4. Melakukan asosiasi elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga dengan sikap dan sosial budaya masyarakat, dan

5. Mengomunikasikan elemen gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga baik secara lisan dan/atau tertulis

Pada pelajaran halaman 5, peserta didik diharapkan dapat mengapresiasi dan berkreasi artian tari, yaitu:

Elemen Gerak Tari

BAB


(2)

Mahkluk kehidupan setiap aku melakukan gerak. Gerak merupakan ciri major dari kehidupan. Gerak apa dilakukan oleh mahkluk lives mengisi ruang dan waktu. Selama mahkluk hidup bergerak memerlukan tenaga. Enim ruang-waktu-tenaga noël dapat terpisah dari gerak. Amati lukis berikut mencapai seksama!

1


3

5

2

4

6

Setelah kita mengamati cat, dll di atas, jawablah beberapa pertanyaan di bawah ini:

1. Apakah ada perbedaan di setiap elemen gerak tari yang dilakukan?2. Apakah sikap gerak yang dilakukan luaran ruang?

3. Berapa banyak lama waktu yang dibutuhkan buat melakukan gerak?4. Berapa terlalu tinggi tenaga apa digunakan untuk melakukan gerak?


(3)

1. Kamu dapat mengamati gerak tari dari sumber lain kemudian internet, menonton pertunjukan melalui VCD, dan bersumber belajar lainnya.2. Kamu dapat observasi gerak tari yang berkembang di daerahmu,

namun juga dapat observasi tarian dari quenn lain.

Anda sedang menonton: Apakah ada perbedaan di setiap elemen gerak tari yang dilakukan


Format Diskusi sasaran Pengamatan Gerak TariNama anggota :

Nama tarian apa diamati : Hari/tanggal pengamatan :

Setelah kamu mengisi kolom tentang asal quận tari tradisionalnya tersebut, then diskusikanlah dengan teman-teman dan isilah kolom dibawah ini.

No. Aspek yang Diamati Uraian tujuan Pengamatan

1 Gerak tari berdasarkan ruang

2 Gerak tari berdasarkan waktu

3 Gerak tari berdasarkan tenagaNo.

Gambar Nama Tarian Asal Daerah

123456


(4)

Kamu telah observasi gerak tari dari berbagai sumber belajar. Kamu juga telah mendiskusikan gawangnya pengamatan tersebut. Tentu saja di antara kalian memiliki persepsi berbeda karena mungkin tari yang diamati juga berbeda. Setiap tari memiliki ragam gerak variasi tetapi memiliki kesamaan yaitu gerak membentuk ruang, butuh waktu, dan tenaga dalam melakukan gerak tersebut.


Indonesia memiliki keragaman gerak tari yang berbeda antara satu kesukuan dengan suku lainnya. Keragaman ini merupak an kekayaan budaya sebagai hasil cipta dengan sengaja manusia. Cat, dll 5.1 menunjukkan ragam gerak tari yang membentuk garis lengkung. Gerak melengkung memberi makna kedinamisan dan keberlanjutan. Gerak dilakukan secara rampak melalui penari mencapai menghadap di atas properti simbol api yang menyala. Api menyimbolkan semangat pantang menyerah dan terus berkobar.

Gerak tari tambahan ditunjukkan pada cat, dll 5.2 Penari mencapai properti adhesi memberi kesan diatas tenaga yang digunakan lebih sedikit buat gerak apa dilakukan merupakan simbolik dari gerak orang perilaku renta.

Gerak tari dengan terkesan tenaga kokoh dan kesan mendalam ruang apa lurus ditunjukkan pada cat, dll 5.3 yaitu doan tari Saman. Tenaga apa digunakan buat menari saman sangat besar untuk gerakan apa dilakukan mendesak dinamis. Tari pak tumbuh dan berkembang di daerah Aceh. Tarian ini diiringi dengan nyanyian apa berisi pujian terhadap Tuhan yang Maha Esa melalui para penarinya. Tarian pak tidak hanya berkembang di daerah Aceh (Sumber: Dok. Kemdikbud)

Gambar 5.1 Tari mencapai bentuk-bentuk ruang yang melengkung.

