Indonesia memang kerajaan akankeberagaman budaya.Setiap quận di Indonesia, pribadi keunikan dankekhasan masing-masing batin menciptakan suatu karya. Beragam kerajinan buatanIndonesia bahkan mampu menembus pasar Internasional. Penyimpangan satu quận denganhasil kerajinan yang menarik adalah town Lampung. Lampung merupakan penyimpangan satuprovinsi di pulau Sumatera, bagaimana itu? kotaini memiliki kawanan keberagaman budaya. Adat istiadat, ritual kebudayaan,kerajinan tangan, kuliner, dan lain-lainnya yang berasal dari Lampung selalumampu menarik perhatian. Deviasi satu kerajinan apa terkenal di Lampung adalahTapis atau kain Tapis. Ingin knows lebih next mengenai apa itu Tapis? Berikutpenjelasannya.

Anda sedang menonton: Apa yang kamu ketahui mengenai kain tapis

Kain Tapis merupakan deviasi satukerajinan khas social Lampung. Bahan Tapis muncul melalui tahap-tahap waktuyang mengarah kepada kesempurnaan teknik tenun. Bahan Tapis dipercantik dengansulaman benang emas, sehingga siapa pun apa melihatnya akan terpesonadibuatnya. Tapis adalah pakaian adat Lampung karena wanita yang berbentuk sarungdan terbuat dari tenun benang mi dengan motif atau hiasan jernih sugi, benangperak atau benang kuning dengan warisan sulam.

Kain Tapis Lampung termasuk usai dalam kerajinan tradisional, buat peralatan yang digunakan dalam membuatkain mendasar dan motif-motif hiasnya masih sederhana dan dikerjakan olehpengrajin wanita apa umumnya ibu-ibu rumah tangga, maupun gadis. Tujuanawalnya adalah untuk mengisi times luang dan memenuhi tradisi yang masihdianggap sakral. Selain itu, bahan Tapis juga digunakan karena keperluanpemberian gelar adat, penyambutan tamu penting, upacara perkawinan, dan jugaupacara adat mengangkat saudara. Di masa modern saat ini, kain tapis masih digunakansebagai barang seserahan yang dibawa melalui keluarga buat calon mempelainya.

Motif apa biasa digunakan pada KainTapis ini umumnya menggunakan subjek flora dan fauna, serta ada tambahan motif yangmencerminkan hayatnya rumah tangga. Harga buat Kain Tapis ini bergantungkepada taraf kesulitan di dalam proses pembuatannya, terlebih pembuatan KainTapis ini memang cukup rumit dan harus dikerjakan secara menginstruksikan sehinggapengerjaannya dapat memakan waktu apa cukup lama.

Lihat lainnya: Artikel Tentang Budaya Indonesia Yang Hilang, Banjir Menerjang

Penggunaan kain tenun Tapis di era inimasih tetap dulu bagian dari ritual, such iringan pernikahan di acaraseserahan. Malalui tradisi ini, terdapat berita bahwa kain Tapis harus selaludijaga dan dilestarikan. Semakin berkembangnya zaman saat ini, penggunaan KainTapis dapat dimodifikasikan nanti dalampakaian dan diperlihatkan batin acara fashion show apa diadakan. Denganbegitu, semakin banyak masyarakat yang nantinya menjadi mengenal kain Tapis.Secara noël langsung, bab tersebut mampu menaikkan namu kota Lampung agarmenjadi lebih subur lagi.