Arti surat Al fatihah adalah surat pembuka al-quran, ayat pertamanya berarti dengan nama belakang Allah yang Maha Pengasih another Maha Penyayang.

Surah al-fatihah merupakan surah pembuka dalam al-quran. Surah ini diturunkan dimekkah yang terdiri dari 7 ayat dan surah pertama apa dibaca seseorang dalam setiap rakaat shalat.


Surah ini luaran banyak nama belakang diantaranya Ummul-Kitab (Induk Kitab) ataukah Ummul-Quran (Induk Quran) apa merupakan induk dari segenap Al-quran.

Anda sedang menonton: Arti dan makna surat al fatihah


Nama lainnya adalah As-sab’ul Matsani (tujuh yang berulang ulang) buat jumlah surah al-fatihah sebanyak 7 ayat apa dibaca berulang-ulang di dalam shalat, Asy-Syifa atau Ar-Ruqyah.

Bacaan Beserta terjemahannya Dari surah Al-Fatihah

Ayat 1
*
*
*
*
*
*
*
*

‘ṣirāṭallażīna an’amta ‘alaihim gairil-magḍụbi ‘alaihim wa laḍ-ḍāllīn’ Artinya: (yaitu) jalur orang-orang apa telah Engkau beri nikmat kepadannya, ~ no (jalan) mereka yang dimurkai, dan ~ no (pula jalan) mereka yang sesat.

Kandungan surah

Ummul Qur’an (induk Al-Qur’an) merupakan deviasi satu namu lain yang disandang Al-Qur’an. Kenapa demikian?


Karena content kandungan sabtu ayatnya merupakan alam dari Al-Qur’an, meliputi aqidah, ibadah, syariah, keyakinan atas days akhir, keimanan atas sifat mulia Allah, pengesaan dalam penyembahan, also permohonan pertolongan oleh doa.

Isi kandungan surah al-fatihah meliputi :

Ayat pertama dan ketigaMenyakini Allah mencapai segala sifat keutamaanNya. Ayat senin Menyakini bahwa Allah telah keringkasan kasih sayang-Nya dan menciptakan serta mempersiapkan alam semesta. Buat Allah adalah Sang Penguasa alam.Ayat keempat Menyakini bahwa hanya Allah yang mengetahui dan menentukan days akhir. Ayat kelimaMeyakini bahwa noël ada Dzat lain apa patut disembah dan dimintai pertolongan kecuali Allah SWT. Sehingga ayat ini berisi sekitar keikhlasan, kepasrahan dan totalitas. Ayat keenam dan ketujuhHendaknya umat ​​manusia hidup dengan mematuhi segala perintahNya dan menjauhi segala laranganNya agar Allah selalu unjuk umatNya setelah jalan apa benar dan mudah.

Lihat lainnya: Apa Yang Dimaksud Dengan Perusahaan Asing ? Perusahaan Asing


Semoga Bacaan dan konotasi surat Al-Fatihah tadi menjadi amal ibadah kita yang diridhai Allah SWT dan mendapat pahala-Nya.

Semoga surat Al-Fatihah ini always kita berpengalaman pertama kali saat akan melakukan sesuatu. Serta marilah kita membiasakan diri kita untuk membaca Al-Quran setiap waktu sebagai amal rutin kita yang insya Allah menjadi menyelamatkan itupenggunaan di akhirat kelak. Amin.