(Sumber: Dok. Kemdikbud)

Gambar 5.2 Tari menjangkau karakter basi dan tongkat seperti properti.

(Sumber: Dok. Kemdikbud)

Gambar 5.3 Tari saman menggunakan nyanyian dan tepukan diatas badan kemudian

musik pengiring tarian.


(5)

tetapi also di kota- kota besar di Indonesia penyimpangan satunya Jakarta.


Substansi ataukah elemen mendasar tari adalah gerak. Gerak pada tari ini adalah berbeda dengan gerak apa dilakukan sehari-hari. Gerak di ~ tari dilakukan secara ritmis dan luaran makna sedangkan gerak sehari-hari lebih menekankan diatas gerak apa fungsional.

Soedarsono deviasi satu pakar tari di Indonesia menyatakan bahwa tari adalah ekspresi jiwa manusia yang diwujudkan oleh gerak-gerak apa ritmis dan indah.

Deinisi ini pribadi arti bahwa tari terdiri

dari gerak ritmis, merupakan ungkapan ekspresi, dan memiliki keindahan gerak.

B. Ruang, Waktu, dan Tenaga

Elemen dasar tari adalah gerak. Di di dalam gerak mencakup ruang, waktu, dan tenaga.1. Ruang

Jika kamu melakukan gerakan di tempat tidak punya berdiri berarti melakukan gerak di ruang pribadi, sedangkan jika kamu bergerak berpindah tempat maka kamu melakukan gerak di ruang umum. Gerak di di dalam ruang dapat dilakukan sendiri, berpasangan atau berkelompok. Lukisan 5.4 menunjukkan gerak diatas ruang pribadi secara berkelompok. Masing-masing melakukan gerakan yang berbeda.

(Sumber: Ballet publication Buklet)

Gambar 5.4Menunjukkan gerak desain ruang melengkung yang memberikan terkesan


(6)

2. Waktu


Setiap gerak apa dilakukan diperlukan waktu baik gerak estetis maupun gerak fungsional. Gerak fungsional kemudian berjalan menuju ke sekolah tentu butuh waktu. Jika jarak yang ditempuh dekat maka waktu apa dibutuhkan lebih sedikit dibandingkan dengan jarak apa jauh. Jika jarak apa jauh mau sama cepatnya menjangkau jarak yang dekat tiba di tempat, maka gerak yang dilakukan perlu memiliki perbandingan dua ataukah tiga kali dari jarak apa dekat.

Perbedaan cepat ataukah lambat gerak perhatian tempo. Memanggang tempo merupakan cepat atau lambat gerak yang dilakukan. Gerak tari juga memiliki tempo. Fungsional tempo di ~ gerak tari karena memberikan kesan dinamis sehingga tarian enak untuk dinikmati.

3. Tenaga

Setiap kamu does gerak, tentu saja memerlukan tenaga. Penggunaan tenaga di dalam gerak tari meliputi; (a) intensitas, yang berkaitan mencapai kuantitas tenaga di dalam tarian yang menghasilkan tingkat ketegangan gerak; (b) aksen/tekanan muncul selagi gerakan dilakukan secara tiba-tiba dan kontras; (c) kualitas berkaitan dengan cara penggunaan ataukah penyaluran tenaga. Jika gerak apa dilakukan memiliki intensitas tinggi tentu saja memerlukan tenaga apa kuat dan sebaliknya, gerak mencapai intensitas rendah meminta tenaga apa lemah atau sedikit.

Perhatikan gambar 5.6, seorang penari berdiri pada punggung senin temannya. Tenaga yang used oleh penari untuk menahan temannya tentu lebih geram (Sumber: Ballet book Buklet)

Gambar 5.5 Penari dengan gerak melayang memerlukan times saat tumpuan dan melayang sampai dibawah ke

lantai kembali.

(Sumber: D yes sir . Kemdikbud)

G amb ar 5 . 6 Menunjukkan gerak

melompat ke atas punggung requires tenaga lebih kuat karena memberi kesan dan karakter


gerak lebih moving demikian juga yang were pijakan kaki penari.


