Salat tepat waktu adalah deviasi satu amalan agar sanggup msuk surga tanpa dihisab terlebih dahulu. Foto: Repro Detik.com
*
*

KENDARI, oksavingmoney.com - surga merupakan balasan tertinggi bagi umat Islam di akhirat kelak, diperuntukkan bagi mereka apa mendapat rahmat Allah Ta"ala.

Anda sedang menonton: Apakah mati syahid masuk surga tanpa hisab

Sebelum dilampiri surga, segenap orang become dihisab seluruh perbuatannya ketika lives di dunia. Hisab merupakan sebuah proses selama amal dan dosa ditampakkan semuanya, amal baik dan amal buruk.

Dilansir dari Detik.com, ada golongan orang apa bisa langsung masuk surga tanpa dihisab. Di dalam hadis yang berasal dari Abu Bakar radhiyallahu anhu. Minuman bahwa:


Dari Abu Bakar radhiyallahu anhu. Bahwa Rasulullah shalallahu wassalam bersabda, "Aku dianugerahi Allah 70.000 people dari umatku masuk surga tanpa hisab. Wajah mereka tampak seperti bulan di malam purnama. Trấn mereka semuanya sama. Lalu, aku memohon tambahan kepada Allah dan Allah appendisitis untukku setiap satu orang were 70.000 orang." (HR. Ahmad di dalam Musnad dengan sanad apa shahih).

Dalam riwayat go dijelaskan, di antara umat Rasulullah shalallahu wassalam yang masuk surga tanpa hisab, mereka juga tidak akan mendapat siksaan.

Dari Abu Umamah bahwa Rasulullah bersabda: "Tuhanku berjanji kepadaku bahwa akan ada 70.000 people dari umatku yang masuk surga tanpa hisab dan tanpa disiksa. Dan, setiap seribu orang bersama 70.000 rakyat dan tiga genggaman dari genggaman Tuhanku." (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Ibnu Hibban).

Baca tambahan : Amalan dan Zikir yang menghapuskan Dosa Meski Sebanyak Buih di Lautan

Mahir Ahmad Ash-Syufiy di dalam bukunya yang berjudul surga menjelaskan, golongan orang apa akan masuk surga tanpa hisab disebutkan dalam Al-Qur’an di ~ surat Al-Waqiah.

Allah ta"ala dalam surat Al-Waqiah menerangkan, mereka menemani itu adalah orang-orang apa lebih dulu beriman dan didekatkan kepada-Nya. Allah ta"ala menanamkan kemuliaan, cinta, takdir, dan keagungan kepada mereka. Mereka adalah cermin dalam iman, amal kebaikan, jihad, ilmu, anugerah, kelembutan hati, cinta, kesempurnaan, akhlak, dan keagungan.

"Dan orang-orang apa beriman most dahulu, mereka itulah apa didekatkan kepada Allah. Berada batin jannah kenikmatan. Segolongan terlalu tinggi dari orang-orang yang terdahulu,dan segolongan small dari orang-orang yang kemudian." (QS. Al-Waqiah: 10-14).

Baca also : Amalan dan Doa Agar langsung Dipertemukan menjangkau Jodoh

Dalam sebuah hadis disebutkan bahwa ada tiga golongan setiap orang mukmin yang pertama dimasukkan surga. Mereka adalah setiap orang yang dies syahid, orang yang suci untuk kesuciannya, dan hamba sahaya yang beribadah kepada Allah invisor serta memberikan nasihan kepada tuannya.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu. Bahwa Rasulullah bersabda: "Ditampakkan kepadaku tiga golongan orang yang pertama kali become masuk surga, yaitu orang-orang yang mati syahid, orang-orang apa suci serta mengolah kesuciannya, dan hamba-hamba sahaya apa beribadah kepada Allah invisor serta memberikan nasihat kepada tuannya." (HR. Ahmad di dalam Musnad, Hakim di dalam Al-Mustadrak, dan Baihaqi batin As-Sunan)

Baca tambahan : Ini 8 Amalan Ringan Berbalas Surga

Amalan maafkan saya yang harus dilakukan agar bisa ~ masuk surga tanpa hisab?

Dikutip dari Detik.com, pemfitnahan amalan apa bisa dilakukan setiap muslim untuk memudahkan masuk surga tanpa hisab adalah:

1. Selalu ingat Allah

Mengingat Allah subhanahu wa ta"ala dapat dilakukan mencapai berzikir. Rabi" Abdur Rauf Az-Zawawi dalam bukunya Al-Baqiyatus Shalihat mengatakan, zikir merupakan deviasi satu amalan keabadian yang noël merugikan.

2. Salat benar Waktu

Abdul Nashir Balih di dalam bukunya Masuk surga Tanpa Hisab menjelaskan, orang yang menunaikan salat tepat waktu implisit salah satu golongan orang apa masuk surga tanpa hisab.

