Termodinamika berasal dari bahasa Yunani dengan demikian Thermos apa artinya panas dan Dynamic yang artinya perubahan. Termodinamika adalah suatu ilmu yang menggambarkan usaha buat mengubah kalor (perpindahan energi apa disebabkan selisih suhu) menjadi energi serta sifat-sifat pendukungnya. Termodinamika berhubungan erat dengan fisika energi, panas, kerja, entropi dan kespontanan proses.

Anda sedang menonton: Apa yang terjadi jika gas berbunyi

Baca juga Artikel apa Mungkin Berhubungan : Hukum Hooke : Pengertian, Aplikasi, Bunyi, Dan rumus Beserta oksavingmoney.comntohnya Secara Lengkap

Termodinamika also berhubungan dengan mekanika statik. Cabang ilmu piritter ini mempelajari suatu pertukaran energi di dalam bentuk kalor dan kerja, aset pembatas dan lingkungan. Aplikasi dan digunakan termodinamika sanggup terjadi pada tubuh manusia, peristiwa membumihanguskan kopi panas, perkakas elektronik, Refrigerator, mobil, generator listrik dan industri.


Prinsip Termodinamika

Prinsip termodinamika akibat yaitu hal alami yang terjadi di dalam kehidupan sehari-hari. Mencapai berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, termodinamika direkayasa sedemikian rupa sehingga were suatu bentuk mekanisme apa bisa membantu manusia dalam kegiatannya.

Baca juga Artikel yang Mungkin Berhubungan : Hukum Archimides : Pengertian, Bunyi, rumus Dan oksavingmoney.comntoh Soalnya Lengkap


Aplikasi termodinamika yang begitu diskursif dimungkinkan karena adanya perkembangan ilmu termodinamika dari abad 17. Pengembangan ilmu termodinamika awal dengan pendekatan makroskopik yakni perilaku umum bagus zat yang menjadi media mengangkut energi.

Sistem Termodinamika

Klasifikasi aset termodinamika berdasarkan sifat dari batasan dan arus benda, energi dan materi apa melaluinya. Ada tiga tipe sistem berdasarkan types pertukaran apa terjadi antara sistem dan lingkungannya, yakni such berikut :

1. Aset terbuka


Sistem yang menyebabkan terjadinya pertukaran energies (panas dan kerja) dan benda (materi) dengan lingkungannya. Aset terbuka ini meliputi peralatan apa melibatkan adanya suatu aliran massa kedalam atau keluar sistem seperti pada kompresor, turbin, nozel dan motor bakar.

Sistem machin motor bakar yaitu ruang didalam silinder mesin, sesuai campuran bahan bahan bakar dan udara masuk kedalam silinder, dan gas limbah keluar sistem. Diatas sistem terbuka ini, baik massa maupun energi bisa melintasi batas sistem yang sifatnya permeabel. Menjangkau demikian, diatas sistem ini volume dari sistem noel berubah sehingga disebut juga dengan oksavingmoney.comntrol volume.


Perjanjian apa kita gunakan buat menganalisis sistem yaitu :

Untuk panas (Q) bernilai aktif jika diberikan kepada aset dan bernilai negatif bila disetujui dari sistemUntuk usaha (W) bernilai aktif jika dilepas dari asetnya dan bernilai negatif jika diberikan (masuk) kedalam sistem.

Baca juga Artikel apa Mungkin Berhubungan : tindakan Kepler 1 2 3 : Sejarah, Bunyi, Fungsi, rumus Dan oksavingmoney.comntoh Soal Lengkap

2. Sistem tertutup

Sistem apa mengakibatkan terjadinya pertukaran energi (panas dan kerja) tetapi noël terjadi pertukaran zat menjangkau lingkungan. Warisan tertutup terdiri atas suatu jumlah mass yang tertentu dimana mass ini noel bisa melintasi lapis batas sistem. Tetapi, energi baik dalam bentuk panasnya (heat) maupun usaha (work) bisa melintasi lapis batas asetnya tersebut.

Dalam sistem tertutup, walaupun massa tidak bisa berubah selama tangani itu berlangsung, tapi volume bisa saja berubah disebabkan adanya lapis batas yang bisa bergerak (moving boundary) pada salah satu bagian dari lapis batas sistem tersebut. oksavingmoney.comntoh warisan tertutup yaitu suatu balon udara yang dipanaskan, dimana ukuran udara dengan melakukan balon tetap, tetapi volumenya berubah dan energi panas dimasukkan kedalam masa udara dalam balon.


Baca juga Artikel apa Mungkin Berhubungan : hukum Newton 1, 2, 3 : Pengertian, Bunyi, rumus dan oksavingmoney.comntoh Soal

Sebagaimana lukis sistem tertutup dibawah ini, jika panas penganugerahan kepada aset (Qin), maka menjadi terjadi pengembangan pada zat yang berada dengan melakukan sistem. Pengembangan ini akan mengakibatkan piston menjadi terdorong nanti atas (terjadi Wout). Untuk sistem ini noël mengizinkan adanya diambil masuk massa kedalam aset (massa selalu konstan) maka sistem ini disebut menjangkau oksavingmoney.comntrol mass.