(7)

dibandingkan dengan yang berdiri di ~ punggung. Kekuatan tenaga menahan temannya tertumpu pada kedua kaki. Tenaga yang dikeluarkan oleh senin penari yang menyangga temannya akan semakin kokoh jika walk berpindah dari satu tempat setelah tempat lainnya.

Bandingkan dengan pose gerak pada lukisan 5.7 apa menunjukkan kaki tertahan di lantai dengan sedikit jinjit. Tenaga yang dikeluarkan tidak sebesar dan sekuat pada gambar 5.8. Gerak tari yang bersumber di ~ tari tradisi Papua kekuatan tenaga crowd pada kaki. Gerak kaki yang cepat dan ritmis merupakan deviasi satu ciri dari tarian Papua. Gerak tari apa tertumpu pada kaki tarian Papua dipengaruhi malalui

kondisi geograis alam apa berbentuk

pegunungan. Kehidupan masyarakat di quận pegunungan memerlukan kaki kuat untuk dapat mendaki dan menuruni bukit. Kehidupan sosial budaya seperti inilah apa berpengaruh also terhadap karya seni tari.

(Sumber: D yes . Kemdikbud)

Gambar 5.7 Menunjukkan gerak kedudukan dengan manuvernya tertahan di lantai memberi kesan ringan sehingga tenaga yang used lebih

ringan juga.

(Sumber: D yes sir . Kemdikbud)

Gambar 5.8 unjuk gerak dengan keuntungan tenaga lebih


besar.

Setelah membaca tesis ruang, waktu, dan tenaga jawablah bertanya di bawah ini:

a. Jelaskan tautan antara gerak mencapai ruang.b. Jelaskan koneksi antara gerak mencapai waktu.c. Jelaskan tautan gerak mencapai tenaga.

d. Di mana caranya diawetkan dan meningkatkan tari yang ada di Indonesia?

e. Setuju atau noël setujukah kamu menjangkau berkembangnya artis tari apa berasal dari luar negeri di kota-kota besar Indonesia?


(8)

Kegiatan 1

Apa apa kamu rasakan ketika melakukan gerak benar dengan gambar berikut? what tenaga yang dikeluarkan lebih besar?

Apa yang kamu rasakan ketika melakukan gerak pantas dengan cat, dll berikut? apa waktu apa dibutuhkan lebih cepat?

(Sumber: dok.Kemendikbud)

Gambar 5.9 tiruan gerak menarik


(Sumber: dok.Kemendikbud)

Gambar 5.10 Gerak menepuk

Aktivitas menjelajahi Gerak Kegiatan 1

1. Lakukan menguji gerak berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga.

2. Lukisan gerak di ~ kegiatan 1 merupakan membangkitkan bagi kamu dalam does eksplorasi gerak.

3. Kamu dapat mencari sumber stimulasi gerak dari berbagai sumber belajar.4. Tujuan melakukan eksplorasi diatas kegiatan 1 ini agar kamu memiliki kesadaran


(9)

Latihan 1

Payung merupakan salah satu properti yang dapat digunakan dalam melakukan latihan gerak ber radikal kan ruang, waktu dan tenaga. Manuver meng digunakan payung dapat menciptakan ber bagai macam variasi ruang dengan meng guna kan times dan tenaga sesuai dengan malu gerak yang dilakukan.

Aktivitas menjelajahi GerakKegiatan 2

1. Lakukan eksplorasi gerak dengan manfaat berbagai macam properti.2. Lukis gerak diatas kegiatan 2 yang menggunakan properti, merupakan


stimulasi bagi kamu dalam does eksplorasi gerak.

3. Kamu dapat search sumber stimulasi gerak dari berbagai bersumber belajar. Dengan benefit properti berbeda.

4. Tujuan melakukan eksplorasi diatas kegiatan 2 ini, agar kamu luaran kesadaran gerak memiliki dengan benefit berbagai macam properti.

Apa yang kamu rasakan ketika melakukan gerak benar dengan cat, dll berikut? maafkan saya ruang yang tangan kedua lebih luas?

(Sumber: dok.Kemendikbud)


(10)

Latihan 3

Lakukan manuver secara berpasangan menjangkau mengiku ti contoh yang ada diatas gambar.

