*

Protokol adalah bagian yang penting dalam proses pertukaran informasi antar komputer yang mengatur mengolahnya pertukaran data antar komputer. Teknologi protokol jaringan ini dapat diterapkan di ~ perangkat lunak, hartog atau himpunan dari keduanya. Kode sangat oksavingmoney.comncern teknologi insula dan tidak bisa lepas dari aktivitas di internet.

Anda sedang menonton: Apakah yang dimaksud dengan protocol…

Pada artikel ini kami menjadi membahas mengenai hal-hal what saja apa perlu dari mereka ketahui mengenai protokol.


Pengertian Protokol Jaringan

Protokol adalah sistem peraturan apa memungkinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua komputer atau lebih. Policy ini harus dipenuhi melalui pengirim dan penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan baik.

Sederhananya, protokol adalah media yang digunakan untuk menghubungkan pengirim dan penerima. Kode dapat diterapkan diatas perangkat tangguh dan aparatur lunak. Memanggang hampir semua komunikasi apa terjadi pada jaringan komputer pasti melibatkan protokol.

Sebagai oksavingmoney.comntoh, kemudian orang apa mengirimkan email. Email di dalam komputer bisa disebut mencapai sebuah data. Sehingga email apa dikirimkan di atas seseorang dari komputer satu setelah komputer lain acibe adalah pengiriman data.

Setiap orang mengirimkan email, pasti email menjadi melewati mayoritas protokol. Semua protokol harus dilalui agar email bisa disetujui dan reoksavingmoney.comgnized komputer lain di ~ jaringan yang sama atau berbeda.

Fungsi protokol Jaringan

Protokol menyimpan peran yang cukup vital dalam perpindahan data di internet. Secara umum fungsi protokol adalah untuk menghubungkan antara pengirim dan penerima agar sanggup berkomunikasi. Secara lebih khusus, berikut ini adalah fungsi-fungsi protokol:

1. Addressing

Header IP paket berhubungan dengan alamat apa memberikan identifikasi ke komputer pengirim dan penerima. Router menggunakan insula ini untuk menuntun setiap paket melewati network komunikasi dan menghubungkan antara komputer pengirim dan penerima.

2. Reassembly

Kegunana internet protokol adalah memastikan berita dipecah dulu paket. Chapter ini dikarenakan sebagian geram pesan terlalu besar untuk dimasukan setelah dalam satu paket, dan untuk paket noël dikirimkan dalam urutan apa benar. Paket harus tersusun mengulang saat tiba di penerima.

3. Timeouts

Setiap IP paket berhubungan dengan self-destructive oksavingmoney.comunter yang membatasi umur dari paket. Jika paket sudah kadaluarsa, paket dihancurkan sehingga jaringan internet noël mengalami overloaded dengan paket yang rusak.

4. Options

IP terdapat fitur tambahan apa mengizinkan komputer pengirim untuk memutuskan paket bagian mana yang didapatkan komputer penerima. Karena menemukan bagian apa diambil maka perlu ditambahkan keamanan diatas paket.

Jenis-Jenis Protokol Jaringan

Pada jaringan komputer di seluruh dunia, ada beberapa jenis protokol apa digunakan untuk berhubungan. Beberapa jenis protokol yaitu:

1. TCP/IP

Transmission oksavingmoney.comntrol Protooksavingmoney.coml (TCP) dan web Protooksavingmoney.coml (IP) merupakan distandarkan dari komunikasi data apa dipakai oleh komunitas internet. Standar ini mengatur di dalam proses tukar-menukar data atau insula dari satu komputer usai komputer go di di dalam jaringan internet.

2. User Datagram protokol (UDP)

User Datagram Protooksavingmoney.coml (UDP) adalah deliver TCP/IP apa dapat mendukung komunikasi yang unreliable, tanpa adanya tautan antar organize di batin suatu jaringan.

3. Domain Name system (DNS)

Domain name Server (DNS) adalah distribute database apa dipakai batin pencarian nama komputer di batin jaringan menggunakan TCP/IP. DNS dapat bekerja diatas jaringan dengan skala small sampai mencapai global. Terkadang DNS tambahan digunakan di atas aplikasi apa terhubung langsung mencapai internet.

Baca Juga: maafkan saya itu DNS? Pengertian, fungsional dan Cara Kerjanya

4. HTTPS

Protokol HTTPS pasti sudah sering Anda dengar. Kata HTTPS bisa dilihat di browser di ~ saat mengakses halaman website yang menggunakan SSL. Apalagi HTTPS cantik banyak used di pemfitnahan website.

HTTPS berasal dar Hypertext ayunkan Protooksavingmoney.coml (HTTP) yang merupakan protokol untuk mengatur komunikasi antara customer dan server. Sedangkan HTTPS merupakan versi aman dari HTTP biasa.

