Interaksi sosial adalah tautan timbal balik antara individu menjangkau individu, individu mencapai kelompok, maupun dicuri dengan doan lain.

Anda sedang menonton: Apa yang dimaksud dengan interaksi asosiatif


oksavingmoney.com - Bentuk umum dari sebuah proses sosial adalah interaksi sosial. Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang dinamis antara individu mencapai individu, individu dengan kelompok, maupun dicuri satu dengan doan lainnya. Interaksi sosial akan terjadi apabila memenuhi dua syarat, yaitu kontak dan komunikasi. Kontak sosial bersifat primer apabila pihak-pihak yang mengadakan menghubung langsung pertemuan dan bertatap muka, sementara kandungan bersifat sekunder apabila kontak yang terjadi butuh perantara.Ciri-ciri dari interaction sosial yakni pelakunya lebih dari satu orang, terjadi komunikasi antara pelaku oleh kontak sosial, serta memiliki tujuan yang jelas.
Interkasi sosial dapat terjadi antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan dicuri dengan kelompok.

Ciri-Ciri interaksi Sosial

Berikut ini adalah ciri-ciri interaction sosial menurut e-modul Pembelajaran Sosiologi SMA Kelas X (2020):Pelakunya lebih dari satu orang.Ada komunikasi di antara pelaku oleh kontak sosial.Mempunyai dengan sengaja dan tujuan apa jelas, terlepas dari sama atau tidaknya tujuan tersebut dengan yang diperkirakan pelaku.Ada dimensi waktu (masa lampau, masa kini, dan masa datang) yang akan menentukan sikap aksi yang sedang berlangsung.

Bentuk-Bentuk interaksi Sosial

Bentuk interaksi sosial membagi atas dua, yaitu interaction sosial asosiatif dan disosiatif, bagian belakang dikutip dari e-modul Pembelajaran Sosiologi SMA Kelas X (2020):.

1. Interaction Sosial Asosiatif

Bentuk-bentuk interaction sosial asosiatif di antaranya adalah kerja sama, akomodasi, akulturasi, dan asimilasi. Kerjasama adalah suatu bentuk interaksi sosial bagaimana orang-orang atau kelompok-kelompok bekerja sama, saling silakan menolong buat mencapai sasaran bersama. a. Kerja SamaAda beberapa types kerja sama, antara lain : Gotong-royong, yakni kerja sama apa dilakukan malalui beberapa rakyat secara sukarela demi mencapai hasil bersama.Bargaining, yakni bentuk kerja sama batin kegiatan perdagangan baik barang atau jasaKooptasi, yakni bentuk merencanakan sama dengan resepsi unsur-unsur baru batin ketatanegaraan atau suatu organisasi untuk menghindari adanya konflik.Koalisi, yakni bentuk action sama antara dua berhenti atau lebih apa memiliki gawangnya sama.Joint-venture, yakni bentuk merencanakan sama di dalam perusahaan proyek khusus, seperti pengeboran minyak dan perhotelan.b. AkomodasiAkomodasi adalah proses penyesuaian diri individu atau dicuri manusia yang dilakukan such upaya untuk mengatasi ketegangan. Bentuk-bentuk dari akomodasi yakni seperti berikut : Koersi, yakni bentuk akomodasi apa berlangsung karena paksaan pihak yang kuat terhadap pihak yang lemah.Kompromi, yakni bentuk akomodasi bagaimana itu? pihak-pihak terlibat perselisihan saling meredakan tuntutan sehingga tercapai suatu settling bersama.Arbitrase, yakni bentuk akomodasi yang terjadi jika pihak yang berselisih noël bisa berkompromi sendiri, sehingga mengundang pihak ketiga apa netral karena menyelesaikannya.Mediasi, yakni bentuk akomodasi apa terjadi menjangkau mendatangkan pihak ketiga such penengah atau juru damai.Konsiliasi, yakni bentuk akomodasi berupa upaya mempertemukan keinginan pihak-pihak yang berselisih untuk tercapainya suat persetujuan bersama.Toleransi, yakni bentuk akomodasi tidak punya adanya persetujuan resmi.Stalemate, yakni bentuk akomodasi saat kelompok yang terlibat pertentangan memiliki kekuatan seimbang, sehingga konflik ini adalah berhenti dengan sendirinya.c. AkulturasiAkulturasi yakni menerima unsur-unsur baru menjadi kebudayaan baru tidak punya menghilangkan unsur-unsur apa lama, sehingga terjadi perpaduan dua kebudayaan dalam satu waktu. d. AsimilasiAsimilasi adalah usaha-usaha karena meredakan selisih antar individu atau antar doan guna menjangkau satu kesepakatan berdasarkan kepentingan dan sasaran bersama.

2. Interaksi Sosial Disosiatif

Interaksi sosial disosiatif adalah bentuk interaksi yang lebih mengarah kepada bentrok dan perpecahan, baik personally maupun kelompok, di antaranya adalah:a. KompetisiKompetisi adalah bentuk interaction sosial disosiatif dengan demikian orang-orang atau kelompok-kelompok berlomba meraih tujuan apa sama malalui persaingan apa sportif. b. KontravensiSelanjutnya, kontravensi adalah bentuk interaksi sosial disosiatif berupa postur menentang dengan covert agar noël ada perselisihan atau konflik apa terjadi secara terang-terangan. Terdapat lima macam kontravensi, antara lain:Kontravensi umum, such penolakan, keengganan, protes, perlawanan, gangguan, dan terintimidasi pihak lawan.Kontravensi sederhana, such penyangkalan.Kontravensi intensif, such penghasutan dan penyebaran desas-desus.Kontravensi rahasia, kemudian membocorkan rahasia atau berkhianat.Kontravensi taktis, misalnya mengejutkan dicuri lawan provokasi dan intimidasi.

Lihat lainnya: Apa Saja Yang Termasuk Pantun Indonesia, 40+ Contoh Menemukan Kata Berima Sama Secara Utuh

c. Konflik Sosial menabrak sosial disebut also pertikaian atau pertentangan, terjadi karena perbedaan paham dan kepentingan antar sendiri atau kelompok yang ditandai mencapai adanya ancaman hingga kekerasan fisik. Bentuk-bentuk dari bentrok sosial di antanya pertentangan pribadi, pertentangan kebudayaan, pertentangan antar kelas sosial, pertentangan politik, dan pertentangan yang bersifat internasional.
(oksavingmoney.com - Pendidikan) Kontributor: Nirmala Eka MaharaniPenulis: Nirmala Eka MaharaniEditor: Maria Ulfa