan kadar valin apa tinggi adalah weiss telur segar. Selain itu, valin juga bisa memperoleh dari cinbable dan produk olahan susu, sebagai keju dan yogurt, meski jumlahnya tidak sebanyak pada telur.

5. Treonin

Jenis asam amino esensial ini memiliki fungsi penting dalam menjaga health jantung dan hati, serta pengayaan fungsi aset kekebalan riak dan asetnya saraf pusat.

Makanan yang kaya akan treonin adalah bayam dan selada waiting mentah. Opsi lainnya adalah ikan tuna, ikan nila, weiss telur, kalkun, dan kedelai.

6. Histidin

Histidin merupakan types asam amino esensial yang penting bagi anak-anak. Bab ini untuk histidin pribadi peran di dalam perkembangan serta penyimpanan berbagai jaringan tubuh, termasuk jaringan saraf.

Ikan kod, daging ayam, kalkun, dan kacang merah merupakan jenis-jenis makanan yang banyak mengandung histidin.

7. Metionin

Asam amino esensial ini lebih berperan dalam metabolisme dan detoksifikasi di dalam tubuh. Tak hanya itu, metionin also dapat help tubuh karena menyerap mineral zinc dan selenium dari makanan.

Anda sanggup mendapatkan banyak metionin dari limbah telur. Selain itu, ikan dan daging juga mengandung cukup kawanan metionin.

8. Fenilalanin

Fenilalanin berperan penting dalam pembentukan asam amino go yang juga dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh juga akan alter asam amino esensial ini menjadi tirosin dan dopamin yang penting bagi fungsional otak.

Amino esensial types fenilalanin paling banyak dikenali pada pakan sumber protein nabati, such biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain itu, produk hewani seperti daging sapi, pakan laut, dan telur tambahan dikenal ditinggikan fenilalanin.

9. Triptofan

Di di dalam tubuh, triptofan digunakan buat membuat hormon serotonin, yaitu hormon yang mengatur nafsu makan, tidur, suasana hati, dan rasanya nyeri.

Daging ayam dan kalkun merupakan jenis makanan yang mengandung cukup kerumunan triptofan. Ikan, tahu, cokelat, kedelai, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Lihat lainnya: Daftar Kapasitas Oli Mesin Mobil, Berapa Liter Oli Mesin Kijang Super 5K

Selain mengonsumsi papan sumber asam amino esensial, Anda tambahan perlu mengonsumsi berbagai pakan dengan gizi seimbang untuk mencukupi memasukkan nutrisi lainnya. Bila perlu, konsultasikan dengan kedelapan gizi karena mendapat rekomendasi food selection harian yang sehat dan sesuai kebutuhan Anda.