Jakarta - Teks Eksplanasi cantik dipelajari darimana duduk di kotoran Sekolah Menengah pertama (SMP) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Namun what itu teks eksplanasi?

Secara umum, Teks Eksplanasi bertujuan untuk menjelaskan sebuah peristiwa. Konvensional teks eksplanasi memuat penjelasan yang dipaparkan mencapai berdasarkan bidang keilmuan apa bersifat ilmiah dan mengacu nanti realita, fakta, teori, serta tujuan penelitian ilmuwan.

Anda sedang menonton: Apa yang dimaksud dengan teks penjelasan

Namun sebagai apa pengertian, ciri, dan struktur teks eksplanasi? Berikut ini ulasan lengkapnya.


Pengertian Teks Eksplanasi

Menurut Kosasih, E. & Restuti batin buku "Mandiri Bahasa Indonesia", Teks Eksplanasi adalah sebuah teks apa menerangkan atau menjelaskan mengenai proses atau fenomena makhluk maupun sosial.

Sementara dalam buku "Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks" karya Prof. Dr. Mahsun M.S., Teks Eksplanasi adalah teks apa disusun dengan struktur apa terdiri atas bagian- bagian apa memperlihatkan pernyataan umum (pembukaan), deretan penjelasan (isi), dan interpretasi/penutup.


Baca juga: Belajar Mengenai Teks Eksplanasi dan Contoh

Ciri Kebahasaan Teks Eksplanasi

Berikut ini ciri-ciri Teks Eksplanasi:

a. Teks eksplanatif benefit kata yang bermakna denotatif.

b. Teks eksplanatif keuntungan kalimat pasif.

Contoh : dipukul, termakan.

c. Crowd menggunakan crowd konjungsi kausalitas atau hubungan sebab akibat. Misalnya sebab, karena, melalui sebab itu, oleh buat itu, sehingga.

d. Teks eksplanatif dimungkinkan keuntungan istilah ilmiah, atau kerumunan kata teknis pantas dengan topik yang dibahas.

Contoh : bentrok sosial, atmosfer, tsunami, banjir.

e. Fokus di ~ hal umum (generik), bukan partisipan manusia

Struktur Teks Eksplanasi

Dilansir dari situs resmi Kemdikbud, struktur Teks Eksplanasi ada 3 yakni:

1. Pernyataan umum berisi satu pernyataan umum kyung suatu topik, apa akan minuman adalah tangani itu terjadinya, tangani itu keberadaannya, tangani itu terbentuknya, dan sebagainya.

Pernyataan umum ini bersifat ringkas, menarik, dan clearly sehingga mampu stimulasi minat pembaca untuk membaca secara detailnya.

Dalam pernyataan umum juga memuat hal-hal apa menjawab pertanyaan kyung peristiwa tersebut, khususnya pertanyaan "Apa?", "Kenapa?", dan "Bagaimana"?


Baca juga: Inilah Pengertian dan structure Teks Eksplanasi

2. Deretan penjelasan, memuat penjelasan proses mengapa peristiwa tersebut mungkin terjadi. Konvensional penjelas bisa terdiri dari mayoritas paragraf. Deretan penjelas bukan semata-mata berfungsi keluar fenomena menyertainya sendiri, melainkan lebih menekankan pada proses fenomena itu dapat terjadi.

Pada paragraf inilah dirincikan sebab dan asibe dari sebuah fenomena yang terjadi. Rincian yang berpola atas usulnya "bagaimana" akan melahirkan uraian apa tersusun secara kronologis ataupun gradual. Batin hal ini phase fase kejadiannya disusun berdasarkan urutan waktu.

Rincian apa berpola atas usulnya "mengapa" akan melahirkan uraian apa tersusun secara kausalitas. Di dalam hal ini fase-fase kejadiannya disusun berdasarkan menghubung sebab akibat.

3. Penutup ataukah interpretasi atau penutup yang di dalamnya berhubungan dengan intisari ataukah kesimpulan dari kejadian ataukah fenomena apa sudah dibahas.

Saran dan reaksi penulis berasosiasi fenomena yang sedang terjadi bisa tambahan ditambahkan di batin penutup.

Lihat lainnya: Bagaimana Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Menurut Who, Cara Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Saat Pandemi

Itulah pengertian Teks Eksplanasi beserta ciri-ciri dan struktur teksnya. Dicatat, ya!

Simak video clip "Dubes Marina Berg bicara soal aset Pendidikan di Swedia" (erd/erd)
teks eksplanasiteks eksplanasi adalahcontoh teks eksplanasiciri teks eksplanasistruktur teks eksplanasipengertian teks eksplanasi