Suatu warisan bisa mengalami pertukaran panasnya atau action atau keduanya, tradisional dipertimbangkan such sifat pembatasnya:

Pembatas adiabatik: noël memperbolehkan pertukaran panas.Pembatas rigid: noël memperbolehkan pertukaran kerja.

Dikenal juga istilah dinding, ada dua jenis dinding yaitu dinding adiabatik dan dinding diatermik. Dinding adiabatik yaitu dinding yang menyababkan kedua zat mencapai suhu yang sama di dalam waktu apa lama (lambat). Karena dinding adiabatik sempurna noel memungkinkan terjadinya suatu pertukaran kalor antara dua zat. Sedangkan dinding diatermik yaitu dinding apa memungkinkan detik zat mencapai suhu yang sama dalam waktu yang cilt (cepat).

Baca juga Artikel yang Mungkin Berhubungan : menginstruksikan Elektromagnetik : Pengertian, Penerapan, dan rumus Beserta oksavingmoney.comntoh Soalnya Secara Lengkap

3. Sistem terisolasi


Sistem terpencil ialah sistem apa menyebabkan tidak terjadinya pertukaran panas, zat atau merencanakan dengan lingkungannya. oksavingmoney.comntohnya : air apa disimpan di dalam termos dan anjungan gas apa terisolasi. Di dalam kenyataan, sebuah sistem noël bisa terisolasi full dari lingkungan, karena pasti ada terjadi sedikit pencampuran, walaupun hanya penerimaan sedikit mundur gravitasi. Di dalam analisis sistem terisolasi, energi yang masuk usai sistem sama menjangkau energi yang keluar dari sistem.

Karakteristik yang menentukan sifat dari warisan disebut mencapai property (koordinat sistem/variabel keadaan sistem), such tekanan (p), temperatur (T), volume (v), masa (m), viskositas, konduksi panasnya dan lain-lain. Selain itu ada tambahan koordinat sistem apa didefinisikan dari koordinat sistem apa lainnya seperti, memuat jenis, volume spesifik, panas types dan lain-lain.

Suatu sistem bisa berada diatas suatu kapak yang noël berubah, jika masing-masing jenis koordinat aset tersebut bisa diukur pada semua bagiannya dan noël berbeda nilainya. Kondisi tersebut ditelepon sebagai

keadaan (state) tertentu dari sistem, dimana aset memiliki nilai koordinat apa tetap. Jika koordinatnya berubah, maka keadaan aset tersebut disebut mengalami perubahan keadaan. Suatu aset yang noël mengalami perubahan keadaan disebut sistem dalam keadaan keseimbangan (equilibrium).

Hukum Termodinamika

Termodinamika mempunyai hukum-hukum pendukungnya. Hukum-hukum ini menerangkan bagaimana itu? dan maafkan saya saja konsep apa harus diperhatikan. Kemudian peristiwa perpindahan panas dan merencanakan pada tangani itu termodinamika.

Sejak perumusannya, hukum-hukum ini sudah were hukum penting batin dunia fisika apa berhubungan mencapai termodinamika. Dikerahkan hukum-hukum ini tambahan digunakan di dalam berbagai bidang such bidang ilmu lingkungan, otomotif, ilmu pangan, ilmu kimaia dan lain-lain. Berikut hukum-hukum termodinamika :

Hukum Termodinamika 1

(Kekekalan Energi di dalam Sistem)

Energi noël bisa diciptakan maupun dimusnahkan. Manusia hanya bisa mengubah bentuk energi dari bentuk energi satu nanti energi lainnya. Dalam termodinamika, jika sesuatu penganugerahan kalor, maka kalor tersebut ini adalah berguna karena usaha luar dan mengubah energi dalam.

Bunyi tindakan Termodinamika 1

“untuk setiap tangani itu apabila kalor Q menghadiahkan kepada aset dan sistem does usaha W, maka akan terjadi perubahan energi batin ΔU = Q – W”.

Dimana U unjuk sifat dari sebuah sistem, sedangkan W dan Q tidak. W dan Q bukan fungsi Variabel keadaan, tetapi termasuk dalam proses termodinamika apa bisa merubah keadaan. U merupakan fungsional variabel keadaan (P,V,T,n). W bertanda positif bila sistem melakukan usaha terhadap lingkungan dan negatif jika menerima usaha lingkungan.

Q bertanda aktif jika asetnya menerima kalor dari lingkungannya dan negatif jika melepas kalor di ~ lingkungan. Perubahan energi dari sebuah sistem hanya tergantung pada transfer panas ke dalam asetnya dan kerja yang dilakukan oleh sistem dan tidak bergantung pada proses yang terjadi. Diatas hukum ini tidak ada petunjuk adanya arah perubahan dan batasan-batasan lain.

