oksavingmoney.com, Jakarta Tari Lenggang Nyai kembali menjadi perbincangan di internet ke menjadi usulnya Belajar dari Rumah TVRI untuk murid SMP 22 April 2020. Program tersebut were alternatif kegiatan selama anak-anak belajar dari rumah selama masa pandemi virus corona Covid-19 yang digagas Kementerian training dan Kebudayaan.

Anda sedang menonton: Apakah keunikan tari lenggang nyai tvri

Terdiri dari tiga pertanyaan, pertama apakah keunikan Tari Lenggang Nyai? Apakah perbedaan pola lantai tari secara tradisional dan tari kreasi? Dan ceritakan sinopsis dari Tari Lenggang Nyai? kunci jawaban pun telah tersebar dan para murid sendiri mungkin mencari knows di machin pencarian internet.


TERKAIT: tale Ufa Sofura circa Passion dan Kecintaannya pada Dance
TERKAIT: Seni: champa Dance meet Up Hadirkan Karya 6 Koreografer muda Terbaik
TERKAIT: Tari Thengul dari Jawa Timur Menyapa Dunia

Namun ada cerita menarik lainbutuh di menggoreng tari penciptaan asal Betawi tersebut yang jarang diketahui. Awal dari pembuat musik awal, pembantu penata tari, gerakan apa sudah kawanan dimodifikasi, dan lainnya. 

Berikut 3 fact Tari Lenggang Nyai apa jarang diketahui diungkap Wakil chairil Asosiasi Seniman Tari Indonesia (ASETI) Atien Kisam. Seniman Betawi sekaligus koreografer dan penata tari ini tambahan ikut andil di dalam penciptaan start tari kreasi yang mencuri atensi tersebut;


Acuan Gerak Dasar


Pada dasarnya sebuah tari kreasi noël boleh dimodifikasi lagi, baik musik pengiring dan teknik dasar gerak buat menyalahi aturan Hak properti Intelektual (HAKI). 

Namun faktanya kerumunan ditemukan manuver tari yang salah mencapai mengacak-acak desain gerak. Keterbatasan pengajar seni menjadi salah satu alasan.

"Pernah saya tanya, alasannya untuk keterbatasan guru seni atau sampai ada yang double job. Ada juga karena deviasi referensi, anak-anak belajar sendiri di YouTube, sebaiknya ikuti proses latihan seperti di balai sebuah latihan kesenian atau pusat pelatihan artian budaya, ujar Bang Atien saat dihubungi oksavingmoney.com, Kamis (23/4).

 

 


Pencipta Gerak Tari dan Musik


Penata Tari Lenggang Nyai adalah Wiwik Widiastuti bersama asisten Penata Tari Pipiet S. Prinka (alm). Sementara pembuat musik Tari Lenggang Nyai adalah Sanggar Topeng Betawi Ratnasari yang dipakai hingga sekarang.

"Jika ingin membawa tari kreasi dan tradisi seyogyanya bisa memanggil pakar, ahli, ataukah tenaga tari agar noël terjadi kekeliruan. Enggak bisa cuma belajar dari web saja," sambungnya.

 

 


Hanya buat Dibawakan malalui Perempuan


Setelah miris mencapai modifikasi gerakan di dalam tari kreasi tersebut, keprihatinan go adalah saat Tari Lenggang Nyai dibawakan melalui pria asing di luar negeri. Padahal, jika dilihat dari penjelasan di baliknya, tarian tersebut hanya karena dibawakan oleh perempuan.

Lihat lainnya: Benda Apa Saja Yang Dapat Digunakan Sebagai Instrumen Musik Dari Benda Sekitar

"Tarian ini dijelaskan gadis-gadis Betawi yang sedang melenggak-lenggok apa melambangkan kebebasan di dalam dimensi gerak. Sayangnya ada setiap orang yang noël membaca deskripsinya, saya pernah penampilan tarian ini dibawakan malalui pria di luar negeri," lanjutnya.


Simak video clip berikut ini


Yuk, cari kenal gaya berbusana Rossa yang "Chic, Practical and Fit" hanya di personal Style!


#ChangeMaker 


Kredit
Bagikan
10
What"s top top oksavingmoney.com
it is provided by
*

Keep Going
*

Popular
*
imagenic. (dok.Instagram