Tidur merupakan deviasi satu rutinitas setiap malam untuk memberikan waktu kepada sikap kita agar beristirahat dan senarnya tenaga dahulu besoknya melakukan kegiatan lagi. Di dalam ajran Islam, ada adab apa harus saat menjadi tidur kemudian yang dicontohkan malalui Rasulullah, karena memposisikan diri kontrol yaitu tidur menghadap kiblat.


Anda sedang menonton: Arah kepala saat tidur menurut islam

*
Perbesar

وَمِنْ آيَاتِهِ مَنَامُكُمْ بِاللَّيْلِ وَالنَّهَارِ وَابْتِغَاؤُكُمْ مِنْ فَضْلِهِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لَآياتٍ لِقَوْمٍ يَسْمَعُونَ


Artinya: "Dan diantara tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah tidurmu di waktu malam dan siang days serta usahamu mencari sebagian dari karunia-Nya. Sebenarnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang mendengarkan" (QS Ar Rum: 23)


Mengapa berposisi tidur dibahas batin Alquran dan Al-Hadis? penyimpangan satu alasannya untuk dalam keagamaan Islam semua apa berhubungan dengan manusia sudah menghadiahkan tuntunan malalui Allah SWT apa disampaikan melalui Rasulullah SAW. Bagi seorang muslim pasti menginginkan apa yang dilakukan setiap hari also sesuai mencapai tuntunan dari Rasulullah SAW.
Dikutip dari booker Tanya Jawab Islam, Tim Dakwah Pesantren, (2015: 6088) Rasulullah memberikan penjabaran secara khusus melalui hadis berikut ini :

"Jika engkau hendak menuju secara spasial tidurmu (untuk tidur), maka berwudhulah such engkau berwudhu buat shalat, kemudian berbaringlahlah di rusukmu (bagian tubuhmu) sebelah kanan" (HR al-Bukhari dan Muslim).


Selain bertumpu di ~ bagian riak sebelah kanan, tidur also dianjurkan untuk menghadap kiblat sebab cara ini adalah cara yang dilakukan melalui Rasulullah SAW, meski hukum adalah sunnah.

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيه وسَلَّم يَأْمُرُ بِفِرَاشِهِ فَيُفْرَشُ لَهُ، فَيَسْتَقْبِلُ الْقِبْلَةَ، وَإِذَا آوَى إِلَيْهِ تَوَسَّدَ كَفَّهُ الْيُمْنَى


"Rasulullah memerintahkan ‘Aisyah untuk menyiapkan angkasa tidurnya. Secara spasial tidurnya pun disiapkan, lalu Rasulullah menghadap kiblat. Dan apabila beliau merebahkan ourselves di atasnya, beliau jadikan telapak groep kanannya seperti bantal" (HR Abu Ya’la).




Lihat lainnya: Penjajahan Bangsa Eropa Yang Pernah Menjajah Indonesia Adalah

Dari beberapa hadis di atas, dapat disimpulkan bahwa umat muslim dianjurkan karena tidur menghadap kiblat, mencapai bertumpu di atas tubuh sebelah kanan esuai mencapai ajaran dari Rasulullah SAW. (WWN)