Tempurung cocos merupakan salah satu properti apa dapat used dalam menari. Hampir seluruh suku di Indonesia memiliki pohon kelapa. Pohon covos dapat ditanam di pantai dan juga pegunung an. Di beberapa menyiksa pohon kelapa juga dapat dijadi kan such bahan baku karena membuat rumah, peralatan rumah tangga, juga lambang Pramuka menggunakan cikal kelapa.

Tempurung cocos di menyiksa tertentu isu kegiatan sosial budaya. Tempurung covos ada yang dijadikan seperti gayung air, menakar beras, serta peralatan rumah tangga lain.

Satu


Satu

Dua

Dua

Tiga

Tiga

Empat

Empat

Latihan 2

Kipas merupakan salah satu properti apa dapat used dalam menari. Setiap quận di Indonesia pribadi kipas sesuai dengan ciri khas quenn masing-masing. Ada kipas Bali, Jawa, Sumatera, Sulawesi dan juga Maluku. Jadi hampir segenap da erah di Indonesia pribadi kipas kemudian salah satu identitas daerah.


(11)

Kegiatan 3latihan 1


1. Gerak mengembangkan Sayap

a. Lakukan manuver ini mencapai mengembangkan senin tangan dari bawah setelah atas.

b. Rasakan di atas saat melakukan gerakan menguat sayap

c. Ada ruang apa terbentuk ketika melakukan gerak

d. Ada tenaga yang tangan kedua ketika mengangkat detik tangan usai atas

d. Ada times yang digunakan pada saat melakukan gerake. Lakukan manuvernya ini dengan tempo cepat-sedang-lambatf. Rasakan selisih ketika melakukan gerak

2. Gerak Hinggap

a. Lakukan manuver hinggap menjangkau melompat dari kanan kekiri dan sebalik dari kiri ke kanan

b. Rasakan tenaga yang digunakan ketika does gerakberpindah


(12)

c. Rasakan tempo dari ruang-waktu-tenaga selagi melakukangerak

d. Lakukan gerakan secara bervariasi usai kanan-ke kiri-kedepan-ke belakang

3. Gerak Mematuk

a Lakukan gerakan mematuk dengan memanggang kanan di tekukdepan dada dan rumbai kiri lurus usai damping

b. Gerak kedua tangan bersamaan sebagai mematuk dantangan kaki kiri maju satu langkah demi selangkah sampaiempat hitungan

c. Lakukan bergantian dengan tangan kiri dengan posisi yangsama


(13)

4. Mengembangkan Sayap

a. Lakukan mengembangkan sayap secara garis diagonal tanpamenggunakan selendang atau properti lainnya

b. Rasakan perbedaan ruang-waktu-tenaga diatas

saatmelakukan gerak dengan benefit property selendangdengan tidak punya properti

c. Jika ada perbedaan catatlah selisih tersebut

Gerak timbul sayap diagonal

1. Kamu dapat mengganti properti selendang such sayap mencapai menggu-nakan kipas, bahan panjang, sarung ataukah benda lainnya.

2. Rasakan selisih saat melakukan gerakan dengan manfaat properti yang berbeda

3. Lakukan empat ragam gerak tersebut mencapai hitungan dan jika memung-kinkan mencapai iringan

1. Jelaskan yang dimaksud dengan ruang di dalam tari?2. Jelaskan apa dimaksud dengan waktu di batin tari?3. Jelaskan apa dimaksud dengan tenaga di di dalam tari?

1. Lakukan 5 rangkaian gerak secara berkesinambungan berdasarkan

Pengetahuan

Keterampilan

C. Uji Kompetensi


(14)

D. Rangkuman

Berdasarkan materi apa telah dijelaskan, dapat di simpulkan bahwa gerak tari terdiri dari ruang, waktu, dan tenaga. Apa dapat didiskripsikan secara gigi tiruan sebagai berikut; (1) ruang di dalam gerak merupakan efek yang ditimbulkan acibe gerak yang dilakukan; (2) waktu dalam gerak merupakan satuan kecepatan dari gerak yang dilakukan; (3) tenaga dalam gerak merupakan satuan kekuatan apa dikeluarkan dalam does gerak.

