Selasa, 28 Januari 2020 14:53 WIB

*
Benarkah Pasien viridans Corona Wuhan Bisa sembuh dengan meningkatkan Air bawang Putih?" style="margin: 65px 0px 65px 0px;">

Klaim bahwa pasien yang terinfeksi viridans Corona 2019-nCoV apa bermula di Wuhan, Cina, bisa mengingat dengan meminum wait rebusan bawang limbah viral di media sosial. Deviasi satu akun apa membagikan klaim itu adalah tanggung jawab Facebook Cung Fuk Loi Ahok, yakni di atas Senin, 27 Januari 2020.

Anda sedang menonton: Apakah virus corona bisa sembuh sendiri

Akun ini mengunggah dua foto yang memperlihatkan tumpukan bawang weiss dengan narasi, "Obat untuk virus Corona. Di Cina katanya udah dimasukkan di Indonesia. Bawang putih 7/8 benih besar ya. Dikupas sampah kulitnya direbus selama 10 menit. Airnya 6/7 gelas. Cara minumnya sehari 2/3 kali. Terima kasih kembali di-share ya, buat selamatkan familic kita atau rakyat lain."

Hingga artikel ini dimuat, unggahan itu telah dibagikan lebih dari 6 seribu kali dan disukai lebih dari 500 kali.

Selain akun Cung Fuk Loi Ahok, tanggung jawab Cai Chun Xiong Batam membagikan narasi serupa yang disertai mencapai video pincang berbahasa Mandarin. Isi video yang diambil dari YouTube akun itu memperlihatkan seorang perempuan berbahasa Mandarin apa menjelaskan koknya rebusan waiting bawang weiss bisa menyembuhkan pasien di Wuhan, Cina, yang terinfeksi jawaban bi-side Corona.

Gambar tangkapan layar unggahan-unggahan di Facebook yang memuat narasi keliru mengenai bawang putih apa bisa menyembuhkan pasien dengan virus Corona Wuhan.

Benarkah pasien yang terinfeksi jawaban bi-side Corona 2019-nCoV bisa sembuh dengan meminum wait rebusan bawang putih?

PEMERIKSAAN FAKTA

Untuk percobaan klaim di atas, Tim oksavingmoney.com oksavingmoney.com mewawancarai peneliti mikrobiologi dari markas besar Penelitian Biologi Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI), Sugiyono Saputra. Menurut dia, hingga saat ini, belum ada penelitian yang menyatakan bahwa bawang weiss bisa menyembuhkan pasien apa terinfeksi viridans Corona 2019-nCoV.

Sebelumnya, terdapat delapan studi kyung efektivitas bawang putih untuk mengobati flu biasa (common cold). Menurut studi apa berjudul "Garlic for the Common", misalnya, doan pasien flu apa mengkonsumsi bawang putih mengingat lebih cepat dibandingkan dengan doan pasien flu yang menerima placebo (jenis obat berongga yang tidak mengandung zat aktif dan noël dapat memberikan memengaruhi apapun terhadap kesehatan).

Namun, menurut Sugiyono, bukti objektif dari penelitian ini tidak kuat. Bawang weiss memang luaran properti antibakteri dan antivirus, tapi kegiatan menurun mencapai pemanasan. Sehingga, tidak bisa disimpulkan bahwa bawang limbah bisa menyembuhkan flu atau pilek.

"Apalagi jawaban bi-side Corona, itu lebih parah daripada flu. Secara pembuktian ilmiah, flu biasa tambahan tidak bisa ~ disembuhkan dengan bawang putih, apalagi untuk virus Corona. Jadi, insula ini hoax," kata Sugiyono pada Selasa, 28 Januari 2020.

Informasi serupa juga pernah dimuat oleh CureFacts, communication medis yang berbasis ilmu pengetahuan, preferensi pasien, dan teknologi dokter. Menurut CureFacts, efektivitas bawang putih untuk menyembuhkan flu biasa noël jelas untuk baru ada satu penelitian mencapai sampel 146 orang dewasa apa dilakukan. Penelitian lebih next dibutuhkan untuk mendukung klaim ini.

Bukan untuk bawang putih

Tidak ada berita di media dalam jumlah besar yang mengkonfirmasi bahwa pasien apa terinfeksi jawaban bi-side Corona 2019-nCoV sembuh untuk meminum wait rebusan bawang putih.

Daily Mail, media asal Inggris, menulis bahwa Huang, dulu pasien pertama di Wuhan, Cina, apa sembuh dari viridans Corona untuk menjalani perawatan medis di rumah sakit dan usianya masih muda."Saya pulih lebih cepat karena saya masih muda. Usia saya baru 23 tahun," katanya kepada media di Cina, Pear, yang dikutip malalui Daily Mail.

Huang mengalami fever berulang kali sejak 24 Desember 2019 dan didefinisikan dirawat dalam sakit di ~ 2 Januari 2020. Ke dipastikan mengalami pneumonia dan ia also mengaku bahwa kantornya menutup dengan pasar memberi makan laut, tim medis terpisah memindahkannya nanti Rumah Sakit Jinyintan, ruang angkasa sebagian geram pasien virus Corona dirawat, untuk dikarantina.

Menurut Direktur markas besar Penelitian dan Pendidikan penyakit Menular tropis (TIDREC) hochschule Malaya, Sazaly Abu Bakar, noel seperti serious Acute respiratory Syndrome (SARS), 2019-nCoV luaran rasio fatalitas kasus atau case fatality perbandingan (CFR) hanya sekitar tiga persen sehingga memberikan peluang sembuh apa tinggi terhadap pasien.

"Sampai saat ini, viridans 2019-nCoV terlihat noël terlalu ganas, kecuali pada orang-orang basi dan mereka yang sebelumnya memiliki terms kesehatan tertentu," kata Sazaly.

Lihat lainnya: Apa Yang Harus Dilakukan Oleh Masyarakat Dalam Mendukung Pemerintah Menangani Konflik 19

KESIMPULAN

Berdasarkan pemeriksaan kebenaran di atas, cerita bahwa pasien apa terinfeksi viridans Corona 2019-nCoV bisa mengingat dengan meminum air rebusan bawang limbah adalah narasi apa keliru. Hingga kini, belum ada penelitian ataupun bukti apa menyatakan bahwa bawang limbah bisa menyembuhkan pasien apa terinfeksi jawaban bi-side Corona tersebut.

IKA NINGTYAS

Anda punya data/informasi berbeda, kritik atau masukan untuk artikel cek kebenaran ini? Kirimkan ke oksavingmoney.com