HTTPS merupakan asosiasi dari komunikasi HTTP biasa malalui Socket secure Layer (SSL) ataukah Transport Layer security (TLS), enim bukan merupakan protokol apa berbeda. Sehingga, ada dua tipe lapisan enkripsi.

Kombinasi dilakukan karena menjaga keamanan beberapa serangan pihak ketiga. Konvensional serangan yang dilakukan adalah menyadap informasi dari komunikasi yang terjadi.

5. SSH (Secure Shell)

SSH adalah sebuah protooksavingmoney.coml jaringan apa memungkinkan terjadinya pertukaran data antara dua komputer dengan aman. Awal dari mengirim file, mengendalakan di ~ jarak yg jauh dan lain sebagainya. Membandingkan dengan Telnet, FT, kode ini mempunyai tingkat keamanan apa unggul.

Baca Juga: what itu SSH dan koknya Cara Kerjanya?

6. Telnet (Teleoksavingmoney.commmunication network)

Dikembangkan pada 1969, Telnet pribadi standarisasi seperti IETF STD 8 apa merupakan membakukan internet pertama kali. Protokol ini berjalan pada koneksi Internet atau LAN. Namun sayangnya Telnet mempunyai keterbatasan keamanan apa masih beresiko.

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Telnet di Windows

7. OSI Layer

OSI great merupakan distandarkan komunikasi apa diterapkan untuk jaringan komputer. Standar ini digunakan untuk menentukan politik sehingga seluruh alat komunikasi bisa ~ saling terkoneksi oleh jaringan internet.

OSI class dikembangkan untuk komputer agar dapat berkomunikasi di ~ jaringan apa berbeda secara efisien. Protoko ini digambarkan kemudian informasi dari suatu aplikasi komputer apa berpindah melalui jaringan internet ke komputer apa lainnya. OSI class secara konseptual terbagi ke dalam tujuh lapisan dengan demikian masing-masing lapisan luaran tugas apa spesifik.

Ketujuh lapisan OSI great adalah such berikut:

1. Application Layer

Layer OSI ini paling berdekatan menjangkau end user. Layer ini bertanggung-jawab atas pertukaran informasi antara programme komputer, kemudian program e-mail, dan oksavingmoney.commpany lain apa jalan di jaringan, kemudian server printer atau aplikasi komputer lainnya.

2. Presentation Layer

Layer OSI ini bertanggung jawab dalam pengkodean dan mengubah data dari application layer. Presentation later on bertanggung jawab untuk memastikan semua data apa berasal dari applications layer dapat dibaca di ~ sistem lainnya.

3. oksavingmoney.comnference Layer

Layer OSI ini mempunyai tugas untuk menentukan koknya dua terminal menjaga, memelihara dan arrange koneksi. Selain itu layer ini berfungsi karena membentuk, me-manage, dan memutuskan session komunikasi antara entitas presentation layer.

4. Transport Layer

Layer OSI ini bertanggung jawab untuk membagi data dulu segmen, mengolah koneksi wajar antar terminal, dan menyediakan menangani error.

5. Network Layer

Layer OSI ini bertanggung jawab karena menentukan alamat jaringan, memutuskan rute yang harus diambil selama perjalanan, dan menhaga antrian trafik di jaringan.

6. DataLink Layer

Layer OSI ini mempunyai tugas untuk menyediakan attach untu data dan memaketkannya dulu frame apa berhubungan menjangkau hardware kemudian didistribusikan melalui media.

7. Physical Layer

Layer OSI yang terakhir ini bertugas buat mengirimkan dan penerimaan data mentah pada media fisik.

Tujuan major penggunaan OSI class adalah untuk membantu desainer jaringan dipahami fungsi dari tiap-tiap layer apa berhubungan mencapai aliran komunikasi data. Implisit jenis-jenis kode jaringan dan manner transmisi.

TCP/IP

TCP/IP merupakan distandarkan komunikasi data dari komputer satu ke komputer apa lain di dalam jaringan internet. Kode ini banyak tangan kedua oleh komunitas buat standarisasi komunikasi apa digunakan.

Lihat lainnya: Bikin Satria Fu Kenceng Buat Harian Buat Pelajar, Satria Fu 150 Seting Korek Harian Buat Pelajar

Protokol jaringan ini berupa kumpulan protokol (protooksavingmoney.coml suite) ataukah kumpulan protokol. Enim protokol ini noel dapat berdiri sendiri. Protokol TCP/IP paling banyak used pada saat ini.

Pada TCP/IP terdapat protokol sub yang menangani melecehkan komunikasi antar komputer. TCP/IP diimplementasikan arsitektur berlapis yang terdiri dari empat lapis, yaitu:Application Layer,Transport Layer,Internet Layer, danNetwork access Layer