E. Releksi

Pada chapter 5, kamu telah belajar sekitar unsur gerak tari. Materi pembelajaran ini tidak hanya memberikan keterampilan dan pengetahu one tetapi tambahan dapat belajar kyung sikap.

Kamu telah belajar tentang ruang di batin gerak. Ruang terbentuk asibe gerak apa dilakukan. Di di dalam kehidupan, kamu also senantiasa bergerak dari satu tempat usai tempat lain, dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain. Gerak di batin ruang tentu akan berhubungan dengan rakyat lain yang juga melakukan gerak. Untuk tidak saling bertabra modern dalam melakukan gerak maka perlu sikap toleransi dan saling menghormati. Jika kamu bergerak di dalam ruang yang disediakan dan menghormati rakyat lain maka akan menimbulkan rasa aman dan nyaman. Bayangkan jika kita membawa motor di tengah kemacetan dan bergerak tidak punya toleransi dengan setiap orang lain, tentu saja akan semakin menambah kemacetan semakin parah dan panjang.

Kamu dikaji waktu batin me lakukan gerak. Ada nilai-nilai yang dapat kamu terapkan dalam kehidupan berkaitan mencapai waktu. Waktu terus mengalir baik dalam gerak tari dan juga kehidupan nyata. Di dalam kehidupan tentu saja kamu berhubungan dengan rakyat lain baik di sekolah maupun di sekitar tempat tinggal. Kamu memiliki waktu apa sama dalam kehidupan yaitu selama 24 jam. Di antara kamu tentu ada apa memanfaatkan waktu dengan baik tetapi mungkin also membuang times dengan permainan yang noël memiliki makna. Waktu sebaiknya tangan kedua

se-efektif dan se-eisien mungkin. Waktu noel akan pernah

kembali karena waktu kemarin noël sama mencapai sekarang dan apa akan datang.


(15)

Kamu juga telah mempelajari tenaga berdasarkan gerak apa dilakukan. Tenaga merupakan energi karena dapat melakukan usaha. Kamu dapat benefit tenaga buat hal positif sebagai menyalurkan hobi olahraga atau seni. Jangan gunakan tenagamu untuk hal negatif kemudian tawuran karena akan merugi kan diri sendiri.

Selanjutnya, lakukan memperkirakan diri dengan memberikan sign cek (P) pada kolom 1, 2, 3, dan 4 sesuai pendapatmu.Setelah mempelajari pengetahuan dan mandatnya

gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga, saya dapat:

1 2 3 4 Skor

1. Memahami pengertian circa gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga

2. Memahami langkah-langkah dan teknik gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga

3. Diperkerjakan tugas kyung gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga menjangkau percaya diri4. Bekerja pada tugas sekitar gerak tari berdasarkan

ruang, waktu dan tenaga menjangkau disiplin

5. Bekerja tugas sekitar gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga mencapai usaha keras6. Bekerja pada tugas sekitar gerak tari berdasarkan

ruang, times dan tenaga mencapai tuntunan

7. Menghargai kecantikan karya tari sebagai anugerah Tuhan apa Mahakuasa

8. Menghargai karya circa gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga yang saya hasilkan9. Menghargai karya sekitar gerak tari berdasarkan

ruang, times dan tenaga yang dihasilkan teman

JumlahKeterangan: 4= mendesak Baik, 3= Baik, 2= Cukup, 1= Kurang

Aktivitas Mengomunikasikan

1. Kamu telah does aktivitas pembelajaran gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga.

2. Untuk tulisan kyung hasil belajar penyimpangan satu temanmu berupa gerak tari yang dilakukan.

3. Tulisan max 50 kata dan berdasarkan tujuan pengamatan gerak apa dilakukan oleh salah satu temanmu.


(1)

Latihan 3

Lakukan manuver secara berpasangan menjangkau mengiku ti contoh yang ada di ~ gambar.

Tempurung covos merupakan deviasi satu properti yang dapat tangan kedua dalam menari. Hampir seluruh suku di Indonesia memiliki pohon kelapa. Pohon cocos dapat tertanam di pantai dan also pegunung an. Di beberapa quenn pohon kelapa juga dapat dijadi kan kemudian bahan baku untuk membuat rumah, peralatan rumah tangga, kelewat lambang Pramuka keuntungan cikal kelapa.

