Mengenal struktur Lapisan Bumi – Bumi merupakan deviasi satu planet dari tata surya yang berada dalam bagian dari galaksi bai Sakti. Susunan Kimia Bumi merupakan planet ketiga dari susunan planet apa ada di tata surya ini Bumi memiliki lapisan struktur berlapis-lapis sampai kepada berkembang biak bumi (core). Dengan diameter bumi sebesar 7.926 mil. Bumi luaran setidaknya ada 4 lapisan bumi yang dulu penyusun bumi apa saat ini kita membukukan di atasnya.

Anda sedang menonton: Apa yang dimaksud dengan lapisan bumi


Planet bumi ini luaran 4 tipe lapisan, yaitu

kerak bumi,selimut bumi,inti luar daninti dalam bumi.

Simak penjabaran lebih lengkapnya mengenai Lapisan Bumi berikut ini, Grameds.

1. Kerak Bumi

Kerak Bumi adalah lapisan terluar bumi apa terbagi were dua kategori, yaitu kerak samudra dan kerak benua.

Kerak samudra mempunyai ketebalan kyung 5–10 kilometres sedangkan kerak benua mempunyai ketebalan kyung 20–70 km. Penyusun kerak samudra yang utama adalah batuan basalt, sedangkan batuan penyusun kerak benua yang utama adalah granit, yang tidak sepadat batuan basalt.

Kerak Bumi dan sebagian jubah bumi membentuk lapisan litosfer mencapai ketebalan bruto kurang lebih 80 km. Temperatur kerak meningkat seiring kedalamannya. Di atas batas terbawahnya temperatur kerak menyentuh nomor 1.100 C. Kerak dan bagian mantel apa relatif padat membentuk lapisan litosfer. Karena konveksi di atas mantel bagian atas dan astenosfer, litosfer dipecah menjadi lempeng tektonik yang bergerak.

Temperatur meningkat 30 0C setiap km, namun gradien panas bumi akan semakin rendah pada lapisan kerak apa lebih dalam.

Unsur-unsur kimia utama pembentuk kerak bumi adalah:

Oksigen (O) (46,6%),Silikon (Si) (27,7%),Aluminium (Al) (8,1%),Besi (Fe) (5,0%),Kalsium (Ca) (3,6%),Natrium (Na) (2,8%),Kalium (K) (2,6%),Magnesium (Mg) (2,1%).

2. Mantel

Selubung bumi atau yang biasa disebut mantel bumi ini merupakan lapisan apa menyelubungi berkembang biak bumi dan merupakan bagian terbesar dari bagian bumi sekitar 83.2 persen dari volume dan 67.8 persen dari keutuhan masa bumi.

Terdiri dari material yang berfasa cair,sering pula selubung bumi disebut seperti lapisan astenosfer. Di ~ lapisan ini angkasa terjadinya pergerakan-pergerakan lempeng-lempeng yang disebabkan malalui gaya konveksi ataukah energi dari panas bumi.

Pergerakan tersebut mendesak mempengaruhi bentuk peningkatan bumi. Ketebalan selubung ini berkisar 2.883 km. Densitasnya berkisar dari 5.7 gr/cc dekat dengan berlipat dan 3.3 gr/cc di dekat kerak bumi. Pada wilayah selubung bagian atas akan mulailah terbentuk intrusi magma yang diakibatkan melalui batuan apa menyusup dan meleleh.


*

3. Inti

Inti bumi terletak awal kedalaman circa 2900 kilometres dari mendasar kerak bumi sampai ke pusat bumi.

Inti bumi dapat dipisahkan were inti bumi bagian luar dan berlipat bumi potongan dalam. Batas antara selubung bumi dan berlipat bumi ditandai mencapai penurunan perbandingan gelombang p secara drastis dan gelombang S yang noël diteruskan.

