*

oksavingmoney.com,Media sosial dapat terlibat dan used oleh siapa saja, tidak punya batas umur, dari start anak-anak, dewasa, hingga setiap orang tua. Mereka bebas berekspresi di media sosial karena mengungkapkan apapun selagi noel bertentangan dengan UU IT.

Anda sedang menonton: Arti surat al hujurat ayat 11

Namun demikian, semakin progresif teknologi semakin canggih pula sikap dan tindakan manusia. Pengaruh negatif dari modernisasi harus diakui bukan hanya berdampak diatas kultur atau budaya, tetapi juga perilaku moral masyarakat.

Salah satu yang kini sentral marak terjadi ialahcyberbullying. Kata ini merupakan istilah apa digunakan untuk menyebut segala bentuk kekerasan apa dialami korbannya dan dilakukan melalui teman-temannya di dunia maya.


Al-Qur"an memberikan menodai larangan terhadap postur membully. Dalam QS. Al-Hujurat ayat 11 Allah berfirman:

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡا لَا يَسۡخَرۡ قَوۡمٌ مِّنۡ قَوۡمٍ عَسٰٓى اَنۡ يَّكُوۡنُوۡا خَيۡرًا مِّنۡهُمۡ وَلَا نِسَآءٌ مِّنۡ نِّسَآءٍ عَسٰٓى اَنۡ يَّكُنَّ خَيۡرًا مِّنۡهُنَّ‌ۚ وَلَا تَلۡمِزُوۡۤا اَنۡفُسَكُمۡ وَلَا تَنَابَزُوۡا بِالۡاَلۡقَابِ‌ؕ بِئۡسَ الِاسۡمُ الۡفُسُوۡقُ بَعۡدَ الۡاِيۡمَانِ‌ ۚ وَمَنۡ لَّمۡ يَتُبۡ فَاُولٰٓٮِٕكَ هُمُ الظّٰلِمُوۡنَ

Yā ayyuhallażīna āmanụ lā yaskhar qaumum ming qaumin "asā ay yakụnụ khairam min-hum wa lā nisā`um min nisā`in "asā ay yakunna khairam min-hunn, wa lā talmizū anfusakum wa lā tanābazụ bil-alqāb, bi`sa lismul-fusụqu ba"dal-īmān, wa mal lam yatub fa ulā`ika humuẓ-ẓālimụn


Artinya: "Wahai orang-orang apa beriman! tidak suatu kaum mengolok-olok kaum yang lain (karena) boleh jadi mereka (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari mereka (yang mengolok-olok) dan jangan pula perempuan-perempuan (mengolok-olokkan) banci lain (karena) boleh memanggang perempuan (yang diperolok-olokkan) lebih baik dari wanita (yang mengolok-olok). Tidak kamu saling mencela bolak-balik dan janganlah saling panggilan telepon dengan gelar-gelar yang buruk. Seburuk-buruk call adalah (panggilan) apa buruk (fasik) setelah beriman. Dan barangsiapa noël bertobat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim."

Menurut Tafsir Al-Maraghi, ayat ini turun berkenaan mencapai teguran overhead ejekan yang dilakukan melalui Bani Tamim kepada para sahabat Rasul yang miskin.Mereka ditegur agar tidak does bully hanya untuk kemiskinan.

Larangan membully kala sangat tepat. Sebab jika untuk kita lihat, mem-bully bukan hanya menimbulkan perasaan ditampilkan bagi korbannya, namun also terselip perasaan bahwa kita yang membully ini lebih baik dari padanya.

Nadirsyah Hosen tambahan menyatakan dalam mem-bully, seseorang noel lagi fokus di ~ pemikiran, gagasan ataukah kebijakan, menjadi tetapi bertindihan kehormatan pribadi dan nama belakang baik orang lain apa hendak dipermalukan karakternya.

Lihat lainnya: 10 Besar Orang Terkaya Di Indonesia, Siapa Saja? 10 Orang Terkaya Di Indonesia, Siapa Saja

Sikap demikian noël disukai malalui agama dan sangat dikecam. Harapan Allah menghindarkan kita dari sikap-sikap buruk bullying.<>