Tempurung cocos di quenn tertentu isu kegiatan sosial budaya. Tempurung covos ada yang dijadikan sebagai gayung air, menakar beras, serta toolkit rumah tangga lain.

Satu

Satu

Dua

Dua

Tiga

Tiga

Empat

EmpatLatihan 2

Kipas merupakan deviasi satu properti yang dapat tangan kedua dalam menari. Setiap quenn di Indonesia luaran kipas pantas dengan ciri khas daerah masing-masing. Ada kipas Bali, Jawa, Sumatera, Sulawesi dan also Maluku. Enim hampir setiap orang da erah di Indonesia pribadi kipas sebagai salah satu identitas daerah.


(2)

Kegiatan 3latihan 1

1. Gerak meningkatkan Sayap

a. Lakukan gerakan ini menjangkau mengembangkan kedua tangan dari bawah ke atas.

b. Rasakan di ~ saat melakukan gerakan timbul sayap

c. Ada ruang apa terbentuk ketika does gerak

d. Ada tenaga yang tangan kedua ketika mengangkat kedua tangan ke atas

d. Ada waktu yang digunakan pada saat melakukan gerake. Lakukan manuver ini dengan tempo cepat-sedang-lambatf. Rasakan perbedaan ketika does gerak

2. Gerak Hinggap

a. Lakukan manuvernya hinggap dengan melompat dari kanan kekiri dan kebalikan dari kiri nanti kanan

b. Rasakan tenaga yang used ketika melakukan gerakberpindah


(3)

c. Rasakan tempo dari ruang-waktu-tenaga selama melakukangerak

d. Lakukan manuver secara bervariasi nanti kanan-ke kiri-kedepan-ke belakang

3. Gerak Mematuk

a Lakukan gerakan mematuk dengan tangan kanan di tekukdepan dada dan groep kiri lurus setelah damping

b. Gerak kedua tangan bersamaan kemudian mematuk dantangan feet kiri maju satu langkah demi sebuah langkah sampaiempat hitungan

c. Lakukan bergantian dengan tangan kiri dengan lokasi yangsama


(4)

4. Mengembangkan Sayap

a. Lakukan mengembangkan sayap secara diagonal tanpamenggunakan selendang ataukah properti lainnya

b. Rasakan perbedaan ruang-waktu-tenaga di atas saatmelakukan gerak dengan menggunakan property selendangdengan tidak punya properti

c. Jika ada perbedaan catatlah perbedaan tersebut

Gerak timbul sayap diagonal

1. Kamu dapat mengganti properti selendang seperti sayap mencapai menggu-nakan kipas, bahan panjang, sarung ataukah benda lainnya.

2. Rasakan selisih saat melakukan gerakan dengan menggunakan properti yang berbeda

3. Lakukan empat ragam gerak tersebut menjangkau hitungan dan jika memung-kinkan mencapai iringan

1. Jelaskan yang dimaksud dengan ruang di batin tari?2. Jelaskan yang dimaksud dengan waktu di di dalam tari?3. Jelaskan apa dimaksud menjangkau tenaga di dalam tari?

1. Lakukan 5 rangkaian gerak secara berkesinambungan berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga

Pengetahuan

Keterampilan

C. Uji Kompetensi


(5)

D. Rangkuman

Berdasarkan materi apa telah dijelaskan, dapat di simpulkan bahwa gerak tari terdiri dari ruang, waktu, dan tenaga. Apa dapat didiskripsikan secara kilade sebagai berikut; (1) ruang batin gerak merupakan efek apa ditimbulkan akibat gerak apa dilakukan; (2) waktu dalam gerak merupakan satuan kecepatan dari gerak apa dilakukan; (3) tenaga di dalam gerak merupakan satuan kekuatan yang dikeluarkan dalam melakukan gerak.

E. Releksi

Pada bab 5, kamu telah belajar kyung unsur gerak tari. Materi pembelajaran ini tidak hanya memberikan keterampilan dan pengetahu one tetapi juga dapat belajar circa sikap.

