Hukum zakat didasari rujukan yang kuat yakni Al-Qur"an dan Hadist. Such yang termaktub di dalam surah Al Baqarah ayat 43:

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

Artinya: “Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang ruku”

Seluruh umat Islam terdaftar menunaikan zakat fitrah. Teruntuk zakat mal, bertindak wajib just berlaku kepada kaum muslimin apa tergolong siap mampu dan telah memenuhi rukun dan syarat yang ditetapkan.

Anda sedang menonton: Apakah janda wajib membayar zakat fitrah

Berdasarkan ketetapan Kementerian religius Republik Indonesia, syarat wajib zakat adalah sebagai berikut:

Beragama Islam

Seluruh kaum muslim wajib hukum menunaikan zakat.

Manusia Merdeka

Zakat noel wajib overhead hamba sahaya, buat mereka tidak mempunyai ke kanan milik.

Berakal dan cantik Baligh

Memiliki nalar sehat dan siap mengerti kewajiban.

Hartanya delegasi Dizakati

Tidak segenap harta yang dimiliki diamanatkan dizakati. Syariat Islam telah divisi jenis-jenis harta yang dikenakan wajib zakat.

Sudah mencapai Nishab

Telah keseimbangan atau terlampaui batas minimum wajib zakat karena harta apa dikeluarkan zakatnya.

Harta ha Secara Penuh

Hartanya utuh dan berada di tangan sendiri.

Kepemilikan Harta Satu Tahun

Harta apa diwajib dizakati telah menjangkau satu tahun.

Tidak di dalam Keadaan Berhutang

Zakat kemudian kewajiban noel boleh diartikan such salah satu bentuk kebaikan orang kerajaan (muzaki) terhadap people miskin (mustahik). Jika seperti ini terjadi, maka gawangnya berzakat untuk membangun dan mempertahankan melakukan dan martabat kemanusiaan noël tercapai.

Zakat Kepada Janda

*

Status janda apa dimiliki seseorang belum tentu berhak resepsi manfaat zakat. Seorang janda apa sudah dapat memenuhi kebutuhan hidupnya noel berhak mendapatkan manfaatnya zakat. Namun, jika belum mampu memenuhi kebutuhan hidupnya dan tidak ada orang lain apa menanggungnya, maka janda tersebut berhak penerimaan manfaat zakat.

Janda tersebut berhak menerima zakat bukan untuk statusnya, melainkan karena kondisinya yang memang belum mampu memenuhi kebutuhan kehidupan hariannya. Oleh karena itu, janda dengan kondisi demikian tergolong social fakir miskin apa termasuk setelah dalam 8 golongan penerima zakat.

Hukum Berikan Zakat Kepada Saudara dan Kerabat

*

Penerima zakat atau mustahiq terdiri dari 8 golongan (asnaf) apa di dalamnya noel disebutkan secara eksplisit mengenai janda dan kerabat. Namun untuk zakat fitrah sendiri, pemberiannya khusus buat masyarakat pra sejahtera untuk tujuannya noël lain adalah mencukupi pangan saudara ketika aku Raya Idulfitri.

Oleh buat itu, kerabat terdekat ataupun janda apa kebutuhannya tak tercukupi berhak penerimaan manfaat zakat lateral 8 golongan tadi. Mereka apa menunaikan zakat untuk dua golongan ini menjadi mendapat dua pahala sekalugus, yaki pahala menjalin silaturahmi dan pahala sedekah.

Sementara itu, ijtima ulama memperbolehkan pemberian manfaat zakat kepada keponakan, sepupu, dan adik yang bukan berasal dari baris keturunan vertikal. Pasalnya, mereka dikelompokkan ke dalam orang-orang yang ndak merupakan tanggungan nafkah secara langsung. Anggota familial yang tidak boleh menerima zakat adalah anak, istri atau suami, dan orang basi karena masih merupakan tanggungan nafkah secara langsung.

Untuk zakat mal (harta), muzakki dapat memberikannya kepada familial terdekat yang ndak berasal dari garis keturunan vertikal. Namun demikian, harus dipastikan terlebih sebelum kalau familial terdekat yang ingin dizakati memang termasuk nanti dalam golongan penerima jasa zakat.

Lihat lainnya: Surat Al Lahab Dan Arti Surat Al Lahab Ayat 2, Surat Al Lahab Dan Artinya (Ayat 1

Kesimpulannya, para muzakki diperkenankan untuk memberikan zakatnya kepada familial dan kerabat hipotesa termasuk setelah dalam golongan social prasejahtera yang memang membutuhkan uluran tangan.