Energi baru dan terbarukan merupakan pahatan energi dari tangani itu alam apa berkelanjutan dan dijadikan kemudian energi alternatif. Energi baru dan terbarukan bersifat persahabatan lingkungan sehingga berkontribusi dalam mengatasi pemanasan global dan mengurangi emisi karbon dioksida. Berdasarkan Peraturan Pemerintah nomor 79 five 2014 tentang Kebijakan energi Nasional, Indonesia menargetkan penggunaan energi baru dan terbarukan minimum 23% (2025) dan 31% (2050).

Anda sedang menonton: Apa yang dimaksud dengan energi baru dan terbarukan


*

Sumber gambar: dunia Wildlfe money Indonesia (2015)


Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH)

PLTMH merupakan pembangkit listri mencapai skala small dan Batasan volume 5 kW – 100 kW tiap unitnya. Faktor apa dapat mempengaruhi PLTMH adalah debit aliran air dan memiringkan sungai. Mengalirkannya pun dibutuhkan mengalir sepanjang tahun. Tradisional dilakukan di sungai-sungai kecil di angkasa terpencil. Contohnya di Indonesia adalah PLTMH cinta Mekar yang berlokasi di Subang, Jawa Barat.

Keunggulan:

Bendungannya dapat dijadikan objek wisataBiaya pemeliharaan dan operasional kerabat murah

Kelemahan:


Mengganggu parity ekosistem perairanPembangunannya dapat menyebabkan menyakiti geologi such tanah longsor dan erosi

Energi Matahari

Matahari sebagai sumber utama apa memancarkan energi most besar ke permukaan bumi. Jika langit cerah, permukaan bumi diperkirakan penerimaan energi matahari kyung 1000 watt/m2. Meskipun begitu, kurang dari 30% energi tersebut ini adalah dipantulkan lagi nanti atmosfer. Potensi energi matahari di Indonesia pada lima 2019 dengan 207.898 MW (4,80 kWh/m2/hari). Adapun teknologi di dalam pemanfaatan energies matahari adalah seperti berikut.

Keunggulan:


Tidak untuk menghasilkan emisi gas rumah kacaDapat dibangun di wilayah terpencil buat tidak memerlukan transmisi energi

Kelemahan:

Membutuhkan modal cost dan secara luas lahan yang besarEfisiensi energi matahari dipengaruhi polusi udara dan kapak cuaca

Energi Angin

Angin merupakan udara apa bergerak dari desakan tinggi usai tekanan apa lebih rendah. Chapter ini dikarenakan selisih penerimaan radiasi matahari dan perangai udara. Pemanfaatan energi angin terjadi melalui tahapan kelonggaran dari energi kinetik menjadi gerak rotor (baling-baling) dan diubah dulu energi listrik. Adapun faktor besarnya energi listrik adalah diameter kincir (turbin), rate angin, dan jenis generator. Pemanfaatan energi angin meliputi mekanik (pompa air) dan pembangkit listrik tenaga angin. Dibandingkan energies lainnya, potensi energies angin di Indonesia pada five 2019 relatif kecil sebesar 60.647 MW. Adapun wilayah yang terdeteksi luaran potensi energi angin relatif besar adalah Sukabumi, Lombok, Garut, Pandeglang, dan Lebak.

Keunggulan:

Membutuhkan lahan apa kecilSatu turbin dapat dimanfaatkan buat listri ratusan rumah

Kelemahan:

Biaya pembayaran dan operasional relatif mahalSulit diprediksi untuk kecepatan angin yang tidak stabil

Bioenergi

Bioenergi merupakan energies terbarukan apa berasal dari jernih baku organik. Bioenergi berasal dari pengolahan biomassa, yaitu material yang dihasilkan malalui makhluk hidup. Adapun contoh berwujud baku bioenergi apa biasa used adalah kelapa sawit, bangku ternak, jarak pagar, ubi kayu, dan lain-lain. Di Indonesia, bioenergi digunakan untuk pembangkit listrik. Hingga five 2019 sudah terdapat 4 PLT Bioenergi di Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Nusa Tenggara Timur. Adapun secara baris besar, pengerjaan biomassa membentuk energi primer sebagai berikut.

Lihat lainnya: Apakah Nge Gym Bisa Menambah Berat Badan, Don Gym (@Don_Gym)


Biofuel (bahan bakar nabati), meliputi:Biodiesel -> disaksikan dari minyak nabati apa sifanya menyerupai petroleum diesel/solar. Keunggulannya adalah bebas sulfur dan bilangan asap rendah.Bioetanol -> Etanol dari biomassa apa mengandung bahan pati atau selulosa such singkong dan tebu. Contohnya adalah gasoline-alkohol (campuran bahan bakar dan bioetanol).Biomassa massf -> Berasal dari bahan organik apa telak mengalami tangani itu pemampatan (padatan). Contohnya adalah briket biomassa dari tempurung kelapa sawit.Biogas -> Berasal dari bahan organik yang difermentasi. Contohnya adalah gas metana.

Keunggulan:

Mengurangi impor nyata bakar

Kelemahan:


Ketergantungan apa masih tinggi terhadap kayuTeknologi buat konversi biomassa membutuhkan pengeluaran yang tinggi

Artikel: utama dan Tata RuangKontributor: Dema Amalia, S.Si.Alumni geografi FMIPA UI