Keadaan ini disebabkan untuk meningkatnya berat jenis material penyusun berlipat bumi dan perubahan sifat materialnya dari yang bersifat padat menjadi bersifat cair. Meningkatnya bobot jenis disebabkan buat perubahan dari product silikat apa menyusun selubung bumi dulu material campuran logam apa kaya ini adalah besi (Fe) di inti bumi.

Perubahan sifat material dulu cairan disebabkan buat turunnya ketentuan lebur material apa mengandung besi dibandingkan material yang kaya silikat. Itulah sebabnya material apa menyusun inti bumi potongan luar berupa cairan apa kaya logam Fe.

Sebaliknya semakin bertambahnya tekanan ke bagian apa semakin di dalam akan mengakibatkan modernkan naiknya ketentuan lebur product logam. Halaman ini disebabkan material yang menyusun inti bumi bagian di dalam merupakan material logam apa bersifat padat.

Komposisi product penyusun inti bumi diketahui dengan perkiraan bahwa unsur besi merupakan unsur yang banyak dijumpai pada kerak batuan penyusun kerak bumi. Dengan meningkatnya memuat jenis di atas batuan yang makin di dalam letaknya, maka kadar besi juga akan semakin meningkat, sehingga pada selubung bumi mempunyai kemungkinan ikut kadar besi yang lebih besar daripada kerak bumi.

Berat types inti bumi potongan luar apa disusun oleh material empire besi apa cair sama dengan memuat jenis memuat jenis besi di dalam keadaan cair. Buat inti bumi bagian dalam disusun oleh material kaya besi yang padat, maka batas antara berlipat bumi potongan luar dengan inti bumi bagian batin mempunyai temperatur kemiripannya dengan titik lebur besi di ~ tekanan di tempat tersebut.

Selain itu, konfigurasi penyusun berlipat bumi juga diketahui dengan mendasarkan diatas komposisi meteorit apa dijumpai berhubungan dengan logam besi dan nikel sebanyak sekitar 7% sampai 8%. Sehingga diperkirakan product logam penyusun berkembang biak bumi adalah unsur besi dan nikel.

Struktur Lapisan Bumi Berdasarkan Susunan Kimia

2. Hidrosfer

Seperti namanya, hidrosfer merujuk kepada lapisan air apa berada di permukaan Bumi. Artinya, lapisan hidrosfer meliputi samudera, lautan, danau, sungai, wait tanah, serta damp air.

Hidrosfer dari kata hydrosphere dalam Bahasa Inggris. Kata hydro berasal dari Yunani Kuno apa artinya air. Hidrologi adalah ilmu atau studi circa air dan cara air used dan siklus di seluruh planet bumi.

Bisa dikatakan, hidrosfer adalah elemen air bumi.

Dikutip dari National geographic Society, hidrosfer adalah jumlah bruto air di sebuah planet. Hidrosfer mencakup waiting di permukaan planet, di bawah negara dan di udara. Hidrosfer sebuah planet dapat berupa bentuk cair, kelembaban dan es.

Hidrosfer adalah jumlah setiap orang air di bumi dan siklus air apa mendistribusikannya nanti seluruh planet. Di bumi, air cair (liquid water) ada di permukaan bumi dalam bentuk lautan, danau dan sungai. Ada pula air dibawah tanah kemudian air tanah, di sumur dan akuifer. Air batin hidrosfer juga ada yang berbentuk kelembaban dan terlihat such awan atau kabut. Potongan beku dari hidrosfer bumi terdiri dari pita pengukur meliputi gletser, tutup pita (ice caps) dan gunung es.

Lihat lainnya: Agama Hindu Dan Budha Berasal Dari, Sejarah India Hindu (Bahasa Indonesia Subtitles)

Air dalam bentuk gas (uap air) lebih benar disebut bagian dari atmosfer. Bagian beku dari hidrosfer bumi tersebut mempunyai namu tersendiri yaitu cryosfer (cryosphere). Hidrosfer selalu bergerak manuver sungai dan aliran wait dapat terlihat, tetapi manuver air di cekungan dan danau memang kurang lampu jelas.