Kamu telah belajar sekitar ruang di di dalam gerak. Ruang terbentuk asibe gerak yang dilakukan. Di di dalam kehidupan, kamu juga senantiasa bergerak dari satu tempat setelah tempat lain, dari satu pekerjaan usai pekerjaan lain. Gerak di dalam ruang tentu saja akan berhubungan dengan rakyat lain yang juga melakukan gerak. Karena tidak saling bertabra dimodernkan dalam melakukan gerak maka haruss sikap toleransi dan saling menghormati. Jika kamu bergerak di dalam ruang apa disediakan dan menghormati people lain maka ini adalah menimbulkan rasa aman dan nyaman. Bayangkan jika kita membawa motor di sentral kemacetan dan bergerak tanpa toleransi dengan orang lain, tentu akan semakin menambah kemacetan semakin parah dan panjang.

Kamu riset waktu dalam me lakukan gerak. Ada nilai-nilai yang dapat kamu terapkan di dalam kehidupan berkaitan dengan waktu. Waktu terus lari baik di dalam gerak tari dan juga kehidupan nyata. Dalam kehidupan tentu saja kamu berhubungan dengan rakyat lain baik di sekolah maupun di kyung tempat tinggal. Kamu luaran waktu apa sama batin kehidupan yaitu selama 24 jam. Middle kamu tentu ada yang memanfaatkan times dengan baik tetapi mungkin tambahan membuang waktu dengan bermain yang noël memiliki makna. Waktu sebaiknya digunakan

se-efektif dan se-eisien mungkin. Waktu noël akan pernah

kembali untuk waktu kemarin noël sama mencapai sekarang dan yang akan datang.


(6)

Kamu also telah mempelajari tenaga berdasarkan gerak apa dilakukan. Tenaga merupakan energi karena dapat melakukan usaha. Kamu dapat keuntungan tenaga untuk hal positif such menyalurkan hobi olahraga atau seni. Jangan gunakan tenagamu buat hal negatif sebagai tawuran untuk akan merugi kan diri sendiri.

Selanjutnya, lakukan estimasi diri mencapai memberikan tanda cek (P) diatas kolom 1, 2, 3, dan 4 benar pendapatmu.

Setelah mempelajari pengetahuan dan melaksanakan gerak tari berdasarkan ruang, times dan tenaga, saya dapat:

1 2 3 4 Skor

1. Dipahami pengertian circa gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga

2. Memahami langkah-langkah dan teknik gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga

3. Mengerjakan tugas tentang gerak tari berdasarkan ruang, times dan tenaga mencapai percaya diri4. Diperkerjakan tugas sekitar gerak tari berdasarkan

ruang, waktu dan tenaga menjangkau disiplin

5. Diperkerjakan tugas tentang gerak tari berdasarkan ruang, times dan tenaga dengan usaha keras6. Bekerja tugas tentang gerak tari berdasarkan

ruang, waktu dan tenaga menjangkau tuntunan

7. Menghargai keindahan karya tari such anugerah Tuhan apa Mahakuasa

8. Menghargai karya tentang gerak tari berdasarkan ruang, waktu dan tenaga apa saya hasilkan9. Menghargai karya circa gerak tari berdasarkan

ruang, waktu dan tenaga yang dihasilkan teman

JumlahKeterangan: 4= mendesak Baik, 3= Baik, 2= Cukup, 1= Kurang

Aktivitas Mengomunikasikan

1. Kamu telah melakukan aktivitas pembelajaran gerak tari berdasarkan ruang, waktu, dan tenaga.

2. Karena tulisan tentang hasil belajar penyimpangan satu temanmu berupa gerak tari apa dilakukan.

3. Tulisan max 50 kata dan berdasarkan gawangnya pengamatan gerak yang dilakukan melalui salah satu temanmu.

Lihat lainnya: Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Virus Corona Covid 19, Tentang Virus Corona Covid

4. Tulisan memberikan kritik yang membangun sehingga kamu dan teman mengetahui kelemahan dan saya dirampas sehingga dapat melakukan gerak tari lebih baik lagi.