Shabrina Alfari Nov 4, 2021 • 6 min check out

konsep Pelajaran SMP Kelas 8 Bahasa Indonesia VIII


*

Artikel ini perdebatan mengenai pengertian, struktur, dan kaidah kebahasaan teks berita.

Anda sedang menonton: Apakah unsur unsur pada struktur teks itu sudah lengkap

--

Teman-teman, what sih yang terbayang sama kamu ketika mendengarkan kata teks berita? Pasti kamu memperkenalkannya koran, majalah, atau acara berita di televisi, kan? Saat ini, teks berita bisa didapatkan dengan mudah loh dan terdapat di mana saja. Tidak hanya di koran, tapi kamu also bisa mencarinya di portal berita atau halaman web di internet. Namun, tahukah kamu maafkan saya itu asibe teks berita? Lalu, what saja apa harus ada di batin teks berita? Nah, di artikel ini, semua pertanyaan itu become terjawab, ya. Jadi, mari kita simak baik-baik penjelasannya.

Pengertian Teks Berita

Pertama-tama, mari kita kenali pengertian teks berita. Teks berita merupakan teks yang berisi segala peristiwa yang terjadi di dunia. Teks berita biasanya disebarkan melalui berbagai media, kemudian koran, majalah, radio, televisi, internet, ataupun media lainnya.

*
Kamu shang baca berita, nggak? (sumber: giphy.com)

Struktur Teks Berita

Nah, kenalan sama teks berita sudah, lalu bagaimana ya mencapai strukturnya? struktur teks news terdiri dari tiga bagian, di antaranya seperti berikut:

1. Pengaturan berita

Orientasi news merupakan potongan pengenalan masalah atau hal maafkan saya yang ini adalah dibahas batin berita.

2. Peristiwa

Struktur ini menceritakan circa kejadian yang terdapat di atas peristiwa atau hal apa ingin dibahas secara rinci dan berurutan. Ingat ya teman-teman, di potongan ini harus keluar unsur kenapa dan bagaimana.

3. Diperoleh berita

Sumber berita ini biasanya berbohong di potongan awal berita atau di atas berita. Contoh: Yogyakarta, Kompas.com – Korban kasus kupon tempuh palsu di Gunungkidul, Yogyakarta, terus bertambah.

*

Baca juga: Mengenal Teks Eksposisi: Ciri-Ciri, Pola Pengembangan, Struktur, dan Contohnya

Kaidah Kebahasaan Teks Berita

Perlu kamu ketahui, gaya bahasa yang used pada teks berita itu sedikit berbeda dari teks lainnya apa sudah pernah itupenggunaan pelajari, ya. Kaidah kebahasaan teks berita di antaranya kemudian berikut:

1. Penggunaan bahasa apa bersifat distandarkan (baku)

Penggunaan bahasa yang standar atau baku become memudahkan pemahaman kawanan orang karena bahasa membakukan sifatnya universal dan sebagian terlalu tinggi kalangan sosial mudah karena memahaminya.

Contoh: Ratusan pasien Covid-19 mengantre di lobby wisma atlet.

2. Penggunaan sentence langsung

Dalam teks berita, kamu akan menemukan kalimat langsung. Maafkan saya itu kalimat langsung? kalimat langsung adalah kalimat apa dituturkan melalui seseorang tanpa mengubah kata ataukah kalimat. Ciri dari kalimat langsung, yaitu ditandai mencapai dua tanda petik ganda dan disertai deskripsi penyertaan. Penggunaan kalimat langsung ini terkait mencapai pengutipan pernyataan-pernyataan melalui narasumber berita.

Contoh: “Pelaku sudah kami tetapkan seperti tersangka. Saat ini kami terus meningkatkan kasusnya,” ucap Sutama.

3. Penggunaan kata merencanakan mental

Kata action mental adalah kata kerja apa menunjukkan respons atau sikap seseorang terhadap suatu tindakan. Kata pergerakan mental memiliki namu lain loh, yaitu kata verba mental. Cantik gak bingung lagi, kan?

Contoh: dirasa tertipu, para korban jadi melapor ke polisi.

4. Penggunaan fungsional keterangan times dan tempat

Pada teks berita, cantik pasti harus ada keterangan waktu dan tempat agar news yang disampaikan dapat mudah dimengerti dengan jernih dan pembaca dapat mengetahui di mana dan ketika tempat terjadi halaman tersebut

5. Penggunaan konjungsi temporal

Konjungsi temporal ini disebut juga konjungsi apa berhubungan dengan waktu. Contoh konjungsi temporal, yaitu kemudian, sejak, setelah, awalnya, dan akhirnya. Konjungsi ini biasanya ditemukan di atas struktur peristiwa apa menjelaskan berita secara kronologis (urutan waktu).

Contoh: pembunuh itu datang ke sekolahan, kemudian langsung bilang usai kepala sekolah untuk menyosialisasikan kupon pariwisata dan kuliner.

Oke, teman-teman, itulah pengertian, struktur, dan unsur dari teks berita yang harus kamu ketahui. Perbanyaklah baca secara terpisah agar semakin mudah untuk memahami sebuah teks berita, ya. Nah, untuk kamu yang masih bingung, jangan khawatir! membutuhkannya saja soal susah yang belum kamu pahami di ruanglesonline. Kamu bebas bertanya maafkan saya saja, lho! Yuk, download aplikasi oksavingmoney.com sekarang.

Lihat lainnya: Berikut Ini Yang Termasuk Kata Khusus Dari Unggas Adalah, Kata Umum Dan Kata Khusus Dalam Bahasa Indonesia

*

Referensi:Kosasih, E. 2017. Bahasa Indonesia. Jakarta: tengah Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemendikbud.Sumber Foto:

GIF "Anak harus baca koran" . Tautan: https://giphy.com/gifs/wait-reading-newspaper-gWFTXUNVs7YGY (Diakses pada: 22 Juli 2021)