Dok. Secara spasial Pura IIProses uji coba memeriksa GeNose C19 di dua bandara apa dikelola oleh ruang angkasa Pura II

JAKARTA, oksavingmoney.com.com - Satuan Tugas perlakuan Covid-19 publique Surat Edaran (SE) numeral 12 lima 2021 sekitar Ketentuan perjalanan Orang dalam Negeri dalam Masa pandemik Covid-19.

Anda sedang menonton: Apa yang harus dilakukan sebelum swab antigen

Salah satu poin aturan dalam SE ini yakni memperbolehkan pelaku perjalanan transportasi udara manfaat GeNose seperti alat pemeriksaan dahulu bepergian.

"Pelaku bepergian transportasi udara wajib demonstrasi surat keterangan hasil negatif memeriksa RT-PCR apa sampelnya diambil di dalam kurun waktu maksimal 3 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau hasil negatif quick test antigen yang sampelnya diambil di dalam kurun waktu maksimal 2 x 24 jam sebelum keberangkatan, atau hasil negatif ujian GeNose C19 di Bandar Udara dahulu keberangkatan sebagai persyaratan perjalanan dan isi saja e-HAC Indonesia."

Adapun e-HAC adalah kesehatan alert card atau kartu kewaspadaan kesehatan.

Baca juga: GeNose memanggang Syarat Perjalanan, Epidemiolog: untuk Skrining atau Membiarkan setiap orang Pergi?


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.Daftarkan email


Merujuk diatas aturan di atas, layanan GeNose dpaat were alternatif syarat perjalanan penumpang pesawat terbang selain tujuan negatif ujian RT-PCR atau hasil negatif quick test antigen.

Sebelumnya, penggunaan GeNose C19 kemudian alat kebijakan aturan pelaku bepergian baru boleh dilakukan buat perjalanan menggunakan kereta api antarkota.

GeNoSe C19 merupakan tool buatan hochschule Gadjah Mada (UGM) buat mendeteksi viridans corona malalui hembusan napas.

Alat ini telah mendapat izin edar dari Kementerian health Nomor Kemenkes RI AKD 20401022883.

Belum semua bandara gunakan GeNose

Berdasarkan keterangan dalam SE numeral 12, aturan diperbolehkannya pemeriksaan GeNose untuk transportasi udara start berlaku 1 April 2021.

Meski demikian, belum semua pesawat terbang di Indonesia melayani pemeriksaan GeNose.

Setidaknya, di atas tahap awal ada 4 bandara yang melayani kebijakan aturan tersebut.

Menurut ketua Director PT ruang angkasa Pura (AP) II Muhammad Awaluddin, di wilayah AP II ada 2 bandara apa melayani kebijakan aturan GeNose yakni bandara Husein Sastranegara di Bandung dan bandara Sultan Mahmud barrauddeen II di Palembang.

Baca juga: GeNose Boleh enim Syarat Perjalanan, Pemerintah langsung Terbitkan policy Rinci larangan Mudik

Berdasar jumlah bilik dan kapasitas machin GeNose, kata Awaluddin, bandara Husein Sastranegara dapat melayani kyung 400 orang per hari untuk tes.

Sementara, pesawat terbang Sultan Mahmud badaruddin II mampu melayani sekira 700 orang per hari.

"Kami memperkirakan, diatas tahap mulai ini jumlah penumpang pesawat yang menggunakan tes GeNose C19 bisa mencapai kyung 10 persen hingga 15 persen dari total penumpang pesawat apa berangkat," kata Awaluddin.

Dua bandara lain yang melayani GeNose berada di utama AP I.


General Manager PT secara spasial Pura I, agus Pandu Purnama mengatakan, dua bandara tersebut yakni pesawat terbang Yogyakarta global Airport (YIA) DIY dan bandara Juanda Surabaya.

"YIA menyiapkan 6 alat GeNose untuk 5 bilik peneriksaan. Kantong tiup GeNose siap 2.000 per hari dengan asumsi penumpang rata-rata per hari hanya 1.500," ujar Pandu kepada oksavingmoney.com.com, Selasa.

"Tanggal 1 become buka mulai kota 04.00 sd 19.00 WIB dengan jumlah 16 petugas yang melayani," tuturnya.

Baca juga: GeNose Dipakai kemudian Syarat Naik Pesawat awal 1 April, Begini Ketentuannya

Sesuai suara SE, mereka apa diizinkan bepergian menggunakan pesawatnya ialah apa menunjukkan hasil negatif nanti diperiksa menggunakan GeNose.

Tahapan kebijakan aturan GeNose di bandara

Tidak such tes RT-PCR atau rapid test antigen yang pemeriksannya dapat dilakukan beberapa days sebelum keberangkatan, pemeriksaan GeNose dilakukan pada hari yang sama menjangkau pemberangkatan pesawat terbang di bandara keberangkatan.

President director PT AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, setidaknya ada 3 tahapan apa harus ditempuh calon penumpang pesawat buat mendapatkan layanan GeNose.

