Jakarta - Sumber daya alam (SDA) di Indonesia mendesak beragam dan berlimpah dari Sabang hingga Merauke. SDA terdiri dari beberapa types dan dapat dimanfaatkan untuk banyak tujuan.

Anda sedang menonton: Apa yang dimaksud dengan sumber daya alam

Namun, SDA juga tidak boleh hanya dimanfaatkan begitu saja. Selain boleh memanfaatkannya, manusia also mempunyai tanggung jawab untuk melestarikannya.

Untuk mengetahui what pengertian, jenis, serta cara melestarikannya, simak rangkumannya berikut ini. Mari kita bahas apa pengertian diperoleh daya alam terlebih dahulu.


Melansir dari buku Alam meluap Kemdikbud, diperoleh daya intisari (SDA) adalah setiap orang bahan yang ada di alam apa dapat hadiah dan dimanfaatkan melalui manusia karena kepentingan hidupnya. Diperoleh daya intisari ini noel terbatas di ~ sumber daya alam hayati saja, namun also nonhayati.

Jenis-jenis dan contoh sumber daya alam

Mengutip dari Rumah Belajar Kemdikbud bersumber daya makhluk terdiri dari tiga jenis. Apa pertama adalah bersumber daya makhluk berdasarkan pemulihannya.

1. Diperoleh daya alam berdasarkan pemulihannya:

- sumber daya alam apa dapat memperbarui (renewable resources)

Sumber daya alam types ini dapat dikembalikan persediaannya, diperbarui di dalam waktu yang terbilang cepat, dan bisa ~ dibudidayakan. SDA apa dapat diperbarui ini terdiri dari SDA hayati dan hewani, contohnya such perkebunan, pertanian, kehutanan, perikanan, dan peternakan.

- sumber daya makhluk yang noël dapat diperbarui (unrenewable resources)

SDA types ini noel dapat dipulihkan kesamaan sekali karena proses terbentuknya yang jauh melambat dibandingkan umur manusia serta jumlahnya lebih statis, contohnya bahan mineral, batu bara, gas bumi, dan minyak bumi.

2. Sumber daya intisari berdasarkan sifatnya:

- SDA fisik

SDA fisik luaran ciri meluap dan tangan kedua seluruh alam hidup. SDA fisika contohya adalah tanah, air, udara, dan sinar matahari.

- SDA hayati

SDA hayati memiliki ciri jika habis terpakai, mungkin dikembangkan ataukah dikembangbiakkan kembali. Contoh SDA hayati adalah tumbuhan dan hewan.

3. Sumber daya makhluk berdasarkan lokasi:

- SDA terrestrial

SDA ini terdapat di daratan, contohnya adalah tanah, hutan, dan berwujud galian.

- SDA akuatik

SDA ini terdapat di perairan, misalnya rumput laut dan energies gelombang.

Kini kita sudah mengetahui what saja jenis dan contoh sumber daya alam. Lalu, apa saja manfaat bagi manusia?

Manfaat bersumber daya alam


Baca juga: 7 kebenaran Rammang-rammang yang Diusulkan Dapat negara UNESCO malalui Sandiaga

Mengutip dari secara baik Indahnya Negeriku Kemdikbud, ada beberapa manfaatnya dari bersumber daya alam, yaitu:

1. Sumber energi dan berwujud bakar, misalnya petroleum bumi

2. Generator listrik, misalnya minyak bumi dan sinar matahari

3. Memenuhi kebutuhan human dan hewan, misalnya hewan dan tumbuhan

4. Untuk tempat tinggal, misalnya pepohonan

5. Karena menjaga keseimbangan alam

6. Menyuplai oksigen (tumbuhan)

7. Cadangan devisa negara

Jika kita lanskap sederet manfaatnya di atas, kehidupan human sangat bergantung di ~ sumber daya alam. Lalu, di mana cara melestarikannya?

Cara melestarikan sumber daya alam

Menurut buku Alamku melimpah Kemdikbud, melestarikan intisari adalah principle dari kelola sumber daya alam. Deviasi satunya adalah mencapai cara pembangunan berkelanjutan.

Dalam buku tersebut disebutkan pula bahwa pembangunan berkelanjutan atau sustainable perkembangan adalah pembangunan yang dilakukan dengan firmicutes mencukupi kebutuhan saat ini dan tanpa mengurangi kemampuannya mencukupi kebutuhan generasi selanjutnya. Prinsip-prinsip dari pembangunan berkelanjutan ini adalah:

1. Pemerataan

Pemerataan ini dianggap mampu mengurangi kesenjangan di masyarakat serta meratakan akses apa sama bagi masyarakat. Sehingga, antara satu menyiksa dan apa lain harus mendapatkan pembangunan yang seimbang.

2. Ekonomi

Selain pengayaan kapasitas daya saing, aturan ekonomi apa dimakasud di sini tambahan pembangunan prasarana dasarnya. Misalnya adalah perumahan, jalur, hingga infrastruktur informasi.

3. Energi

Dalam aspek energi, penghematan energies merupakan cara apa sangat dianjurkan. Contoh dari penghematan energi adalah memanfaatkan sinar matahari such pencahayaan alami, dan sebagainya.

4. Ekologi

Dalam aspek ini, menggunakan lahan campuran semaksimal mungkin adalah deviasi satu strategi yang dapat dilakukan. Misalnya, membatasi pemekaran town yang berlebihan, pengadaan kawanan Ruang terbuka Hijau (RTH).

5. Peran serta

Peran serta yang dimaksud adalah pelaksaan pembangunan berkelanjutam yang melibatkan peran serta dari masyarakat.

Lihat lainnya: ▷ Arti Mimpi Melihat Kemaluan Lawan Jenis, Arti Mimpi Melihat Kemaluan Lawan Jenis

Itu itu pengertian, jenis, dan contoh bersumber daya alam. Kemudian manusia, kita noel boleh lupa untuk melestarikannya ya.Simak video "BKSDA Jambi Amankan Buaya 4 Meter yang Dipelihara Warga" (erd/erd)
bersumber daya alamsumber daya intisari hayatipengertian diperoleh daya alamcontoh diperoleh daya alamjenis sumber daya alam