Rumus beraksi Termodinamika 1

Secara matematis tindakan I termodinamika dapat dirumuskan seperti berikut:

Q = ∆U+W

Dengan ketentuan, jika:Q(+) → aset menerima kalorOR → asetnya melepas kalorW(+) → sistem melakukan usahaW(-) → aset dikenai usaha∆U(+) → terjadi penambahan energi dalam∆U(-) → terjadi penurunan energi dalam

ΔU = Q − W

Keterangan :ΔU = perubahan energi batin (joule)Q = kalor (joule)W = usaha (joule)

Proses-prosesIsobaris → tekanan tetapIsotermis → suhu tetap → ΔU = 0Isokhoris → volume tetap (atau isovolumis atau isometric) → W = 0Adiabatis → noël terjadi pertukaran kalor → Q = 0Siklus → daur → ΔU = 0

Persamaan Keadaan Gas

Hukum Gay-LussacTekanan tetap → V/T = konstan → V1/T1 = V2/T2

Hukum CharlesVolume firmicutes → P/T = difungsikan → P1/T1 = P2/T2

Hukum BoyleSuhu tetap → PV = fungsi → P1V1 = P2V2

P, V, T Berubah (non adiabatis)(P1V1) / (T1) = (P2V2) / (T2)

AdiabatisP1V1 γ= P2V2γT1V1 γ − 1= T2V2γ − 1γ = perbandingan kalor tipe gas di atas tekanan militer dan volum firmicutes → γ = Cp/Cv

UsahaW = P(ΔV) → IsobarisW = 0 → IsokhorisW = nRT ln (V2 / V1) → IsotermisW = − 3/2 nRΔT → Adiabatis ( gas monoatomik)

Keterangan :T = suhu (Kelvin, jangan Celcius)P = tekanan (Pa = N/m2)V = volume (m3)n = jumlah mol1 liter = 10−3m31 atm = 105 Pa ( atau ikut soal!)Jika noel diketahui di soal ambil oksavingmoney.comst ln 2 = 0,693

Mesin Carnotη = ( 1 − Tr / Tt ) x 100 %η = ( W / Q1 ) x 100%W = Q1 − Q2

Keterangan :η = efisiensi machin Carnot (%)Tr = perangai reservoir inferioritas (Kelvin)Tt = temperamen reservoir ditinggikan (Kelvin)W = usaha (joule)Q1 = kalor dilampiri / diserap reservoir tinggi (joule)Q2 = kalor diambil / dibuang reservoir inferioritas (joule)

oksavingmoney.comntoh Soal

Suatu gas mempunyai nada awal 2,0 m3 dipanaskan dengan kapak isobaris hingga ton akhirnya menjadi 4,5 m3. Bila tekanan gas yaitu 2 atm, menentukan usaha luar gas tersebut ??(1 atm = 1,01 x 105 Pa)

Pembahasan

Diketahui :V2 = 4,5 m3V1 = 2,0 m3P = 2 atm = 2,02 x 105 PaIsobaris → tekanan Tetap

Ditanya W ??

Dijawab :

W = ns (ΔV)W = P(V2 − V1)W = 2,02 x 105 (4,5 − 2,0) = 5,05 x 105 joule

Hukum Termodinamika 2

(Arah reaksi sistem dan batasan)

Hukum kedua ini membatasi perubahan energi mana yang bisa terjadi dan yang tidak. Pembatasan ini speech dengan berbagi cara, yaitu :

“Hukum II termodinamika batin menyatakan aliran kalorKalor mengalir secara spontan dari benda bersuhu tinggi ke benda bersuhu inferioritas dan tidak mengalir secara spontan batin arah kebalikannya”

Hukum II termodinamika dalam pernyataan sekitar mesin kalorTidak oksavingmoney.comuld membuat suatu mesin kalor apa bekerja dalam suatu siklus yang semata-mata menyerap kalor dari sebuah reservoir dan mengubah seluruhnya were usaha luar.

Hukum II termodinamika di dalam pernyataan entropi (besaran termodinamika apa menyertai suatu perubahan setiap keadaan dari mulailah sampai akhir aset dan menyatakan ketidakteraturan suatu sistem)Total entropi semesta tidak berubah ketika proses reversibel terjadi dan bertambah ketia tangani itu irreversible terjadi.

Lihat lainnya: Tak Perlu Aplikasi Apa Yang Bisa Download Lagu Mp3 Di Smartphone Android

Hukum Termodinamika 3

Hukum ketiga termodinamika terkait dengan temperatur nol absolut. Hukum ini menyatakan bahwa di ~ saat suatu sistem mencapai temperatur nol absolut (temperatur Kelvin) segenap proses ini adalah berhenti dan entropi sistem beoksavingmoney.comme mendekati pengeluaran minimum.hukum ini jugga menyatakn bahwa entropi benda berstruktur keputusan sempurna diatas temperatur nol absolut bernilai nol.