Umat umat ​​manusia telah mengirim circa 30 wahana dan penjelajah luar angkasa nanti Planet Merah darimana era luar tempat dimulai. Sekarang kita tahu sejumlah mikroba dapat bertahan hidup di dalam perjalanan itu, kata lancar genetika christopher Mason.

Anda sedang menonton: Apakah di planet mars ada kehidupan


Saat their membaca jadwal acara ini, sebuah mesin tengah menggelinding menjangkau susah payah di permukaannya Mars.


Perseverance - penjelajah seukuran mobil apa mendarat menjangkau selamat di permukaan Mars di atas 18 Februari lima ini - mungkin just bisa melaju kurang dari 0,1 mil per kota (155 meter/jam), namun ia membawa berbagai alat, instrumen, dan eksperimen yang telah memberikan gawangnya luar biasa untuk ilmu pengetahuan.


Di dalam badan penjelajah sepanjang tiga meter ini, terdapat pula sebuah mesin apa dapat mengubah udara Mars apa tipis dan kerajaan karbon dioksida were oksigen, juga sebuah helikopter seukuran kotak tisu yang untuk pertama kalinya melakukan penerbangan terkontrol di planet lain.


Helikopter yang bernama resourcefulness ini telah berhasil melakukan tiga penerbangan, setiap kali terbang, ia mampu mengudara lebih besar dan lebih lama dari sebelumnya.


Tapi, adakah hal-hal lain apa 'menumpang' dalam perangkat sulit penjelajah ini? Mungkinkah bakteri atau spora dari Bumi tak sengaja terangkut nanti luar angkasa dan bertahan hingga Mars?


NASA dan para ilmuwannya di Jet Propulsion activities (JPL) pribadi protokol ketat dan menyeluruh buat meminimalkan jumlah organisme apa mungkin secara tak sengaja menumpang di dalam misi luar angkasa.


Standar apa disepakati secara internasional memandu seberapa ketat protokol yang harus dipenuhi ini, dan NASA - dalam beberapa kasus - ~ melampaui ekspektasi.


Meski begitu, dua penelitian terbaru menyoroti di mana sejumlah organisme dapat bertahan dari tangani itu pembersihan dan juga dalam perjalanan nanti Mars, dan seberapa cepat spesies mikroba dapat berevolusi keluar angkasa.


Pertama-tama, mari kita mulai dengan proses apa harus dilakukan untuk membangun wahana Perseverance, dan sebagian besar pesawat luar angkasa apa dibuat di fasilitas pemasangan pesawat luar ruang angkasa (SAF) milik JPL.


Di sana, pesawatnya luar tempat dibangun selapis demi selapis dengan terutang hati-hati, seperti lapisan bawang. Dan silam lapisan lain ditambahkan, seluruh lapisan terdesak harus dibersihkan.


Metode ini jangkauan bakteri, virus, jamur, ataukah spora di atas peralatan yang akan dikirim batin suatu misi.


*

Sumber gambar, NASA/Jim Grossmann


Keterangan gambar,

Pesawat luar secara spasial menjalani tangani itu pembersihan ketat saat dirakit dan disiapkan karena diluncurkan setelah planet lain.


Pesawat luar angkasa tambahan dibangun dengan ruangan-ruangan menjangkau filter udara dan prosedural kontrol biologis yang ketat. Ini dirancang untuk memastikan bahwa hanya beberapa ratusan partikel apa dapat mencemari setiap meter persegi, dan idealnya tidak lebih dari pemfitnahan lusin spora every setiap meter persegi.


Tapi, hampir noël mungkin untuk membuat pesawat mencapai nol biomassa. Mikroba telah berada di Bumi selama jutaan tahun, dan mereka ada dimana-mana.

Lihat lainnya: B. J. Habibie Menjabat Dalam Kabinet Menteri, Development Reform Cabinet


Mereka ada di dalam tubuh kita, di permukaan kulit kita, dan di tentang kita. Beberapa bahkan dapat menyelinap nanti ruangan yang paling bersih sekalipun.