Beberapa cara pengobatan miom antara go konsumsi obat antiinflamasi, terapi hormon, pasang KB spiral, dan kerja rahim. Types pengobatan akan disesuaikan dengan dalam jumlah besar dan lokasi miom serta kondisi kesehatan pasien.

Anda sedang menonton: Apakah miom bisa sembuh tanpa operasi


*
Miom atau mioma uteri adalah tumor jinak dan tidak berisiko were kanker
Mioma uteri atau miom adalah benjolan atau tumor jinak apa tumbuh di rahim. Terms ini seringkali noel menimbulkan komplikasi dan bisa ~ hilang menjangkau sendirinya. Namun diatas beberapa kasus, gejala cukup knalen sehingga perlu dilakukan pengobatan miom. Pengobatan miom bisa dilakukan tidak punya dan mencapai operasi. Pilihan perawatan ini adalah disesuaikan dengan kondisi pasien. Berikut ini penjabaran lebih penuh mengenai cara mengobati miom.
*

Mioma uteri atau miom adalah benjolan atau tumor yang tumbuh di rahim. Tumor ini bersifat jinak dan tidak berpotensi were kanker. Pertumbuhan miom konvensional lambat atau bahkan stagnan. Setelah menopause, benjolan yang ada cenderung ini adalah menyusut.Mioma uteri merupakan kondisi apa umum pada wanita. Bahkan, tidak jarang para wanita noel menyadari pribadi tumor jinak ini untuk tidak ada gejala apa timbul dan benjolannya pada kawanan kasus bisa hilang menjangkau sendirinya.Namun, diatas beberapa terms lain, tumor ini bisa ~ memicu gejala apa mengganggu, sehingga pengobatan miom haruss dilakukan.Beberapa komplikasi miom antara lain:Nyeri di bagian panggulNyeri di punggung dan kakiSembelitSering ingin limbah air small namun sulit mengeluarkan urineMiom dapat dideteksi dengan pemeriksaan ultrasound dan memeriksa laboratorium. Beberapa dirombak radiologi such MRI, hysterosonography, dan hysterosalphingography juga bisa dilakukan karena mendukung diagnosis.
*

Pengobatan miom bisa ~ dilakukan untuk meredakan komplikasi miom maupun mengurangi mass tumor yang ada. Noël semua benjolan miom harus dioperasi. Beberapa sanggup terbantu dengan meningkatkan obat maupun cara lain sebagai pemasangan tool kontrasepsi.Berikut ini mayoritas cara mengobati miom tanpa operasi:

1. Terapi GnRH angonis

GnRH adalah singkatan dari gonadotropin-releasing hormone yang secara alami akibat bisa dihasilkan tubuh. Obat yang mengandung hormon ini dapat making miom menyusut dengan cara menghambat produksi hormon estrogen dan progesteron.Dengan terhambatnya making estrogen dan progesteron, maka tubuh become mengalami menopause karena sementara waktu. Selain making miom menyusut, kapak ini become membuat anda berhenti menstruasi untuk sementara times dan biasanya komplikasi anemia pun ini adalah membaik.Biasanya, GnRH digunakan noël lebih dari enam bulan karena dalam jangka panjang, obat ini bisa untuk membuat orang apa mengonsumsinya berisiko mengalami osteoporosis. Untuk meminimalisir hal ini, kedelapan biasanya akan memberikan obat hormon progesteron agar risiko osteoporosis di kemudian hari bisa menurun.

2. Mounting IUD

IUD adalah deviasi satu metode kontrasepsi yang biasa dikenal seperti KB spiral. IUD merupakan penyimpangan satu cara mengobati gejala miom tidak punya operasi dan obat.Metode ini sanggup meredakan pendarahan bagus dan nyeri perut bawah apa terjadi acibe mioma uteri. Haruss diingat bahwa IUD hanya meredakan gejala, bukan menghilangkan mioma uteri.Selain IUD, metode kontrasepsi lain yaitu mengonsumsi pil KB tambahan bisa dipilih karena meredakan komplikasi miom buat pil kontrasepsi dapat mengendalikan perdarahan dan anemia yang kerap terjadi di atas wanita yang mengidap tumor jinak ini.

3. Meningkatkan ibuprofen

Ibuprofen maupun obat-obatan yang masuk ke dalam doan antiinflamasi no steroid (NSAID) lainnya sanggup dikonsumsi untuk meredakan gejala apa disebabkan melalui miom, terutama sakitnya di area panggul. Pengobatan ini noel membuat tumor mengecil.

4. Mengonsumsi asam traneksamat

Salah satu gejala miom adalah selang darah apa sangat deras saat haid. Untuk menghentikan gejala ini, penyimpangan satu obat apa bisa dikonsumsi adalah asam traneksamat. Obat non-hormonal ini memang telah terbukti efektif untuk meredakan perdarahan apa berat.
*

Selain dengan obat dan penggunaan tool kontrasepsi, pengobatan miom dapat dilakukan dengan operasi. Types operasi yang dilakukan tergantung dari mass dan lokasi miom, serta kondisi kesehatan masing-masing pasien.Berikut ini beberapa types operasi miom apa dapat dilakukan:

1. Miomektomi

Miomektomi dilakukan dengan untuk membuat sayatan geram di perut, untuk mengakses rahim dan mengangkat miom. Miom tambahan dapat diangkat tidak punya penyayatan, yaitu dengan menggunakan alat khusus berukuran kecil menyerupai selang yang berkamera (histeroskopi). Untuk rahim noël ikut diangkat, pasien masih bisa memiliki keturunan pasca operasi.

