Disclosure statement

The authors execute not work-related for, consult, own shares in or receive funding from any firm or company that would menggunakan from this article, and also have expose no appropriate affiliations beyond dari mereka academic appointment.

Anda sedang menonton: Apakah usaha online bisa mendapatkan bantuan umkm

Partners

*

antarafoto exhibition gelar produk umkm da. Antara lukisan

Peer to peer lending

Data berguna Jasa keuangan (OJK) unjuk hampir 25% inhabitants Indonesia tidak memiliki akses ke bank.

Pengusaha UKM mendesak dirugikan mencapai terbatasnya akses ke bank, untuk akan lebih sulit untuk mendapatkan lend dan mendanai ekspansinya usaha.

Saat ini terdapat kyung 157 perusahaan fintech lending atau yang memberi meminjamkan di Indonesia dengan total aset hampir Rp 3,2 triliun, menurut laporan cakap Jasa Keuangan di atas Agustus 2020.

Salah satu layanan pinjaman yang ditawarkan melalui perusahaan pofk adalah pinjaman peer come peer (P2P). Batin mekanisme meminjamkan ini, individu atau perusahaan dapat meminjamkan mata uang kepada people lain dan mendapatkan benefit dari bunga pinjaman.

Setidaknya 54% dari 12,8 juta peminjam P2P adalah UKM. Penyaluran kredit tersebut menyumbang 55% dari Rp 54,71 triliun pinjaman yang disalurkan malalui fintech lima lalu.

Sebuah studi malalui Universitas Indonesia demonstrasi P2P lending atau pinjaman P2P membantu UKM minum bisnis mereka, apa pada akhirnya help mereka memenuhi syarat untuk mendapatkan meminjamkan bank yang lebih besar.

Penjual online apa meminjam dari communication P2P lending dapat meningkatkan pendapatan mereka dari rata-rata awal Rp 807 juta dulu Rp 3,5 miliar.

Bagaimana upaya pemerintah untuk meningkatkan progress fintech

Pemerintah harus mendukung berkembangnya fintech agar mereka dapat tolong lebih kerumunan UKM mengakses meminjamkan dan pengayaan bisnis mereka. UKM adalah pendukung yang penting bagi perekonomian Indonesia, pulih kontribusinya apa sangat besar.

OJK also baru-baru ini meluncurkan “Road Map dan untuk merencanakan Aksi Inovasi Keuangan digital 2020-2024”.

Road Map ini melengkapi “regulatory sandbox” ataukah semacam laboratorium bagi masyarakat fintech silam memasarkan produknya ke pasaran yang dioperasikan melalui OJK. Dengan peraturan ini, startup fintech dapat melakukan eksperimen langsung untuk menguji coba produk atau model bisnis baru dalam lingkungan apa terkendali.

Ini tambahan memungkinkan OJK buat menerima umpan balik lebih cepat dan tes peraturan yang akan datang. Dengan rangkaian produk meminjamkan yang lebih beragam, UKM mendapatkan manfaat dengan mengeksplorasi produk yang paling sesuai mencapai bisnis mereka.

Namun, pemerintah tetap perlu mendukung fintech dengan infrastruktur yang memadai, kemudian koneksi web berkecepatan tinggi, terjangkau, dan andal.

Pemerintah tambahan harus memastikan segenap UKM mendapat informasi apa baik tentang opsi layanan keuangan apa tersedia bagi mereka, termasuk yang ditawarkan melalui perusahaan fintech.

Lihat lainnya: Argentina Vs Chile Copa America 2021 Matchday 1, Argentina Vs

Yang dibutuhkan adalah kerja sama antara semua pihak - tersirat perusahaan fintech, industri perbankan, dan pemerintah - buat mendukung UKM Indonesia selama pandemi.