Apa penyebabnya? Badan Nasional Penanggulangan hama (BNPB) menyebut, penyebab banjir bandang untuk kejadian intisari dan ulah manusia. BNPB merinci, curah hujan ekstrem 248,5 milimeter per detik selama tujuh kota dari kota 17.00, penyimpangan satu penyebab.

Anda sedang menonton: Apa yang harus dilakukan bila terjadi banjir

“Penyebab lain, topografi bagian hulu Pegunungan Cycloop, memang agak kemiringan dan curam. Sedangkan bagian hilir lebih datar dan landai. Batuan penyusun di hulu juga batuan remah yang mudah kena erosi,” kata Sutopo Purwo Nugroho, utama Pusdatin hubungan masyarakat BNPB.

Baca juga: Ketika banjir Bandang di Sentani Tewaskan Puluhan Orang

Kemudian, katanya, ada longsor sebagai proses bawaan di kanton timur Sentani, membentuk bendung alam, lalu jebol ketika kayu ekstrem.

Lokasi periode banjir, di sembilan kelurahan, merupakan dataran aluvial dan menutup dengan lereng kaki, hingga secara geomorfologis merupakan sistem lahan yang tergenang.

Sutopo menegaskan, faktor makhluk ini ~ no penyebab tunggal membanjiri bandang. Ada ulah manusia merusak hutan. Harm hutan itu, katanya, antara lain karena, penggunaan lahan pemukiman dan tanah pertanian lahan kering campur pada daerah tangkapan air banjir seluas 2.145 hektar. Also penebangan pohon untuk buka lahan, perumahan dan keperluan kayu serta ada tambang penggalian C.

Selain itu, katanya, terjadi perambahan cagar alam oleh tentang 43.030 orang sejak 2003.

Data BNPB, sembilan kelurahan terdampak yakni, Dobonsolo, Hinekombe, Hobong, Ifale, Ifar Besar, Keheran, Sentani Kota, Sereh, dan Yobhe.

“Titik terparah dengan korban terbanyak di Dobonsolo, Doyo Baru, dan Hinekombe,” kata Sutopo.

Pemerintah daerah juga mencatat jumlah kerusakan. Setidaknyanya, 350 rumah rusak berat, 211 rumah di BTN Bintang Timur Sentani terendam, dua gereja, satu masjid, delapan sekolah, 104 ruko, tiga jembatan, delapan drainase buyar berat. Satu pesawat types twin otter juga rusak di lapangan Terbang adventis Doyo Sentani.

Sejak kejadian sabtu malam, perlakuan darurat dilakukan melalui BPBD, TNI, Polri, SKPD, relawan dan masyarakat. Pencarian dan penyelamatan korban terus next oleh Tim SAR gabungan.

Presiden Joko Widodo, kata Sutopo, also memerintahkan BNPB langsung evakuasi korban banjir bandang Sentani buat hindari korban bertambah.

Presiden, katanya, juga memerintahkan penghijauan dan penanaman bagian belakang hutan di hulu sungai apa bermuara di Danau Sentani.

Doni Munardo, kepala BNPB tiba di Jayapura, dua aku pasca wabah melaporkan kepada presiden tabrakan bencana dan dealing banjir, nanti koordinasi dengan Pemda Jayapuran dan Papua.

Pos komando didirikan di Kantor bupati Jayapura, Gunung Merah Sentani. Kementerian PUPR malalui Ditjen Cipta Karya beoksavingmoney.comme mendistribusikan infrastruktur dan sarana waiting bersh serta sanitasi ke lokasi terdampak.

*
Bongkahan batu dan kayu terbawa air tentu saja banjir bandang melanda town Sentani. Foto: Asrida Elisabeth/ oksavingmoney.oksavingmoney.comm Indonesia

Dua hari setelah banjir bandang. RSUD Yowaris cantik berfungsi kembali, Rumah sakit go yang enim rujukan yakni, RS Dian Harapan, RS Bhayangkara, RS Abepura dan RS Aryoko. Melayani Kesehatan Papua, mobilisasi 60 ambulans dan pengangkutan jenazah karena mengangkut korban.

Gardu listrik yang terdampak banjir baru pulih 45% atau 47 dari 104 gardu. Saat kejadian, 104 dari 244 gardu terdampak membanjiri bandang. Balai terlalu tinggi Pelaksanaan cara Nasional (BBPJN) XVIII Jayapura mobilisasi empat eskavator, empat wheel loader (traktor dengan rosa karet untuk mengangkut material), 10 van jungkit karena pembersihan ruas jalan nasional Jayapura-Sentani-Kemiri, sepanjang 70 km apa tertutup lumpur dan sianosis tumbang.

Saat ini, kata Sutopo, kebutuhan sangat korban, yakni makanan siap saji, selimut, wait bersih, obat-obatan, pakaian, terpal, perlatan masak, tool berat, matras. Juga, memberi makan tambahan gizi dan peralatan rumah tangga karena membersihkan lumpur.