Salat benar waktu tambahan termasuk satu dari tiga amalan yang amat cinta Allah subhanahu wa ta"ala. Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis apa berasal dari Abu "Abdirrahman "Abdullah bin Mas"ud RA, dia bercerita: "Aku pernah meminta kepada Nabi Muhammad shalallahu wassalam, "Amal what yang paling dicintai Allah Ta"ala? "Beliau Rasulullah SAW: "Salat di atas waktunya."Lalu maafkan saya lagi", tanyaku. Beliau pun menjawab: "Berbakti kepada kedua orang tua." kemudian apa lagi," tanyaku lebih lanjut. Maka beliau menjawab: "Jihad di beraliran Allah." (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim).

3. Ringankan Beban rakyat Lain

Masih dalam buku yang sama, meringankan beban orang lain tersirat salah satu amalan apa akan memudahkan untuk masuk surga tanpa hisab.

Dalam sebuah hadis apa diriwayatkan malalui Imam Muslim ia mengatakan bahwa Allah ta"ala menjadi meringankan beban di dunia dan akhirat bagi orang yang meringankan beban people lain.

Dari Abu Hurairah dialah berkata, Rasulullah bersabda, "Barangsiapa yang help seorang muslim (dalam) suatu kesusahan di dunia maka Allah ini adalah menolongnya di dalam kesusahan pada aku kiamat, dan barangsiapa apa meringankan (beban) seorang Muslim apa sedang kesulitan maka Allah menjadi meringankan (bebannya) di dunia dan akhirat. (HR. Muslim).

Baca juga : Ternyata Ini Amalan yang Dapat were Pembuka Berkah Pintu Rezeki

Dilansir dari ihram.co.id, dalam suatu riwayat, Nabi Muhammad shallallahu "alaihi wasallam bertanya kepada sahabatnya apa sedang berdiskusi perdebatan 70 ribu orang yang masuk surga tanpa hisab. Rasulullah bersabda: 

“Persoalan apa yang sedang kalian diskusikan?” Mereka pun bercerita, “Wahai Rasulullah, kalian bercerita, berdiskusi mengenai siapa yang termasuk 70 ribu orang apa masuk surga tanpa hisab dan azab itu?”

Nabi shallallahu "alaihi wasallam kemudian bersabda: “Mereka itu adalah orang-orang yang noël berjampi-jampi, melakukan ruqyah, dan noel minta diruqyah. Mereka noël meramal nasib. Dan kepada Allah, mereka bertawakal,”.

Dijelaskan bahwa orang apa pergi ke dukun, misalnya berarti dia noël tawakal. KH Ali Mustafa Yaqub batin buku "Kalau Istiqamah Nggak Bakal Takut, Nggak Bakal Sedih" mencontohkan, apabila seseorang datang nanti tempat ruqyah meski ruqyahnya syar’i, berarti yang bersangkutan kurang bertawakal kepada Allah SWT. Jika people itu yakin kepada Allah, kata KH Ali, maka cukuplah baginya berdoa kepada Allah dan meruqyah aku sebagaimana Rasulullah witnessed meruqyah dirinya sendiri.

Lihat lainnya: Western Union Expands With Bank Syariah Indonesia Merger Dari Bank Apa

Doa Agar Masuk surga Tanpa Hisab

Rasulullah shallallahu "alaihi wasallam pernah mewasiatkan kepada sahabat Ali bin Abi Thalib, doa apa dapat produksi orang yang membacanya noël akan dihisab melalui Allah. 

Maksudnya kendati pun orang tersebut pernah melakukan perbuatan dosa di atas masa lalu kemudian bertobat menjangkau sungguh-sungguh lalu baca secara terpisah doa ini, maka Allah tidak akan menghisab dosa-dosanya di masa lalu. 

Baca also : 14 Amalan yang Mengundang Hadirnya tercinta Allah

Keterangan ini dapat ditemukan dalam kitab Wasiyatul Mustofa yaini kitab berisi wasiat-wasiat Rasulullah kepada sahabat Ali bin Abi Thalib yang disusun oleh Syekh Abdul Wahab bin Ahmad bin Ali bin Ahmad bin Ali bin Muhammad bin Musa Asy Syarani Al Anshari Asy Syafi"i Asy Syadzili Al Mishri atau dikenal seperti Imam Asy Syarani.

Wahai Ali, barang siapa setiap days membaca:

Allahumma barik liy fil mauti, wa fiymaa ba"dal mauti. 

Artinya: miliki Allah berikanlah keberkahan kepadaku ketika mati dan usai mati. 

Maka Allah noël akan menghisab dosa yang pernah diperbuatnya selama di dunia. Wallahu a"lam. (C)