Sebagian besar keputihan memang tidak perlu diobati dan bisa pulih sendiri, misalnya keputihan buat ovulasi, menjelang menstruasi, ataukah kehamilan. Namun, jika keputihan muncul beserta keluhan apa mengganggu, kondisi ini harus diobati. Cara mengatasi keputihan pun ada beragam.

Anda sedang menonton: Apakah keputihan bisa sembuh setelah melahirkan

Keputihan mungkin terjadi untuk pada dinding vagina dan leher rahim terdapat kelenjar apa memproduksi cairan atau pelumas. Cairan ini dihasilkan seperti bentuk defence tubuh wanita untuk menjaga health organ intimnya.

*

Keputihan apa normal pada umumnya berwarna weiss susu ataukah jernih, noël berbau, dan noel terasa gatal atau perih. Keputihan tangga sebenarnya noël memerlukan perlakuan khusus.

Namun, selama keputihan muncul beserta keluhan lain, kemudian nyeri atau gatal di vagina, keputihan berbau tidak sedap, atau nyeri saat berhubungan intim, kondisi ini perlu diwaspadai untuk bisa saja disebabkan oleh penyakit tertentu.

Mengenali Tanda-Tanda Keputihan tidak Normal

Keputihan tidak normal dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti penyakit menular seksual, infeksi radang usus besar di vagina ataukah vaginosis bakterialis, dileburkan parasit trikomoniasis, infeksi jamur, kanker serviks, hingga memengaruhi samping medicine tertentu, seperti antibiotik dan pil kontrasepsi.

Umumnya keputihan tidak normal ini adalah terasa knalen dan noël bisa pulih dengan sendirinya. Selain itu, keputihan noël normal tambahan kerap demo beberapa ciri berikut:

Berwarna kehijauan, kuning, ataukah kecokelatanLebih kental atau lengket dari biasanyaBerbau menyengatTimbul rasa gatal atau perih dan kemerahan pada vagina dan area sekitarnyaTimbul darah atau bercak luarnya masa menstruasi

Selain itu, keputihan apa disebabkan melalui penyakit tertentu juga bisa menyebabkan keluhan lain, such nyeri saat atau setelah berhubungan intim serta anyang-anyangan.

Cara diatasi Keputihan yang Tepat

Seperti yang telah disebutkan di atas, keputihan apa normal umumnya tidak harm dan bisa ~ hilang mencapai sendirinya tanpa pengobatan. Namun, jika keputihan yang muncul mengarah ke keputihan yang noël normal, kondisi ini harus diwaspadai dan menangani dengan tepat.

Ada beberapa cara apa bisa their lakukan guna mengatasi keputihan tersebut, di antaranya:

1. Bersihkan vagina dengan tepat

Untuk diatasi keputihan, their bisa mulai rapi vagina mencapai cara apa tepat, yaitu dengan membasuhnya dari dore ke belakang atau dari arah vagina menyundul anus, bukan sebaliknya. Bersihkanlah vagina setiap kali selesai limbah air small atau buang air besar.

Sebisa mungkin, bersihkanlah vagina dengan keuntungan air lembap saja, atau bila their ingin manfaat sabun, gunakanlah sabun yang berbahan ringan dan tidak punya pewangi.

2. Hindari keuntungan produk kewanitaan

Vagina sebenarnya adalah organ yang dapat stabil dirinya sendiri. Oleh sebab itu, Anda tidak perlu manfaat produk shirer kewanitaan, kemudian cairan pembersih vagina (vaginal douche) atau bedak vagina.

Pasalnya, produk-produk kewanitaan dapat merusak setara mikrobiota alami apa terdapat di ~ vagina. Jadi, bukannya membantu mengatasi keputihan, penggunaan produk tersebut justru bisa memperparah keputihan yang dialami.

3. Digunakan kompres dingin

Guna meredakan rasa tidak nyaman, sebagai gatal atau bengkak, pada vagina saat mengalami keputihan, Anda tambahan bisa coba buat menggunakan kompres dingin. Kompreslah vagina keuntungan kompres pita pengukur atau waslap lembut apa direndam di dalam air dingin.

4. Konsultasi pada dokter

Apabila keputihan tidak normal yang Anda alami berlangsung lebih dari 1 minggu, sebaiknya secepatnya konsultasikan hal tersebut di ~ dokter. Kedelapan akan mengobati keputihan benar dengan penyebabnya.

Jika keputihan anda disebabkan malalui infeksi bakteri, dokter dapat memberikan obat antibiotik, sesuai jenis kuman bangsaaksi keputihan. Sementara itu, bila keputihan yang Anda bawaan disebabkan oleh infeksi jamur, dokter bisa akan meresepkan obat antijamur batin bentuk krim ataukah tablet yang dimasukkan setelah dalam vagina.

Untuk mengobati keputihan asibe infeksi parasit, sebagai trikomoniasis, tutur bisa memberikan obat antiparasit.

5. Memanfaatkannya kondom saat berhubungan seksual

Untuk dihindari infeksi dulu semakin parah dan memaksimalkan pengobatan keputihan, mintalah pasangan Anda untuk menggunakan kondom saat berhubungan seksual, selama 1 minggu pengobatan. Lebih baik lagi, jika bisa, tunda dulu berhubungan seksual pada times tesebut.

Selain itu, cara ini juga penting dilakukan untuk mencegah keputihan kambuh back di kemudian hari.

Cara prevalensi Keputihan noel Normal

Untuk dihindari terjadinya keputihan yang noël normal, anda perlu menjaga health vagina dengan melakukan cara-cara berikut:

Cuci celana batin dengan air hangat dan sabun.Ganti pembalut reguler saat mendatangi bulan.Hindari terlalu sering berendam dalam air panas.Hindari benefit celana apa terlalu ketat.Gunakan celana dalam berbahan katun.Konsumsi pakan sehat dengan nutrisi seimbang.Konsumsi makanan atau minuman apa mengandung probiotik, misalnya yoghurt.

Lihat lainnya: Jangan Sampai Tertipu Batu Akik Black Opal Belum Jadi, Jual Bahan Batu Black Opal Terbaru

Apabila their masih luaran pertanyaan mengenai cara diatasi keputihan atau jika anda mengalami keputihan yang tidak normal, bukan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter terkait hal ini. Langkah ini penting buat memastikan what penyebab keputihan yang Anda alami, sehingga cara mengatasi keputihan tambahan bisa lebih tepat.