Sementara Kementerian Lingkungan kehidupan dan kehutanan menyebutkan, faktor major banjir bandang curah hujan tinggi. ”Ini dibuktikan dari material yang hanyut dibawa banjir,” kata Ida denda Putera Parthama, Direktur gen Pengendalian daerah Aliran Sungai (DAS) dan woods Lindung KLHK, di Jakarta.

Berdasarkan dari data apa dihimpun KLHK, katanya, hal most mungkin terjadi adalah terjadi longsoran alami di hulu karena jenis tanah dan curah hujan tinggi.

Dia bilang, kondisi quận tangkapan air also sangat rawan longsor karena tingkat kecuraman tinggi dan jenis tanah sangat mudah longsor.

Jadi, isop tanah membentuk bendungan alami, saat hujan ekstrem, beoksavingmoney.comme hanyut. Material yang terbawa setelah hilir pun, antara lain, batu, kayu dan air.

”Yang untuk kita yakini terjadi di hulu akun itu terjadi longsor oksavingmoney.comuld sekian moon atau sekian tahun lalu berbagai bendungan bawaan terbentuk, then pada 16 Maret itu, selama tujuh jam hujan hebatnya maka bendungan innate itu jebol,” katanya.

Putera mengatakan, di hulu tak ada pembalakan liar. Hal itu lampu dari, KLHK tak mengeksplorasi material hutan bekas tebangan hanyut cari banjir. ”Pohon-pohon akun itu masih maksimum dengan ranting dan akar. Ini menunjukkan, kayu-kayu bukan hasil penebangan yang menyebabkan membanjiri bandang.”

Dia bilang, akses berat menuju hulu. Jadi, sangat tak mungkin terjadi pembalakan liar. ”Tidak ada jalan ke arah situ, memanggang bukan manusia yang membikin longsor menyertainya di hulu,” katanya.

Untuk hilir, itu benarkan kerusakan untuk ada aspek manusia, misal, ada pengembangan kota tumbuh dari tahun ke tahun hingga daya serap di Sentani, berkurang.

Kala itu, banyak lokasi terdampak banjir, seperti, Jayapura Utara, Jayapura Selatan, Abepura, Heram, Sentani dan sekitar. Lokasi-lokasi itu, merupakan dataran membanjiri (flood plain) dan berada di lereng kaki perbukitan terjal. Luas quận tangkapan air (DTA) di lokasi itu menjangkau 15.199,83 hektar.

Putera bilang, luapan waiting Sungai Sereh ataukah Tahara dan Sungai Kemiri masuk usai DAS Sentani berhulu di cagar Alam Pegunungan Cycloop.

Cagar alam Pegunungan Cycloop, adalah pengungsi alam yang memiliki ciri khas tertentu, mempunyai fungsi pokok sebagai kawasan pengawetan keragaman tumbuhan dan sebagai serta ekosistem, sekaligus asetnya penyangga kehidupan. Pegunungan Cycloop memiliki luas 31.479,89 hektar dan terdapat open area seluas 2.415 hektar, bersumber dari atlas tutupan lahan 2017. Alasan open area, antara lain pertanian tradisional, permukiman dan areal tak berhutan.

*
Tim evakuasi korban membanjiri bandang di Sentani. Foto: BNPB

Tata kelola pemukiman

Wiratno, Direktur gen Konservasi sumber Daya intisari dan Ekosistem (KSDAE), mengatakan, perlu memikirkan, tata kamarnya kawasan permukiman, terutama bila ada fenomena hujan ekstrem di Pegunungan Cycloop.

Wiratno mengelak, utama itu terjadi perambahan. ”Tidak ada perambahan, untuk secara adat pengelola oleh tahun suku besar dort dalam bentuk kebun campuran. Kita kolaboratif dengan sosial adat,” katanya.

Laporan berasosiasi pembalakan liar, katanya, just perorangan yang mungkin mengabadikan kayu untuk kebutuhan sehari-hari, ndak skala besar. ”Korporasi tidak ada di sana (yang membalak liar), medan berat sekali.”

Tudingan ada menyakiti di kanton hulu, berdasarkan peta apa dimiliki KSDAE tak terjadi, kecuali quận rehabilitasi. “Secara hutan masih bagus, cuma mereka memiliki kelerengan tajam. Walaupun tak buyar hutan, kalau kemiringan kayu tajam, curah hujan mendesak ekstrem menyertainya berdampak besar pada kanton development (kota) di sini,” katanya.

Untuk itu, katanya, otoritasnya harus pikiran tata kamarnya di hilir ketika ada fenomena hujan eksterem.

Cagar alam ini disebut pribadi keragaman hayati tinggi, ada 107 jenis satwa liar dan 279 tipe burung. ”Ini quận evolusi penting, pusat endemis kemudian dan sangat dimungkinkan ditemukan spesies baru mendesak besar.”

Tak kurang sopan beda dikatakan Prihananto Setiadji, Dosen Geologi di Dakultas Teknik universitas Cenderawasih. Dia mengatakan, di dalam fungsi kagar alam, deviasi satu aspek yang were pertimbangan adalah kanton itu rawan longsor dan diperoleh mata air.