Pertama, pre-process. Di atas tahap ini calon penumpang harus mengunduh dan mendaftar di atas aplikasi Airport kesehatan Center, does verifikasi email, dan mengisi mengajukan di aplikasi.

Calon penumpang kemudian melakukan pemesanan tes dan membayar.

Kedua, tahap on-process. Calon penumpang ini adalah diverifikasi, diberi kantong napas dan diambil sampel napas oleh petugas.

Kemudian dilakukan scan QR code data serta kantung napas, dan analisa sampel napas.

Tahap last yakni post-process. Diatas tahap ini gawangnya tes disetujui melalui aplikasi.

Baca juga: bandara Soekarno-Hatta belum Akan gunakan GeNose C19 untuk Deteksi Covid-19

Rangkaian tersebut berdurasi circa 10 menit, terhitung dari duluan kali mengunduh aplikasi Airport diberkatilah anda Center hingga hasil tes keluar.

Sebagai langkah antisipasi apabila penumpang pesawat noel memiliki smartphone, AP II become menyediakan tolong desk buat melakukan pelayanan.

“Pelaksanaan memeriksa GeNose C19 di bandara-bandara AP II didukung dengan aplikasi agar pelaksanaan tes dapat lebih teratur secara administrasi dan berjalan lancar," kata Awaluddin.

Disarankan tinjauan ulang

Menanggapi kebijakan terbaru otoritas itu, Epidemiolog dari hochschule Indonesia Pandu Riono mengatakan, penggunaan alat GeNose C19 seperti alat pemeriksaan Covid-19 sebelum bepergian harus ditinjau ulang.

Menurut Pandu, GeNose masih bersifat eksperimental sehingga noël bisa dipakai buat layanan publik.


Pandu mengatakan, tujuan penelitian terhadap GeNose C19 belum diumumkan secara terbuka.

Selain itu, di beberapa negara penggunaan tool deteksi Covid-19 such GeNose C19 ini noël digunakan untuk tidak akurat dalam pemeriksaan Covid-19.

Baca juga: GeNose jadi Syarat Naik Pesawat, Cara Kerja, hingga Efektivitasnya apa Diragukan

"Di negara-negara lain juga ada (sejenis GeNose) tapi enggak memanggang dipakai, buat banyak yang negatif palsu. Singapura enggak pakai, Belanda enggak pakai," ujarnya.

Berdasarkan bab tersebut, Pandu mengatakan, masyarakat apa ingin trips sebaiknya melakukan Rapid test Antigen untuk lebih akurat dan diakui pegang Kesehatan world (WHO).

"Kenapa kita main-main dengan alat testing, kok kayak eksperimental, kok coba-coba, saya menantang siapa apa memakai GeNose tunjukan dulu tingkat akurasinya siapapun, buktikan usai publik secara ilmiah," pungkasnya.

Tes rapid antigen dinilai lebih aman

Senada mencapai Pandu, fasih biologi molekuler Ahmad Utomo also mengkritik digunakan GeNose seperti syarat perjalanan buat sejauh ini belum ada santai ilmiah mengenai GeNose.

Menurut dia, seharusnya saat ini siap ada data validasi lain dari kampus lain apa secara independen mungkin menverifikasi keakuratan GeNose ini.

Baca juga: Epidemiolog untuk bertanya Penggunaan GeNose sebagai Syarat dirombak Naik Pesawat tinjauan Ulang

Ahmad menilai, menguji rapid antigen farse lebih aman dibandingkan GeNose, untuk menurut dialah lebih jelas mekanismenya.

"Sudah berhasil melalui dua laboratorium di Indonesia yaitu Cepad dari Unpad dan also dari laboratory hepatika Mataram," ujarnya.

Selain itu, jadwal acara ilmiah mengenai tes antigen juga jauh lebih kerumunan dan bisa diandalkan untuk mengenali orang yang berpotensi menular.

Ahmad menyampaikan, menjadikan GeNose kemudian syarat trips seharusnya dibarengi dengan studi validasi apa membandingkan GeNose menjangkau PCR.

"Maka kalau memang urgen keuntungan GeNose, mohon (pemerintah) langsung lakukan studi validasi PCR mencapai Genose secara independen sesegera could agar keselamatan publik juga terlindungI," tuturnya.

Menurut Ahmad, penelitian harus dilakukan secara independen buat saat ini data dari satu lembaga, sementara GeNose sudah tangan kedua di angkasa umum dengan implikasi luas.

"Sementara studi sebagai PCR, rapid antigen teknologinya sudah kawanan divalidasi oleh kawanan lembaga sehingga keakuratannya lebih meyakinkan ketimbang klaim dari satu lembaga saja," ujarnya.

Lihat lainnya: Apa Saja Yang Adik Harus Lakukan Jika Ingin Menjadi Penari, Tuliskan 4 Hal Yang Adik Harus Lakukan

Dapatkan update news pilihan
dan breaking news setiap days dari oksavingmoney.com.com. Mari bergabung di Grup telegram "oksavingmoney.com.com berita Update", caranya mengklik link https://t.me/oksavingmoney.comcomupdate, kemudian join. Anda harus download aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.