Konsep “Empat Sehat lima Sempurna” apa dipopulerkan Bapak Gizi Indonesia, Prof. Poerwo Soedarmo sekitar five 1952 sudah noël lagi digunakan, kini siap berkembang dan disempurnakan dulu Pedoman Gizi balancing (PGS).

Anda sedang menonton: Apa yang dimaksud empat sehat lima sempurna

Demikian pernyataan Direktur Gizi social Kemenkes RI, Ir Doddy Izwardi, MA diatas kegiatan Sosialisasi pedoman Gizi seimbang kepada pendidikan dan institusi Pendidikan apa bertajuk “Gizi Seimbang negara Sehat Berprestasi” di penyimpangan satu hotel di kawasan champa Selatan, Kamis (5/5).

Dalam paparannya, Doddy keluar ada empat perbedaan major konsep lama “empat sehat lima sempurna, dengan risalah terkini yang dinamakan “pedoman gizi seimbang”, yaitu:

Penekanan pesan

Seperti kita ketahui konsep “Empat Sehat tahun Sempurna” menekankan di atas konsumsi nasi, lauk pauk, sayur, buah dan memandang susu such bahan pangan yang menyempurnakan.

Sementara tesis “Gizi Seimbang” dimaknai kemudian susunan makanan sehari-hari apa mengandung zat-zat gizi di dalam jenis dan jumlah yang sesuai mencapai kebutuhan tubuh. Selain itu, PGS memperhatikan 4 prinsip, yaitu: Membiasakan makan makanan apa beraneka ragam, mengolah pola lives bersih, pentingnya pola hidup aktif dan praktek raga, dan pantau memuat badan.

Susu bukan Penyempurna

Di batin konsep “Empat Sehat lima Sempurna”, susu menjadi manakan/minuman apa dikelompokkan tersendiri dan dianggap such penyempurna. Sedangkan di batin konsep PGS, susu termasuk kedalam dicuri lauk-pauk dan bukan makanan penyempurna dan dapat digantikan menjangkau jenis papan lainnya yang sama pengeluaran gizinya.

“Kandungan gizi di dalam susu adalah protein dan beragam mineral (Kalsium, Fosfor, Zat Besi). Sementara di dalam PGS, jika sudah cukup dan beragam konsumsi sumber protein sebagai telur dan daging, daging dan ikan, noël mengonsumsi susu also tidak apa-apa”, terang Doddy.

penjelasan Mengenai porsi

Dalam treatise “Empat Sehat tahun Sempurna” noel menyertakan informasi jumlah yang harus dikonsumsi dalam sehari. Sedangkan konsep PGS tidak hanya ada atau tidak, juga memasukkan penjelasan tentang kuantitas atau jumlah (porsi) apa harus makan setiap hari untuk setiap doan makanan.

Seperti diketahui, setiap hari tubuh diperlukan asupan protein sayur-mayur 2-3 porsi, protein satwa 2-3 porsi, papan pokok 3-8 porsi, nabati 3-5 porsi, buah 3-5 bagian dan curam air mineral minimal 8 gelas.

“Dalam PGS jika pola makan kita tinggi karbohidrat, tinggi lemak, sedikit protein, sedikit sayur dan buah, maka pola tersebut tidak bisa ia mengatakan sehat. Berbeda di atas 4 sehat 5 sempurna, pola makan tersebut mengenakan biaya meski protein, sayur dan buah porsinya sedikit”, jelasnya.

Lihat lainnya: Bahan Desinfektan Yang Dapat Membunuh Virus Corona, Jual Bundling 2 Pcs 550Ml Lemon & Green Tea Air

Pentingnya meningkatkan Air Mineral

Konsep “Empat Sehat lima Sempurna” tidak menggambarkan bahwa tubuh perlu minum air mineral secara cukup, aman, dan bersih. Sementara risalah PGS siap menjelaskan arti mencukupi kebutuhan minum air mineral minim 2 liter, ataukah lebih kurang 8 gelas per hari.