“Rawan longsor untuk kemiringan lereng mendesak curam dan negara relatif tipis serta batuan radikal mudah hancur. Hingga akar tanaman tak dapat menggenggam kuat pada negara atau batuan dan dulu beban untuk kondisi lereng yang labil,” katanya.

Pegunungan Cycloop juga daerah tangkapan hujan dan jatuhan hujan untuk letak antara samudera yang luas dan bersuhu kerabat panas di north dan pegunungan sentral Papua mencapai bersuhu kerabat dingin. Cycloop pun dulu sumber air.

Saat ini, katanya, intensitas curah hujan mendesak ekstrem, tampungan air di ~ di ketinggian lebih dari 600m dpl mengalami kejenuhan.

“Bobot dalam jumlah besar bertambah maka secara gravitasi mudah bergerak turun atau meluncur dulu longsor bebatuan. Mass inilah dikenal seperti longsoran.”

Masalah lain, katanya, kawasan penyangga Pegunungan Cycloop, rusak. Sebenarnya, itu bilang, perubahan lebih crowd terjadi di zona bantalan daripada di kawasan Cycloop. Kondisi ini, berperan batin memicu ketidakseimbangan, baik hidrologi maupun ekologi

“oksavingmoney.comntoh galian bebatuan di sungai, itu dapat menyebabkan berkurangnya daya menahan terhadap beban. Dirugikan satu bagian under akan digantikan oleh satu bagian dari atasnya. Ini juga memberi ikutan bagi product lain, seperti tanah dan pepohonan.”

Sayangnya, halaman ini tidak disadari oleh banyak pihak. Penggalian material, marak di berbagai titik.

Aiesh Rumbekwan dari Walhi Papua menyatakan, banjir bandang ini ~ no peristiwa intisari biasa. Ada para pihak mengalih fungsional dan pembalakan, baik konsen maupun tidak.

Pemerinta Kabupaten Jayapura, katanya, diminta segera meninjau dan belajar perencanaan pembangunan dan tencana tata ruang kanton (RTRW), mencapai melibatkan masyarakat apa potensial terkena kerusakan langsung.

*
Kepala BNPB Doni Monardo, together rombongan di Sentani. Foto: BNPB

Tutupan lahan bagus

Putera mengatakan, perubahan tutupan lahan dari hutan dulu non-hutan tak terjadi signifikan. Berdasarkan data 2012-2017, terjadi alih fungsi lahan 3,3% atau 495,47 hektar. ”Jadi kurang kokoh mengasosiasikan kejadian ini kaitan menjangkau perubahan tutupan hutan,” katanya.

Untuk woods lahan kering primer terjadi penurunan dari 6.524,92 hektar (2012) menjadi 5.839,61 hektar (2017). Woods lahan kering sekunder dari 2.108,25 hektar bertambah enim 2.298,08 hektar. Keduanya, merupakan tutupan lahan quenn tangkapan air membanjiri di utama itu.

Meski demikian, pada daerah tangkapan air, ada perjanjian dan lahan pertanian kering yang dikelola masyarakat kasar 2.415 hektar. “Itu stabil dari waktu nanti waktu.”

Untuk tanah pertanian lahan kering campur, bertambah 16,19 hektar, dari 3.907,19 hektar menjadi 3.923,38 hektar di ~ 2017, sedangkan semak betrol dari 465,74 hektar jadi 944,07 hektar. Selain itu, hutan rawa inside wall (463,29 hektar), kayu rawa sekunder (139,15 hektar), hunian (158,29 hektar) dan such luasan relatif sama tak terjadi perubahan.

Kirim tim

KLHK melalui Keputusan Menteri akan mengirimkan satuan tugas karena mempelajari membanjiri bandang apa melanda Sentani, Jayapura. Adapun, satgas ini dipimpin malalui M Saparis Sudaryanto, Direktur perencanaan dan penilaian Pengendalian menyiksa Aliran Sungai.

”Kami beoksavingmoney.comme mengumpulkan fact seakurat oksavingmoney.comuld dan rekonstruksi longsor hingga punya hollistisme lebih komprehensif menyebabkan longsor dan kontribusi dari mana,” kata Saparis.

Fakta ini, beoksavingmoney.comme menjawab seluruh anggapan yang bermunculan. KLHK tambahan akan form posko informasi karena memperbaharui insula terkait banjir bandang Sentani.

Lihat lainnya: Oli Mesin Crv Berapa Liter Oli Mesin Ninja 250, Oli Mesin Kawasaki Ninja 250

Selain itu, KLHK menjadi meningkatkan ditugaskan rehablitasi hutan dan lahan di Papua dari 1.000 hektar enim 2.500 hektar, serta pembangunan sarana konservasi negara dan wait (KTA), yaitu dam penahan erosi (gully plug) dan DAM pengendali dan terusan pembuangan wait (SPA).

Keterangan bergambar utama: membanjiri bandang di Sentani, apa menewaskan hampir 90 people dan membongkar rumah dan fasilitas lain. Foto: BNPB

*
Rumah buyar di jalur Sosial, Sentani, setelah dihantam banjir bandang. Foto: Asrida Elisabeth/ oksavingmoney.oksavingmoney.comm Indonesia