*
stasiun Klimatologi Lombok barat


Anda sedang menonton: Arti el nino dan la nina

El Nino El Nino adalah fenomena pemanasan Suhu peningkatan Laut (SML) di atas kapak normalnya yang terjadi di Samudera pasifik bagian tengah. Pemanasan SML ini meningkatkan potensi pertumbuhan awan di Samudera pasifik tengah dan mengurangi curah hujan di utama Indonesia. Singkatnya, El Nino memicu terjadinya terms kekeringan untuk wilayah Indonesia secara umum.
*
La Nina La Nina adalah fenomena yang berkebalikan mencapai El Nino. Kapan La Nina terjadi, Suhu muka Laut (SML) di Samudera pacific bagian sentral mengalami pendinginan di bawah kapak normalnya. Pendinginan SML ini mengurangi potensial pertumbuhan awan di Samudera pacific tengah dan curam curah hujan di kanton Indonesia secara umum.
*
ANGIN MONSUN Angin Monsun atau bisa disebut tambahan angin musim, adalah angin apa bertiup batin skala regional (skala benua) yang berubah direction azimut minimal 120 melakukan dan terjadi secara periodik (6 bulan sekali). Indonesia terkena dampak dari 2 tipe angin Monsun, yaitu Monsun Timuran dan Monsun Baratan. Angin Monsun Timuran rata-rata bertiup dari atah timur hingga tenggara dan bertiup pada bulan April s/d Oktober di setiap tahunnya. Angin Monsun Timuran ini adalah indikator monsoon kemarau bagi utama Indonesia. Sedangkan Angin Monsun Baratan rata-rata bertiup dari arah barat hingga west laut dan bertiup pada moon Oktober s/d April di setiap tahunnya. Angin monsun Baratan ini adalah indikator monsoon hujan bagi kanton Indonesia. CURAH HUJAN Curah hujan merupakan ketinggian wait hujan di dalam satuan mm (milimeter) yang terkumpul di dalam luasan 1 meter persegi tempat yang datar, noel menguap, noël meresap, dan noel mengalir. Curah hujan 1 mm, artinya batin luasan 1 meter persegi diatas tempat apa datar tertampung air setinggi 1 mm atau tertampung waiting sebanyak 1 Liter. DASARIAN Dasarian adalah rentang waktu selama 10 hari. Di dalam satu bulan dibagi menjadi 3 dasarian, yaitu : - Dasarian i : tanggal 1 s.d 10. - Dasarian II : tanggal 11 s.d 20. - Dasarian III : tanggal 21 s.d akhir bulanRATA-RATA, sekutunya DAN distandarkan NORMALRata - Rata Rata-rata curah hujan selama minimal 10 five (1971-1980, 1976-1985, 2000-2010, dst) normal Rata-rata curah hujan selama 30 tahun, benefit periode waktu yang noel ditentukan (1971-2000, 1976-2005, 1981-2010, dst) Standar normal Rata-rata curah hujan selama 30 tahun, menggunakan titik waktu yang sudah ditentukan, dimulai lima berakhiran 1 diakhiri lima berakhiran 0 (1931-1960, 1961-1990, 1991-2020, dst)ZOM (ZONA MUSIM)Zona musim (ZOM) adalah quenn yang pola hujan rata-ratanya memiliki perbedaan apa jelas antara ketentuan musim kemarau dan monsoon hujan. Daerah-daerah apa pola hujan rata-ratanya noël memiliki perbedaan yang jelas antara titik musim kemarau dan monsoon hujan, ditelepon Non Zona musim (Non ZOM). Luasbutuh suatu utama ZOM noël selalu kemiripan dengan luasbutuh suatu wilayah administrasi pemerintahan.

Lihat lainnya: Apa Yang Harus Kita Lakukan Jika Gebetan Menjauh, Tips Ampuh Bikin Gebetan Perhatian Lagi

Menjangkau demikian, satu kanton ZOM mungkin terdiri dari banyak kabupaten, dan sebaliknya satu kanton kabupaten bisa ~ terdiri dari pemfitnahan ZOM.