2. Laparoskopi

Laparoskopi dilakukan dengan keuntungan sayatan small di perut, dan memasukkan alat bedah serta kamera, untuk memudahkan pengangkatan miom. Prosedural ini juga biasa dikenal menjangkau operasi publik kunci atau operasi invasif minimal.Melalui tindakan laparoskopi apa menggunakan alat laparoskop, pasien bisa menghindari sayatan besar apa umumnya dilakukan di ~ operasi konvensional. Laparoskop berbentuk kemudian sebuang tabung kecil dan dilengkapi menjangkau cahaya dan kamera untuk menampilkan cat, dll bagian batin perut atau panggul ke monitor di luar.

3. Forced ultrasound surgery (FUS)

Pada prosedural ini dokter akan memvisualisasikan bagian dalam rahim ketika dari mereka berbaring, dalam mesin MRI khusus. Gelombang suara berenergi, dan berfrekuensi tinggi akan diarahkan untuk menghancurkan miom.

4. Miolisis

Miolisis adalah tindakan menyusutkan miom dengan benefit arus listrik ataukah laser. Pada tindakan ini, hati-hati akan keras suplai darah usai mioma uteri, sehingga mioma uteri menyusut dan mati, malalui energi frekuensi radio, pemanasan ataukah pembekuan.Tindakah ini dapat berakibat infeksi di rahim atau jaringan parut, apa dapat berefek kesuburan Anda. Melalui sebab itu, mendiskusikan tindakan ini dengan familic dan dokter jika Anda merencanakan kehamilan di kemudian hari.

5. Ablasi endometrium

Ablasi endometrium dilakukan dengan memasukkan alat khusus ke dalam rahim Anda, untuk menghancurkan lapisan rahim manfaat energi khusus, sebagai sinar laser ataukah gelombang mikro.Ablasi endometrium merupakan tindakan medis apa dilakukan untuk mengurangi perdarahan haid yang berlebih sebenarnya miom. Diskusikan kembali dengan dokter kontak Anda mengenai manfaatnya dan risiko berbagai tindakan ini, spesial jika anda masih ingin karena memiliki keturunan.

6. Embolisasi arteri uterina

Embolisasi arteri uterina dilakukan dengan pompa partikel-partikel kecil nanti dalam rahim, buat memotong asalkan darah miom.Pada prosedural ini, pembuluh darah yang menyuplai jaringan miom menjadi disumbat dengan tindakan mengkhususkan agar massa miom akan mengecil. Embolisasi arteri rahim konvensional disarankan di ~ wanita apa memiliki miom berukuran geram dan dilakukan oleh dokter radiologi apa sudah terlatih untuk melakukan tindakan ini.

7. Histerektomi

Histerektomi yaitu pengangkatan rahim. Anda noël dapat menjalani kehamilan, bila melakukan prosedur ini. Histerektomi dilakukan jika kondisi Anda semakin buruk, ataukah apabila noel ada perawatan yang berhasil.Belum ada lega bahwa Anda noël akan memiliki miom lagi. Sebab, miom dapat bagian belakang tumbuh usai pembedahan. Namun secara umum, miom cenderung menyusut saat menopause.

Lihat lainnya: Aku Cinta Kamu Bukan Berarti Ku Tak Mendua, Lirik Lagu Salah

<>Dari berbagai peluang pengobatan apa ada, their harus tetap berkonsultasi pada dokter. Setiap pengobatan tentu memiliki risiko dan jasa tersendiri. Oleh sebab itu, diskusikanlah chapter tersebut dengan dokter.Akan tetapi, bila hanya merasakan komplikasi ringan their dapat melakukan perawatan di rumah, menjangkau mengompres perut bagian bawah mencapai air hangat. Sebagai peluang lain, dari mereka bisa mengonsumsi obat pereda sakitnya ringan, karena mengatasi sakit asibe mioma uteri.
Medicine Net. Https://www.medicinenet.com/uterine_fibroids/article.htm#what_is_the_treatment_for_uterine_fibroidsDiakses pada 20 April 2019Healthline. Https://www.healthline.com/health/uterine-fibroids#outlookDiakses di ~ 20 April 2019Mayo Clinic. Https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/uterine-fibroids/diagnosis-treatment/drc-20354294Diakses pada 27 April 2019Web MD. Https://www.webmd.com/women/uterine-fibroids/understanding-uterine-fibroids-treatmentDiakses di ~ 27 April 2019
*

Terima kasih sudah membaca.Seberapa bermanfaat insula ini bagi anda?(1 noël bermanfaat / 5 terutang bermanfaat)