Thomas stamford Raffles (1781-1826)
Kebijakan di bidang ekonomi

Raffles berusaha menjalankan mayoritas kebijakan buat memajukan perekonomian di Hindia. Tetapi programme itu sasaran utamanya untuk meningkatkan keuntungan pemerintah kolonial. Pemfitnahan kebijakan yang dijalankan Raffles yakni :

Melaksanakan sistem sewa tanah atau pajak negara (land rent) yang then meletakkan radikal bagi perkembangan warisan perekonomian uang.Penghapusan penyerahan wajib gawangnya bumi.Penghapusan merencanakan rodi dan perbudakan.Penghapusan warisan monopoli.Peletakan desa kemudian unit administrasi penjajahan.

Anda sedang menonton: Apa yang menyebabkan bangsa eropa melakukan penjajahan di indonesia

Kebijakan land rent apa dicanangkan Raffles tersebut hasil dari pandangannya mengenai status tanah such faktor produksi.

Menurut Raffles, otoritas adalah satu-satunya pemilik tanah apa sah. Oleh karena itu, siap selayaknya rakyat menjadi penyewa dengan dibayarkan pajak rental mobil dari tanah apa diolahnya.

Baca juga: Kedatangan Inggris di Indonesia

Pajak dipungut perorangan, meski di dalam praktiknya per desa. Jumlah pungutannya disesuaikan dengan tipe dan produktivitas tanah.

Hasil padi padi kelas satu dibebani perpajakannya 50 persenHasil padi padi kelas dua dibebani perpajakan 40 persenHasil padi padi kelas tigadibebani pajak 33 persenHasil tegalan kelas satu dibebani perpajakannya 40 persenHasil tegalan kelas dua dibebani perpajakan 33 persenHasil tegalan kelas tiga dibebani perpajakan 25 persen

Beban perpajakannya ini memberatkan rakyat. Yang tak bisa membayar dengan uang, dibayar dengan beras.

Pajak yang dibayar dengan monetary diserahkan kepada terutama desa untuk kemudian disetorkan ke kantor residen. Sedangkan pajak apa berupa beras dikirim usai kantor residen setempat oleh apa bersangkutan atas pengeluaran sendiri.

Kebijakan pemungutan pajak nanti residen itu untuk mengurangi ulah penguasa setempat apa sering memotong atau mengurangi penyerahan hasil panen.

Sebab, para pejabat pribumi sudah dialihfungsikan dulu pegawai pemerintah apa digaji.

Baca juga: Sejarah kerajaan Inggris: awal Berdirinya dan Para Pewaris Takhta

Raffles dicopot

Namun, segala reformasi yang dilakukan Raffles dianggap terlalu mahal bagi east Indian agency (EIC), kongsi dagang yang mencari untung.

Pada 1815, Raffles ditarik dan digantikan malalui John Fendall. Keputusan tersebut dilakukan karena Inggris bersiap menyerahkan bagian belakang Jawa setelah Belanda.

Penyerahan itu benar dengan Perjanjian Anglo-Dutch yang terjadi diatas 1814 menjelang berakhirnya perang Napoleon di Eropa.

Pada 15 Oktober 1817, Raffles mendapat mandat seperti Gubernur gen di Bencoolen ataukah kini berpendapatan Bengkulu.

Saat itu, Bencoolen merupakan koloni apa hasil ekspornya hanyalah lada.

Raffles yang melihat tempat itu delegasi adut, langsung does reformasi sebagai yang itu perbuat di Jawa, seperti menghapuskan perbudakan.

Lihat lainnya: Perkembangan Bayi Usia 7 Bulan Sudah Bisa Apa ? Bayi 7 Bulan: Mulai Merangkak

Baca juga: Kedatangan Belanda di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap days dari oksavingmoney.com. Mari bergabung di Grup telegram "oksavingmoney.com berita Update", caranya klik link https://t.me/oksavingmoney.comcomupdate, kemudian join. Milik mereka harus download aplikasi telegram terlebih dulu di ponsel.